buku-wir-2003
Aplikasi Sain dan Teknik dengan Visual Basic 6.0 (ISBN 979-20-4304-7)
Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta

Buku tutorial Visual Basic 6.0 untuk pemrograman bidang sain dan rekayasa , khususnya rekayasa teknik sipil dan teknik mesin.

Cetakan ke-1 (2003) , ke-2 (2004).

Sinopsis

Bahasa pemrograman Visual Basic semakin populer, dengan perintah sederhana dapat dibuat aplikasi komputer yang tampilannya mirip aplikasi visual Windows. Beberapa perguruan tinggi bidang teknik menggunakannya sebagai media pembelajaran pemrograman komputer. Tanggapan mahasiswa umumnya sangat antusias, dimungkinkan karena aspek visual dan kemudahannya.

Penyajian materi dalam buku ini dipilih secukupnya dan sederhana, tidak dibahas fitur-fitur canggih keunggulan Visual Basic (internet, data-base dan OLE), tapi cukup untuk membuat aplikasi sain dan teknik.

Aplikasi dirancang menggunakan fitur-fitur visual dengan memanfaatkan objek-objek siap pakai VB yang didukung oleh sistem operasi Windows 98 / NT atau yang baru. Pembahasan dimulai dari pengetahuan dasar yang mudah, sehingga yang belum pernah belajar pemrograman komputer tidak akan menemui kesulitan. Selanjutnya materi secara bertahap ditingkatkan, disertai dengan banyak praktikum pemrograman yang relevan.

Buku ini disusun sebagai materi pembelajaran Visual Basic di perguruan tinggi teknik yang sebagian besar masih mengacu pada Fortran, terdiri dari 13 Bab, yaitu :

  • Bab 1–5 membahas pengetahuan dasar pemrograman komputer, kamus perintah umum Visual Basic 6.0, dilengkapi modul praktikum umum yang relevan.
  • Bab 6-11 membahas aplikasi populer sain dan teknik (statistik, metoda numerik,matrik, persamaan simultan, sortir data, gambar teknik), lengkap dng modul praktikum.
  • Bab 12 membahas aplikasi spesifik (teknik sipil/mesin), yaitu program analisa struktur rangka batang. Sangat berguna bagi perencanaan struktur bangunan dan alat.
  • Bab 13 membahas strategi mengatasi error saat penulisan program yang besar atau rumit.

Telah dipakai sebagai bahan materi perkuliahan di jurusan teknik sipil UPH dan UNPAR – Bandung.

Buku ini diharapkan dapat menunjang kemajuan dunia pemrograman di Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa atau praktisi dibidang sain atau teknik.

Respons Pasar

Prof. Bambang Suryoatmono, Ph.D. memakainya sebagai salah satu rujukan dalam pengajaran pemrograman komputer di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Selain itu tentu saja dipakai penulis sebagai buku wajib perkuliahan Bahasa Pemrograman (2 sks) di Jurusan Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang, tempat penulis bekerja sebagai tenaga pengajar tetap.

Komentar Pembaca (by email)

Saya sungguh-sungguh tidak menyesal membeli buku tersebut.
Dadi Dadi
d4d12002@yahoo.com,


Cara penyusunan buku Bapak mudah dipahami dan simple. Itu pelajaran yang berharga buat saya.
Hanggoro Tri Cahyo
hangs@telkom.net


Belum lama ini saya membeli buku karangan anda yang berjudul Aplikasi Sain dan Teknik dengan Visual Basic 6.0. Buku tersebut bagus dan banyak membantu mengenal VB dan memakainya .
M Aris Ganiardi
Mahasiswa UNPAD, Jurusan Fisika dengan peminatan Fisika Komputasi
areas_tf@yahoo.com.


Saya Wisnu, seorang VB Newbie dalam hal animasi. Belum lama ini saya membeli buku yang Bapak susun berjudul Aplikasi Sain dan Teknik dengan VB 6.0. Komentar saya : hebat juga yah Bapak punya pemikiran untuk aplikasinya ! Pantas ditiru tuh… 🙂
Wisnu Wicaksono
step_wish_knew@yahoo.com


Walaupun bagi saya agak terlambat dirasakan kehadirannya namun isinya benar-benar pas, sesuai dengan tujuannya untuk bidang teknik sipil. Jarang ada buku yang tepat guna seperti ini. Saya sendiri kini mahasiswa teknik sipil di PTN di Bandung. Salah satu mata kuliah kami adalah Analisis Struktur Lanjutan dan Metoda Numerik yang cakupan pelajarannya sebagian ada dibuku tersebut.
Pandu DS.
panduds@eudoramail.com.


Saya bekerja pada kantor kontraktor di Jakarta sebagai desainer pada Design Department. Beberapa hari yang lalu saya membeli buku karangan bapak yang berjudul Aplikasi Sain dan Teknik dengan Visual Basic 6.0 Saya sungguh gembira bisa mendapatkan buku tersebut dimana sampai saat ini buku panduan pemrograman untuk teknik sangat sulit dicari.
Puguh Pambudi
puguhpambudi@yahoo.com


Saya senang dapat membaca buku anda, Aplikasi Sain Dan Teknik Dengan Visual Basic 6.0. Selama ini yang banyak ditulis mengenai bidang database dan internet sehingga buku ini sangat menarik bagi saya yang senang dengan aplikasi-aplikasi teknik terutama automasi.
Sukiman Saragih
Jl. Marelan Raya No. 51- Medan 20245
sake_eng@hotmail.com


Saya mahasiswa tingkat akhir di BINUS. Saya senang sekali membaca buku Bapak. Karena saya rasa buku yang membahas Visual Basic dari segi pemrograman Numerik memang belum ada. Adakah rencana Bapak mengembangkan buku ini ?
Wibowo Kosasih
l_draco@hotmail.com


Saya sangat tertarik dan senang membaca buku Bapak karena sangat relevan dengan disiplin ilmu yang saya tekuni. Menurut penilaian saya penulisan buku itu sangat baik dan cukup dapat dimengerti oleh para pemula dalam program Visual Basic.
Roy. N
Mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi
oyi2001@yahoo.com


Setelah membeli dan membaca buku Aplikasi Sain dan teknik dengan Visual Basic 6.0 , saya menjadi terinspirasi untuk membuat program aplikasi teknik sipil. Atas pencerahannya saya ucapkan Terima kasih
Sudirman Razak
Mahasiswa Teknik Sipil , Universitas Islam Indonesia
agilgilbert@yahoo.co.uk


Saya merasakan bahwa buku tersebut sangat bermanfaat bagi saya pribadi maupun bagi para mahasiswa yang saya bimbing.
M. Lutfi Firdaus
Ketua Program Studi Pendidikan Kimia – Universitas Bengkulu
Jl. Raya Kandang Limun Bengkulu 38385
lutfifirdaus@yahoo.com


Saya sudah lama mengoleksi buku bapak, saya lihat buku itu sangat bagus karena secara cepat mengajarkan pemakaian VB6 dalam engineering dan tepat guna karena dari contoh-contoh yang ada saya bisa memakainya untuk kasus engineering yang lain. Selamat pak semoga sukses …
Djoni Simanta, Ir., M.Sc.
Dosen di Jurusan Teknik Sipil Universitas Parahyangan , Bandung
simanta@home.unpar.ac.id


Nama saya Alwin,Sipil-Struktur/Geoteknik,Samratulangi-Manado 2002, sekarang kerja di salah satu konsultan GEOTEKNIK-PONDASI di Jakarta. Saya memiliki buku bapak Aplikasi Sain dan Teknik Vb 6.0. Sebagai pemula dalam VB6 dan sangat berkeinginan untuk bisa menggunakannya baik dalam pembelajaran maupun pekerjaan, ternyata buku karangan bapak sangat membantu saya. Sebelumnya saya sempat belajar/memakai Fortran dan Basic.
Alwin Soleman
alwin17@lycos.com


** Down-load Modul Praktikum **

Modul praktikum yang dipraktekkan dalam buku tersebut dalam penerbitannya disertakan juga . Karena ukurannya kecil ketika di compress maka PT. Elex Media Komputindo menggunakan media disket. Ternyata hal tersebut menyebabkan banyak dijumpai keluhan dari pembeli buku bahwa isi disket tidak bisa dibuka, alias rusak.

Bagi yang disketnya rusak atau yang tertarik dengan modul praktikum VB 6.0 dalam buku tersebut, silahkan  down-load file Praktikum.ZIP (477 kb) .

30 tanggapan untuk “Karya Ilmiah Utama Pertama (April 2003)”

  1. CD Soemarto Dipl H Avatar
    CD Soemarto Dipl H

    Dengan hormat,
    dengan ini kami ingin mengetahui cara mendapatkan Buku+CD Aplikasi Sain dan Teknik dgn Visual Basic 6,
    Bagaimana? karena beberapa toko buku seperti gramedia di Jakarta sudah tidak tersedia lagi.
    Besar harapan kami agar bapak sudi untuk memberitahu kami dan atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih.

    Suka

  2. wir Avatar
    wir

    Jika Bapak memerlukan, buku tersebut ada di toko buku UPH (UPH books store) yang keberadaannya ada di kampus UPH Lippo Karawaci Gedung B, lantai 1, letak kampus tersebut ada disebelah timur Mall Lippo-Karawaci, Tangerang, Banten. Jika anda memakai jalan tol Jakarta-Merak, lokasi tersebut setelah pintu tol BSD, lalu pintu tol Lippo Karawaci ambil kanan, pasti anda sudah ketemu kampus tersebut. Saya melihat masih ada beberapa.

    Tetapi sebenarnya kalau anda mau menghubungi PT. Elex Media Komputindo, katanya buku tersebut masih cukup banyak di gudang mereka.

    Semoga anda mendapatkannya.

    Suka

  3. Rio Simatupang Avatar
    Rio Simatupang

    Buku yang sangat sangat menarik dan tidak diragukan lagi. Aku ingin memilikinya namun tidak tahu buku itu dijual di mana? Pokoknya setelah lulus kuliah aku pengin membaca buku itu sehingga pengetahuan tentang komputer akan semakin bertambah.

    Suka

  4. Irvan Avatar
    Irvan

    Assalamu’alaikum Wb. Wr
    Dengan hormat,
    Saya telah membaca buku Bapak, menarik untuk dipelajari, tetapi contoh-contoh yang Bapak berikan masih kurang. Untuk kedepan saya berharap Bapak dapat membuat buku VB dalam pembelajaran matematika.

    Suka

  5. wulan Avatar
    wulan

    wah baguuuuus bgt

    Suka

  6. dewanto Avatar
    dewanto

    wah pak ga bisa saya download down-load file Praktikum.ZIP (477 kb) . nya… box nya ga ngijinin…. gimana donk???

    wir’s comments: lihat http://wiryanto.wordpress.com/2007/07/23/wwwboxnet-gratisan-ngadat/

    Suka

  7. dewanto Avatar
    dewanto

    oya bagi yang pengin dapet buku VB di atas bisa beli di toko buku Toga Mas Yogjakarta…masih ada 5 an buah

    Suka

  8. jupiter Avatar
    jupiter

    saya juga punya koleksinya satu, cuma kalau bisa, anda kan sudah pakar dalam visual basic, sebaiknya ada panduan lengkap mengenai command / kode dalam VB dan fungsinya, yang lengkap. atau dunia pemrograman akan tetap menjadi misteri…

    Suka

  9. wir Avatar
    wir

    @Jupiter:
    Meskipun sudah punya koleksinya tetapi kelihatannya belum dibaca dengan baik ya ?

    Untuk informasi tentang “command / kode dalam VB dan fungsinya yang lengkap” anda bisa baca petunjuknya di buku saya tersebut yaitu di halaman 9 (di awal sekali bahkan), untuk itu anda cukup menginstall MSDN, pustaka digital yang sangat lengkap dari Microsoft.

    Jadi kalau saya nulis materi serupa, pasti nanti nggak ada yang beli karena di MSDN saja sudah terdiri dari ratusan bahkan ribuan halaman berkaitan dengan pemrograman yang didukung dan sangat lengkap. Rasanya tidak ada satu bukupun yang dijual di toko buku di Indonesia yang sanggup menandingi kelengkapan MSDN tersebut.

    Jadi mengapa pemrograman tetap jadi misteri, rasanya hanya bagi mereka-mereka yang nggak mau membaca saja. Bagi yang suka membaca dan mau bekerja keras, rasanya misteri tersebut lama-lama menjadi suatu yang jelas (tidak ada misteri lagi). Apalagi anda-anda sudah ter-connect dengan internet.

    Akhirnya kuncinya diri kita jugalah. 😀

    Suka

  10. Natalhee Avatar
    Natalhee

    salam kenal semua.
    ada yang bisa bantu mengenai SAP fisika komputasi beserta materinya dengan bahasa program pascal. thanx sebelumnya

    Suka

  11. arafat akbar Avatar
    arafat akbar

    ini pak wiryanto, saya mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas Negeri Makassar Fakultas teknik sipil, mau minta izin, kalau sekiranya bapak izinkan, boleh tidak saya menggunakan formulasi (kode2 program) perhitungan analisa struktur truss dalam buku bapak untuk Tugas akhir saya?, judul skripsi saya membahas tentang truss Baja 2D+VBasic…
    saran untuk jupiter… baca buku dan pahami lalu dimengerti kemudian diterapkan dengan VB
    Arafat Akbar

    Suka

  12. wir Avatar
    wir

    sdr Arafat Akbar dan teman yang lain,
    semua materi yang telah saya publikasikan dapat dengan bebas digunakan, apalagi jika nama penciptanya tetap dicantumkan. Itu khan kaidah penulisan ilmiah yang benar. Iya khan.

    Jadi intinya selama anda mencantumkan sumber rujukan dengan jelas, dan tidak ada maksud buruk. Silahkan mas, bahkan saya dukung dengan baik.

    Salam untuk teman-teman di Makasar, semoga berlomba-lomba dengan hal-hal yang ilmiah dan berguna bagi sesama. Nggak seperti yang sering saya lihat di tv yaitu unjuk rasa. Prihatin rasanya.

    Suka

  13. Dadan Avatar
    Dadan

    Akhirnya ketemu juga Webnya, ketika pertama kali sy putuskan untuk belajar VB, saya langsung jatuh cinta pada buku ini & buku ini adalah buku VB pertama yang saya beli, saya sangat salut, salut dan salut sekali, buku VB ditulis oleh Ahli Teknik Sipil/Struktur, salut banget deh………

    Suka

  14. arik@yahoo.com Avatar
    arik@yahoo.com

    Sebelumnya permisi dan ucapan beribu terimakasih.karena semua komentar dapat di aplikasikan.

    berhubung kita menginjak bumi indonesia,dimana setinggi tingginya cita cita di langit,hanya akan terbatas dimana kita menginjak.

    Ringanya aja adakah?realitasnya indonesia pada tahap hampir merata kemiskinan dibandingkan kekayaan.Mampukah bagi rata rata yang berimajinasi,untuk menghulurkan pikiran.Tanpa pelajaran imaginasi akan ketinggalan.

    Kapan kemelaratan mampu membeli buku,yang cukup menghebohkan.adakah slalu menanti jawapan.

    Suka

  15. erna Avatar
    erna

    Salam kenal Pak Wir…baru tanggal 10 sudah gak bisa download?????
    saya mau download yang banyak, eh ternyata gak bisa…hehe
    Padahal bahan-bahan disini menarik2 dan tepat guna…..peace..

    Suka

  16. Y.W. Avatar
    Y.W.

    Pak Wir.. buku bapak yang VB ini udah habis di gramedia Medan jln gajah mada…

    tolong di cetak lagi dong pak Wir..

    terimakasih sebelumnya

    Wir’s responds: tolong mintakan dong ke penerbitnya, jika yang minta pengarangnya biasanya mereka (pihak penerbit) nggak terlalu menggubris. Dikira pengarangnya mau royaltinya aja, tetapi jika calon pembelinya (pembaca) maka si penerbit bisa memaklumi karena membayangkan duitnya itu. 😉

    Suka

  17. Y.W. Avatar
    Y.W.

    pak wir, saya udah beli buku bapak yang ini…
    memang isinya keren..

    tapi cara penulisan kode program , penjelasannya agak kurang tuh pak…

    contohnya :

    picture1.move 0, 0 , scalewidth – vscroll1.height ……bla bla bla…..

    saya ngak mengerti kenapa setelah “scalewidth” harus di ikuti dengan tanda ” – “….. di buku bapak tidak di jelaskan hal tersebut, sehingga orang yang membeli buku tersebut dan ingin belajar secara otodidak rasanya sangat sulit…..

    dan pada kode pemograman tiba tiba ada kode ” &” dan kode ” $ “… yang membuat saya menjadi bingung….

    inti nya .. di buku pak wir itu tidak menjelaskan cara penulisan program….

    terima kash

    Suka

  18. setyo Avatar
    setyo

    pak, saya mahasiswa sipil dari UNS solo
    Saya sangat tertarik dengan buku2 bapak,,.
    tapi saya kesulitan untuk mendapatkan buku2 tersebut
    karena stock di solo sudah abis semua..
    kira2 saya bisa mendapatkannya dimana ya?
    terima kasih

    Suka

  19. Toni Alchofino Avatar
    Toni Alchofino

    Pak, Saya sudah mencari di mana-mana buku Bapak yg satu ini. Saya mahasiswa Fisika, sangat butuh buku ini untuk membuat simulator, kira-kira dimana lagi Saya bisa mendapatkan buku ini ya Pak ?

    Suka

  20. vikhi Avatar

    Pak wir… apa bukunya sudah ada di gramedia??
    di surabaya saya belum menemukan toko toga mas..

    Wir’s responds: ya betul, tidak ada lagi karena sudah lama habis. 😦

    Suka

  21. Antonius S Avatar
    Antonius S

    Damai Kristus, pak Wiryanto.
    Mohon kerelaan bapak untuk menulis buku bagi masyarakat awam yang rasa ingin tahu dan minat belajarnya tinggi tapi terbatas dari segi keuangannya untuk memperoleh pendidikan formal. Terima kasih, syalom

    Suka

  22. IMAN Avatar
    IMAN

    TOLONG DONG DI TERBITKAN BUKU TENTANG VB NET DI SINI. TQ

    Suka

  23. RAYMOND KALESARAN Avatar
    RAYMOND KALESARAN

    gimana ya kalau saya bisa dapatkan Aplikasi programnya untuk VB ,soalnya yang ada pada saya hanya bukunya sedangkan CD programnya sudah hilang. APAKAH BISA DI DOWNLOAD ??

    Suka

  24. iman Avatar

    blognya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.

    Suka

  25. Adi Avatar
    Adi

    Waduh pak, ga bisa di down load ya modul praktikumnya?
    Bisa dibantu ga ya pak? butuh sekali buat ngerjain tesis pak… 😉

    Suka

  26. Tatat SD. Avatar
    Tatat SD.

    Yth Pak Wir,
    saya termasuk salah satu pembeli buku bapak [Aplikasi Sains & Teknik] beberapa tahun yg lalu. Sayangnya disket yg disertakan telah rusak karena saya mencobanya baru-baru ini. Setelah menemukan bog ini, saya bergembiara karena ada link untuk men-download materi praktikum. Sayangnya pada saat sy coba, ternyata ada keterangan ‘out of bandwith’, mungkin karenanya banyaknya eminat yg melakukan download. Dapatkah sy minta tolong file tersebut fikirimkan ke email , atau ada link lainnya? thanks.

    Suka

  27. Dody Widodo Avatar

    Bukunya sdh tidak dicetak ulang, ya..??? Di mana saya bisa dapat buku ini ? Versi print out juga boleh..

    Suka

  28. imambasz Avatar

    bsa beli dimna buku ini?

    Suka

    1. wir Avatar

      sudah habis pak, dan tidak ada rencana cetak lagi.

      Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com