buku-wir-2004
Terbit secara nasional November 2004 , sampai Desember 2004 : “terjual lebih dari 1000 eksemplar. Ini adalah judul buku pertama tentang SAP2000 dari penerbit PT. Elex Media Komputindo, tebal 417 halalam, harga buku ini adalah Rp. 75.800

Sinopsis

Komputer menjadi alat bantu yang menakjubkan dalam menyelesaikan problem-problem numerik maupun non-numerik (teks, grafis, suara, dan gambar) pada setiap aspek kehidupan bisnis yang ada. Demikian juga dalam bidang rekayasa konstruksi, dengan digunakan perangkat lunak khusus maka penyelesaian rekayasa untuk proyek-proyek konstruksi dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Bahkan dapat menyelesaikan kasus-kasus yang cukup kompleks secara mudah dibandingkan jika diselesaikan manual. Perangkat lunak yang dimaksud adalah program komputer SAP2000, ETABS, STAAD-III, GT-STRUDL, ANSYS, ABAQUS, ADINA, dan banyak lagi.

SAP2000 cukup populer di kalangan praktisi maupun akademisi di Indonesia. Berbeda dengan program komputer yang umum (Word, Excel, Photoshop, AutoCAD, …), maka pemakai program rekayasa dituntut untuk memahami latar belakang metode penyelesaian, batasan-batasan penyelesaian program dan bertanggung jawab penuh atas hasil pemakaiannya.

Buku ini disusun untuk membantu pemakai program SAP2000 untuk mendapatkan penyelesaian rekayasa yang benar. Materinya ditata dan disajikan sedemikian rupa agar selain terampil juga paham apa yang dikerjakan komputer sehingga tahu hasilnya benar atau tidak, sebagaimana yang diperlihatkan pada bab-bab dalam buku ini :

  • Penyelesaian Rekayasa Berbasis Komputer
  • Formulasi Element FRAME pada SAP2000
  • Mengenal Program SAP2000 dan Cara Pemakaiannya
  • Penerapan Element Frame untuk Analisa Struktur
  • Desain Struktur Beton Bertulang dengan SAP2000
  • Desain Struktur Baja dengan SAP2000

Opini Pakar
Pakar dipilih dari kalangan praktisi dan akademisi dari Jakarta – Bandung – Yogyakarta – Surabaya

Saya menyambut gembira usaha keras saudara Wiryanto untuk menerbitkan buku yang sangat lengkap tentang pemakaian program komputer SAP2000. Buku ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mempelajari bidang analisis struktur dengan komputer, karena disertai banyak contoh aplikasi.
Ir. Nathan Madutujuh, M.Sc.
Direktur Engineering Software Research Center (ESRC) , Bandung,

Sepengetahuan saya, ini adalah buku pertama tentang pemakaian SAP2000 yang disertai aplikasi praktis yang sangat bervariasi untuk elemen FRAME. Penulis menjelaskan secara mendetail langkah-langkah membuat Finite Element Model untuk SAP2000. Sangat diharapkan agar Penulis melanjutkan dengan buku sejenis yang membahas elemen-elemen lainnya dari SAP2000. Pembaca akan mendapatkan pelatihan yang berguna melalui buku ini.
Dr. Ir. Benjamin Indrawan, M.Eng
Direktur Pidelta Strukturindo, Dosen Luar Biasa di Universitas Trisakti, Tarumanagara, dan UPH.

SAP2000 punya banyak kelebihan khususnya untuk analisis dan perancangan bangunan baja atau beton bertulang. Kelebihan-kelebihan ini akan dapat dimanfaatkan secara lebih luas jika ditunjang buku-buku bermutu yang dapat membantu user lebih memahami dan menggunakan perintah-perintahnya secara benar sesuai problem yang dihadapi. Dengan pemahaman yang baik, kesalahan dapat diminimalisir sehingga didapatkan hasil rancangan yang lebih akurat. Menurut pengamatan saya, buku ini dapat digolongkan sebagai buku yang bermutu tersebut.
Dr.-Ing. Ir. Andreas Triwiyono
Ketua Pengelola Kelas Khusus Minat Studi Teknik Struktur, Program Pasca Sarjana UGM

Banyak buku mengenai aplikasi program komputer telah ditulis. Umumnya, buku-buku tersebut hanya berisi resep penggunaan program yang ada. Dalam buku ini, yang khusus membahas aplikasi SAP2000, penulis secara cermat dan jelas menunjukkan berbagai contoh penggunaan program tersebut untuk perhitungan rekayasa struktur. Disamping hal tersebut, penulis pada setiap contoh struktur, menjelaskan latar belakang atau dasar teori dari contoh tersebut sehingga setiap pengguna dapat mengerti / menguji kebenaran dari hasil komputer. Dapat disimpulkan, buku ini dapat dijadikan referensi bagi para insinyur yang tugas sehari-harinya membuat perancangan struktur dengan bantuan program SAP2000.
Prof. Dr.-Ing. Harianto Hardjasaputra
Guru Besar Teknik Sipil, Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci.

Munculnya program-program komputer yang sangat “user friendly” sangat mengkhawatirkan, karena seseorang tanpa latar belakang teoritis yang cukup dapat memakai program tersebut dan menghasilkan perhitungan yang “benar”. Buku ini sangat baik, karena berusaha menunjukkan kemungkinan kesalahan yang dapat terjadi serta menekankan perlunya pemeriksaan atas hasil perhitungan yang dihasilkan oleh program komputer. Buku ini juga memberikan latar belakang yang memadai dan menjelaskan penggunaan program secara rinci. Tidak mudah untuk mengerti dengan jelas apa yang dijelaskan dalam buku pedoman SAP2000 yang asli, yang tentu saja ditulis dalam bahasa Inggris. Banyak sekali “jebakan-jebakan” yang dapat menimbulkan kesalahan yang fatal dalam penggunaan SAP2000. Buku ini perlu dibaca oleh setiap engineer yang akan menggunakan program SAP2000.
Prof. Benjamin Lumantarna M.Eng. Ph.D
Guru Besar Teknik Sipil , Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sambutan Prof. Wiratman Wangsadinata
Guru Besar FTSP, Institut Teknologi Bandung, Bandung
Guru Besar FT, Universitas Tarumanagara, Jakarta
Direktur Utama PT. Wiratman & Associates

Perkembangan yang pesat dalam rekayasa struktur dalam dua dasa warsa terakhir ini, telah memungkinkan kita untuk merencanakan bangunan-bangunan teknik berskala besar dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Dengan kemajuan rekayasa struktur tersebut, juga pengaruh pembebanan apa pun yang bekerja pada struktur bangunan seperti beban gempa, angin, ledakan, akibat perubahan temperatur, dll., dapat dianalisis dengan seksama. Analisis struktur bangunan-bangunan demikian sudah tidak dapat dilakukan secara manual lagi, sehingga penggunaan komputer sebagai alat bantu tidak dapat dihindari lagi. Untuk itu harus dipakai perangkat lunak (program komputer) yang sesuai, yang pilihannya dewasa ini banyak terdapat di pasaran. Salah satu program komputer canggih yang di dalam praktek saat ini popular dipakai dalam perencanaan struktur-struktur kompleks, adalah SAP 2000 yang aplikasinya dibahas dalam buku ini. Metoda analisis yang dipakai dalam program ini didasarkan pada metoda elemen hingga, sehingga memang dapat mencakup segala macam jenis struktur dengan konfigurasi serumit apa pun.

Untuk dapat menggunakan program SAP 2000 dengan baik, diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai programnya itu sendiri dan cara-cara menggunakannya. Untuk itu, “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP 2000” karangan Sdr. Wiryanto Dewobroto, yang pada awal karirnya bekerja di PT. Wiratman & Associates, dapat menjadi referensi yang baik. Dalam buku tersebut diberikan contoh-contoh yang secara detail menunjukkan cara pengoperasian programnya dan disertakan pula solusi alternatif secara manual. Dengan membandingkan ke dua solusi tersebut sekaligus dapat diperoleh pemahaman yang baik mengenai cara kerja program dalam menganalisis permasalahannya.

Semoga terbitnya buku ini dapat turut meningkatkan kualitas penanganan perencanaan bangunan-bangunan teknik di Indonesia, khususnya yang berskala besar dan yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

Akhirnya, saya mengucapkan selamat atas terbitnya buku ini, semoga jerih payah penulisnya dapat membawa manfaat yang besar bagi pembacanya.

Jakarta, 22 Oktober 2004

Prof. Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata

Respons Buku Setelah Beredar
Karena materi buku ini spesifik yaitu untuk kalangan insinyur sipil, maka dari hasil diskusi bersama dengan pihak penerbit diperlukan suatu promosi khusus ke institusi pendidikan yang menyelenggarakan program studi teknik sipil . Dari promosi yang telah dilakukan , ada beberapa tanggapan yang diberikan , antara lain : 

Resensi Prof. Bambang Suryoatmono

Prof. Bambang berkenan menulis resensi ini karena beliau sebelumnya telah membaca buku karya saya yang pertama dan telah memakainya dalam kuliah pembelajaran pemrograman komputer di Jurusan Teknik Sipil UNPAR-Bandung

Sebelum terbitnya buku ini, telah ada beberapa buku mengenai penggunaan program SAP (SAP80, SAP90, maupun SAP2000). Namun, khususnya untuk penggunaan jenis elemen frame di dalam SAP2000, buku inilah yang membahasnya secara lengkap. Bahkan, di dalam buku ini juga disajikan tinjauan singkat tentang analisis struktur dengan matriks, desain struktur beton bertulang, serta desain struktur baja. Barangkali, latar belakang penulis buku ini, seorang dosen yang sekaligus berpengalaman praktik di bidang teknik struktur, mendorongnya untuk menulis begitu lengkap. Bahwa buku ini bukan pengganti buku teks untuk analisis maupun desain struktur beton bertulang dan baja memang benar, karena memang bukan itulah tujuan diterbitkannya buku ini. Setidaknya untuk pembaca yang ingin secara cepat dapat menggunakan SAP2000 khusus untuk elemen berjenis frame, buku ini adalah sarana yang tepat mempelajarinya.

Hal-hal khusus di dalam SAP2000 yang berkaitan dengan elemen frame, misalnya rigid end, end release, rotasi sumbu lokal, penampang tak prismatis, dan berbagai element loads dibahas dengan rinci di dalam buku ini. Metode analisis yang lanjut seperti efek P-delta juga dibahas di dalam buku ini, meskipun secara sangat singkat. Bukan hanya analisis statik, analisis dinamik juga dibahas di dalam buku ini. Semua hal ini ditunjukkan dalam berbagai contoh yang sebagian diverifikasi dengan sumber bacaan lain yang telah ada sebelumnya. Hal ini tentu saja bernilai positif apabila tujuan penulis adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa contoh-contoh yang diberikannya mengandung kebenaran. Namun, sebenarnya penulis dapat saja menghindari proses verifikasi tersebut karena SAP2000 telah memberikan banyak contoh verifikasi di dalam salah satu buku manualnya. Penulis dapat saja, misalnya, memberikan contoh-contoh dengan bebas, yang hanya dibatasi oleh kreativitasnya, sedemikian hingga contoh-contoh tersebut dapat lebih menyampaikan pesan mengenai topik yang ingin disampaikannya kepada pembaca.

Gaya bahasa dan sistematika yang digunakan penulis menarik untuk diperhatikan. Penulis buku ini tampaknya sengaja memilih gaya bahasa formal tetapi user friendly, mungkin dengan maksud agar buku ini lebih mudah difahami. Memang kadang-kadang gaya bahasa yang menyimpang dari tata bahasa, misalnya penggunaan tanda baca “!!!”, namun hal ini tidak menganggu makna yang ingin disampaikan penulis. Sistematika yang menyerupai modul memungkinkan pembaca langsung menuju bab atau bagian yang dibutuhkannya, tanpa harus terlebih dahulu membaca secara berurutan dari bagian depan buku ini.

Mengingat bahwa SAP2000 berkembang terus dari satu versi ke versi lainnya, maka amat dianjurkan untuk memberitahukan kepada pembaca mengenai versi apa yang digunakan dalam suatu buku mengenai SAP2000. Sebagai contoh, analisis P-delta dan pencarian beban tekuk yang dibahas di dalam buku ini sangat berbeda dengan yang ada di dalam SAP2000 versi terbaru (versi 9.03). Begitu pula dengan desain beton bertulang dan baja. Untuk mencari versi yang digunakan di dalam buku ini, pembaca tidak dapat menemukannya di dalam judul maupun di dalam kata pengantar, tetapi harus mencari agak ke dalam. Sebaiknya di dalam cetakan (atau edisi) berikutnya, versi SAP2000 yang dipakai disebutkan dengan jelas di dalam judul.

Satu hal yang terasa agak mengganggu justru terdapat pada judul buku ini. Pengertian rekayasa konstruksi justru berbeda jauh dengan apa yang terdapat di dalam isi buku. Rekayasa konstruksi mengandung pengertian cara-cara pelaksanaan suatu pekerjaan konstruksi, sedangkan segala yang dibahas di dalam buku ini, karena berkaitan dengan analisis dan desain (bukan pelaksanaan), lebih tepat disebut rekayasa struktur (structural engineering), yang merupakan salah satu bagian dari civil engineering.

Kalau ada rencana perbaikan untuk edisi berikutnya, barangkali patut dipertimbangkan untuk sedikit mengurangi contoh-contoh yang saling tumpang tindih (satu contoh dapat saja mengandung beberapa topik bahasan), namun digantikan dengan topik mengenai elemen lain yang ada di dalam SAP2000, misalnya elemen bidang (untuk analisis pelat, dinding geser, dan sebagainya).

Resensi Hanggoro Tri Cahyo – Semarang

Insinyur Sipil Alumni Universitas Diponegoro , aktif memberi response segera setelah buku-buku penulis diterbitkan. Beliau juga menyukai pemrograman komputer seperti halnya penulis, bahkan sempat saling berbagi program aplikasi untuk saling menambah wawasan keilmuan. Resensi yang beliau buat , dapat memberi gambaran bagaimana buku penulis yang ke-2 memberikan dampak yang positif bagi insinyur-insinyur di daerah.

Berbagi Pengetahuan versi Wiryanto

Kesenjangan pengetahuan dalam bidang perencanaan struktur antara pusat dan daerah merupakan realita yang layak mendapatkan perhatian. Bagaimana tidak, dengan segala kemudahan akses serta kesempatan untuk memperoleh sekaligus mengaplikasikan pengetahuan, para perencana struktur yang tinggal di kota besar dapat terus dan terus meng-upgrade kemampuannya. Sedangkan di daerah dengan segala keterbatasannya, terkadang membuat owner belum percaya sepenuhnya jika pekerjaan yang membutuhkan skill yang tinggi diserahkan begitu saja pada putra daerah. Perencana struktur di daerah kesulitan mendapatkan sosialisasi dan pencerahan tentang perkembangan pengetahuan terbaru. Sebagai gambaran, setelah lebih dari 10 tahun diterbitkannya peraturan beton tahun 1991, saat ini pun masih ada saja perencana yang mengacu PBI 71 dalam desainnya.

Buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 yang ditulis Wiryanto Dewobroto merupakan rangkuman dari sepenggal pengetahuan terkini tentang menganalisis dan mendesain struktur bangunan. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan dikemas secara instant diharapkan dapat membuka kesempatan perencana struktur di daerah untuk meningkatkan skill-nya serta mengejar ketertinggalan pengetahuan melalui kasus-kasus kecil yang diulas secara membumi. Dalam menulis buku ini, rupanya penulis mengerti benar bahwa untuk memahami SAP2000 tidak semudah membaca komik dan perlu latar belakang pendidikan yang cukup. Diulasnya secara hati-hati bagaimana prinsip mendesain struktur secara benar merupakan keunikan dari buku ini. Pada dasarnya software SAP2000 hanyalah sebuah kalkulator yang mempercepat waktu untuk mendesain struktur, sehingga prinsip mendesain menjadi bagian terpenting dari buku ini. Ini dapat dilihat dari bab 1 dan 2 yang membahas teori dasarnya, kemudian bab 3 yang membahas cara menggunakan SAP2000 dan yang terakhir bab 4-6 membahas berbagai kasus desain dengan mengacu peraturan desain Indonesia.

Pengembangan buku ini tentu saja sangat diharapkan, terutama kasus desain bangunan secara keseluruhan dengan kombinasi beban statik dan dinamis jika menggunakan SAP2000. Mengingat masih banyak praktisi di daerah yang belum yakin benar apakah gedung atau jembatan yang mereka modelkan, asumsikan dan desain sudah layak bangun. Sebagai contoh apakah balok sloof atau tie beam pada sebuah gedung itu berfungsi sebagai apa, dan bagaimana permodelannya pada SAP2000. Meskipun materinya masih hanya terbatas pada elemen frame dan truss, nantinya buku ini diyakini masih dapat dikembangkan menjadi buku pegangan SAP2000 yang komprehensif dengan segmentasi pasar yang lebih luas lagi. Penghargaan penulis akan hak cipta software pada halaman 55 patut diacungi jempol. Walaupun dipersewaan CD bajakan SAP2000 telah mencapai versi 8.08, penulis tetap saja menggunakan versi 7.40 student version dengan jumlah node yang terbatas.

Tanggapan Pembaca

Berupa surat maupun email yang umumnya diberikan segera setelah selesai membaca buku

Saya sangat menghargai sekali atas jerih payah Pak Wiryanto dalam menulis buku tentang Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000. Sangat jarang pengajar mau menulis buku. Untuk itu saya mengucapkan selamat atas terbitnya buku tersebut diatas. Terus terang saja, hampir semua mahasiswa memakai SAP2000, tetapi sangat sedikit yang mengerti dengan benar cara menggunakannya. Harapan kami, dengan terbitnya buku ini, mahasiswa akan bertambah pemahamannya dalam memanfaatkan software SAP2000.
Prof. Ir. Priyo Suprobo, MS., Ph.D
FTSP-ITS, Sukolilo, Surabaya


Saya mengucapkan selamat dan sukses atas peluncuran buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000, dan memang seperti perkiraan sebelumnya… tulisan Bapak pasti bermutu. Suatu tradisi yang membutuhkan tekad yang kuat untuk menulis dan menulis diantara beribu kesibukkan. Semoga penerbit internasional seperti  McGrawHill , Wiley atau Prentice Hall memberi kesempatan kepada penulis Indonesia yang bermutu seperti Bapak. Amin.
Hanggoro Tri Cahyo
Engineer di PT. POLA DWIPA Semarang


Sebelumnya saya ucapkan selamat atas 2 buku karangan Anda, khususnya untuk buku Aplikasi Rekayasa Kontruksi dengan SAP2000. Semoga buku tersebut bisa ikut memajukan dunia teknik sipil di Indonesia, karena sampai saat ini masih banyak insinyur kita yang merasa sudah ‘bisa’ melakukan perhitungan yang ‘hanya’ dikarenakan hasil analisis dari program tidak memberikan pesan ‘error’, padahal seringkali konsep dan pemahaman design struktur nya masih sangat kurang, sehingga bisa membahayakan dalam pelaksanaan kerja bilamana hasil ‘design’nya digunakan.
Johnny Setiawan
Alumni Universitas Kristen Maranatha – Bandung


Saya menyambut baik dengan pujian atas buku Bapak:  Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000. Tahun 2002 buku sejenis karangan Bpk. Haryanto Y. (Atmajaya – Yogyakarta) cukup menjelaskan dasar-dasar pemakaian SAP2000 untuk elemen frame, namun belum menjelaskan konvergensi dan verifikasi analisis/design. Buku yang Bapak tulis jauh lebih baik dari buku-buku SAP2000 yang sudah ada karena memberikan banyak peringatan kepada para perencana untuk tidak mempercayai penuh hasil dan mengkaji ulang data masukan beserta asumsi-asumsi dari engineering judgment.
Suyono Nt.
Jl. Abdulrahman Saleh, No.33 , Semarang, INDONESIA (50145)


Saya mengucapkan selamat atas terbitnya buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000, buku tersebut sangat membantu saya dalam memahami program tersebut.
Satya Pambudi


Nama saya Agus, junior engineer di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Sangat menarik dan mencerahkan apa yang disampaikan Bapak dalam buku Rekayasa Konstruksi dengan SAP 2000.
grahasabha@yahoo.com


Saya mahasiswa S2 UGM, diucapkan terima kasih atas terbitnya buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 yang sangat membantu bagi saya dalam mendesain suatu konstruksi. Setahu saya belum ada buku yang seperti ini dalam menjelaskan tentang cara penggunaan SAP2000 sampai filosofi desainnya.
Hana Adi Warsito


Saya membeli buku SAP2000  karangan Bapak, terima kasih  banyak  bahwa  saat ini Bapak  telah mengarang buku mengenai aplikasi komputer pada perhitungan konstruksi sehingga akan banyak membantu perkembangan  konstruksi di Indonesia.
Tonny Sugiarto
Jl. Morotai 84, Cinere 16514


Saya baru membeli dan membaca buku Bapak Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 dan isi bukunya sangat bagus untuk aplikasi structural engineering dan design terutama juga untuk penggunaan peraturan Indonesia yang baru.
Albertus Simbolon
Medan


Saya mahasiswa tingkat terakhir Jurusan Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat. Saya sudah membeli sudah memiliki buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 , dan saya sangat tertarik dengan buku itu karena disitu saya bisa tahu lebih dalam lagi tentang SAP2000 dan hubungannya dengan mata kuliah Struktur Beton.
Handa Yanda.
Jln. Halmahera No.10 Blok P, Ulak Karang Padang-Sumatera Barat

141 tanggapan untuk “Karya Ilmiah Utama ke-2 (Okt. 2004)”

  1. Ardy Azis Avatar
    Ardy Azis

    Yth. pak Wir

    Sebelumnya salam kenal pak
    saya sangat salut kepada bapak yang begitu bermurah hati untuk membagi-bagikan ilmu pada blog ini, semoga segala kebaikan bapak memperoleh balasan yang setimpal dari-Nya (amin) .

    Oh iya pak saya sementara dalam proses penyusunan tugas akhir mengenai pushover dan kebetulan saya sangat tertarik dengan tulisan bapak mengenai pushover, tapi kok di buku bapak yang baru “Aplikasi Rekayasa Kostruksi pada SAP2000” tidak di bahas masalah pushover, ada ngga ya langkah-langkah pushover pada Sap2000 yang bisa saya lihat dan Dokumen FEMA356/274 dan ATC40 yang bisa saya download karena di kampus saya blum ada Dokumen tersebut, saya hrs cari kemana.

    Tolong bantuannya Pak….

    salam Hormat Saya
    Ardy Azis

    Suka

  2. Hardianto Avatar
    Hardianto

    YTH. Pak Wir
    Aku amat tertarik dengan buku Anda, tapi di Gramedia Cirebon ga ada tuch. Dimana bisa aku dapetin karya Bapak ?

    Salam,
    Hardianto
    Staff Pengajar FT Unswagati Cirebon

    Wir’s responds: kontak langsung penerbitnya. Di Gramedia Lippo Karawaci juga udah habis. Padahal kemarin baru aja cetak ulang lho.

    Suka

  3. INA Avatar
    INA

    bukunya g bisa di donw load to? padahal saya butuh tp sy kan anak kul, dengan biaya sendiri lag, gimana?

    Suka

  4. esa Avatar

    pak, dapatin bukunya di gramedia mana lagi? Gramedia yang di JakBar dan Pusat udah tidak ada. Tolong bantu donk pak.

    Suka

  5. dessy pratiwi Avatar

    Untuk menambah perluasan tulisan, Kami memiliki beberapa koleksi ebook yang digunakan di Universitas Gunadarma, silahkan anda kunjungi situs kami http://elearning.gunadarma.ac.id
    Terima kasih

    Suka

  6. testimoni buku « The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] saya sangat berterimakasih atas terbitnya buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan Sap2000 (edisi 2004 dan 2007) karangan Bapak, karena pembahasannya yang mendalam, kita dapat merasakan Roh Program […]

    Suka

  7. Efa Suriani Avatar
    Efa Suriani

    Dengan hormat, Salam kenal…Senang sekali bisa berbagi ilmu di dunia perancangan semoga dengan terbitnya buku2 teknik (seperti SAP 2000 karangan bapak) akan membuat para praktisi/akademisi semakin baik dalam mendisain..cahyo (belum ada tandingannya)

    Saat ini saya sedang mempelajari SAP 2000 v10. Saya mengalami permasalahan yang sama dengan mba Luna Ngeljaratan // 16 Maret 2006
    wah sudah lama sekali…;)

    Saat menjalankan (run) program, program tersebut menyatakan “Error in creating analysis model”. Namun program dapat terus melanjutkan analisis “Analysis complete.” tapi solusinya harus bagaimana?(udah dibaca dr atas ke bawah koq ga ktemu ya ;)..). Satu info yg diberikan semakin simple input struktur yg di buat di SAP maka faktor kesalahan sedikit.

    Saya mencoba mendisain rumah tinggal 2 lantai, pada disain SAP. Saya masukkan data geometri desain sloof,balok,ringbalok,dan kolom+kolom praktis …pada input saya mencoba membuat model mendekati realnya…ya tentu saja sesuai denah sloof/balok/kolom sesuai rencana…pada kolom praktis tidak saya input beban akibat beban atap hanya berat sendiri…Yg jadi pertanyaan apakah saya membuat model hanya u/kolom utama saja sedangkan denah tdk simetris jd semakin simple (jatuhnya menggantung u/kolom praktis) shg tdk error..?

    Terima kasih atas waktunya u/ membaca. Sekiranya dapat solusi shg bisa share dg rekan2 yg mengalami permasalahan yg sama..

    Mohon Maaf bila ada kata2 yg tdk berkenan

    Suka

  8. perlunya berprestasi « The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Karya Ilmiah Utama ke-2 (Okt. 2004)- 31 Desember 2004 […]

    Suka

  9. M Sodri Renjani Avatar

    Aslam..
    Saya mahasiswa Renja pak Mahasiswa dari Universitas Bengkulu,..
    Saya sudah membeli buku bapak..
    dan saya sangat tertarik mendesain struktur dengan SAP.
    tapi saya masih blum menemukan judul yang tepat.
    Saya kira bapak bisa membantu saya..
    Trim’s

    Suka

  10. Septian Avatar
    Septian

    Saya lulusan SMK T.Gambar bangunan,saya ingin sekali kuliah,karena suatu kendala klasik yaitu biaya.

    saya ingin sekali belajar sipil walaupun tidak di bangku kuliah, saya berburu kemana2 lewat buku web dan orang2 yang paham akan ilmu Teknik sipil juga. Kebetulan saya Lulus langsung di kontrak kerja oleh dinas PU Irigasi 1 Brantas jatim, mulai dari tukang batu, pekerja kasar dan hampir semua saya jadikan guru.

    Untuk P.wir sudikah Bapak berbagi ilmu dengan saya, terlebih dengan program SAP2000 untuk teman2 saya di sekolah itu sangat asing tapi bagi saya program itu sangat penting. Saya dapat dari teman sekaligus guru di konsultan waktu Prakerin dulu, karena minat yang besar akhirnya saya dicopykan filenya, namun saya masih kurang inform maukah bapak Wir. berbagi tutorial baik tulisan maupun Video dengan saya.

    Terima kasih sebelumnya,sekali lagi saya mohon ke P.wir agar mau berbagi dengan saya.

    Suka

  11. nanda Avatar
    nanda

    dimana saya bisa dapatkan buku SAP karangan bapak tersebut? Apakah bisa membeli melalui internet?

    Suka

  12. sudarman Avatar

    Pak Wir, slmt pagi.
    mau tanya ada contoh perhitungan permodelan sap2000 utk shearpile.
    karena pit yg akan digali 10m, dengan lebar hanya 3 meter menurut saya harus pakai shear pile, cuma aku tidak begitu familiar dgn shear pile, bole di bantu contoh aplikasinya. salam

    Wir’s responds : kebetulan saya juga belum punya contoh untuk kasus bapak.

    Suka

  13. nanda Avatar
    nanda

    Diman sya bisa dapatkan buku karangan Bpk? mohon bantuan nya?

    Suka

    1. Dina Avatar

      Udah abis pak,
      Yang saya tanyakan apakah tidak dicetak lagi? atau dibuat update bukunya pak?

      Suka

      1. wir Avatar
        wir

        @Dina,
        Saya itu penginnya juga mencetak buku tersebut lagi, wong banyak peminatnya. Tetapi penerbitnya tidak merasa perlu, lalu gimana dik. Ada baiknya pembaca menkontak penerbit, untuk meminta mencetaknya lagi. Wah kalau ada yang seperti itu, wah pasti saya dengan senang hati meng-OK-khan, meskipun untuk itu ada sedikit tambahan di sana-sini biar ada sedikit pembaruan.

        Suka

  14. kris Avatar
    kris

    Pak Wir,

    apakah masih ada stok ? atau mungkin sudah ada edisi yang terbaru tentang SAP 2000. terima kasih.

    Suka

  15. workshop SAP2000 di UPH – 2011 | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Karya tulisku yang kelihatannya cukup berdampak di masyarakat sampai saat ini adalah bukuku tentang SAP2000. Maklum banyak yang menanyakan keberadaannya, baik melalui komentar di blog ini, maupun langsung […]

    Suka

  16. Refly Avatar

    Yth : Pak Wir.

    ‘ Pak, saya mau tanya,,, apakah masi ada buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000?

    ‘ soalnya, saya cari di Gramedia Malang, tidak ada semua pak.

    ‘ sebelumnya,, saya ucapkan terima kasih.

    Suka

  17. nanang Avatar

    pak wir. Bisakah saya mendapatkan defleksi lateral izin untuk jetty, misalnya jarak antar pancang 5 meter, ada balok diafragma 2.5 m, kedalaman tiang 12 meter, tiang diatas tanah 12 meter, air di atas tanah 10 meter. Defleksi yang saya hitung diperoleh 40 mm defleksi lateralnya. Saya berdiri di jetty tersebut terjadi goyangan, padahal cranenya cuma 60 ton, Padahal saya rencanakan crane 250 ton dengan muatan 70 ton terjadi defleksi 40 mm, apakah aman ya?

    Suka

  18. nanang Avatar

    mohon dikirimkan defleksi lateral izin utk struktur jetty, dengan memakai konstruksi tiang pancang beton dan struktur beton

    Suka

  19. MIDAS dan Jurusan Teknik Sipil UPH | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] bagi produknya, maka tentunya akan berterima kasih. Tetapi yang ini tidak, ketika aku menulis buku SAP2000 pertama kali, dan mencoba mencari dukungan dari representative-nya, maka yang aku dapat adalah semacam ancaman. […]

    Suka

  20. […] Untuk pembelajaran tentang Structural Analysis Program maka program versi ini sangat cocok jika digabung dengan modul pembelajaran yang terdapat pada buku karangan saya yang telah diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo. Belum tahu ? Klik aja ini. […]

    Suka

  21. fadlan8 Avatar

    pak banyak temen temen yang mau beli buku bpak tp satu puyn gak ada yang bapak balas termasuk saya jg mau beli buku bpak

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Nggak dibalas bagaimana maksudnya. Anda menulis komentar saja pada threat buku ini. Ini khan jelas sudah habis lama sekali. Jadi kalau mau beli buku ini khan jelas sudah tidak ada lagi. Sedangkan di sisi lain, saya sudah menuliskan banyak berita tentang buku kelanjutannya di sini:

      http://wiryanto.wordpress.com/2012/12/28/nantikan-buku-sap2000-edisi-2013/

      Jika anda memberi tanggapan pada buku yang baru, tentu saja pasti akan ditanggapi. Menulis ya menulis, tapi harus pada konteksnya dong. 😀

      Suka

  22. Pebrian Wahyu Avatar

    Yth. Bpk Wiryanto..
    saya adalah mahasiswa jur. T.Sipil Universitas Bung Hatta..
    Setelah mencari berbagai sumber referensi, saya belum jg menemukan solusinya pak. permasalhan yang saya hadapi pada saat pemodelan struktur beton pada sap 2000 adalah pada pemodelan pelat dengan penerapan meshing pelat. bagaimanakah meshing pada pelat tanpa tumpuan balok pada sisi2nya agar reaksi pelat dapat tersalurkan pada struktur penyangga pada sisi2nya, misalkan pelat dengan tumpuan sebidang dinding penahan tanah paada sisi2nya yang tanpa ada balok…
    mohon pencerahannya pak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Keinginan untuk mewujudkkan model yang secara fisik sama dengan struktur sebenarnya adalah boleh-boleh saja. Maklum mudah dipahami oleh awam. Meskipun demikian, bukan berarti model yang secara fisik bentuknya tidak sama, tidak dapat mengahasilkan hasil yang sama.

      Untuk kasus dinding penahan tanah. Jika strukturnya menerus (panjang sekali) dan juga jika pembebanannya merata, maka tentunya tidak harus dimodelkan sebagai pelat (pakai element shell), karena jika bisa ditinjau tiap meter panjang (misalnya) maka konstruksi dinding penahan tanah tersebut dapat dimodelkan sebagai balok kantiliever dengan akurasi yang sama.

      Kecuali memang, jika tumpuannya ada tiga sisi (bawah dan dua di samping) dengan pembebanan berupa terpusat, maka pemodelan dengan shell akan memberikan hasil yang signifikan.

      Intinya, jika kita bisa membuat pemodelan yang lebh sederhana dan haslnya sama atau mendekati, maka itu berarti model itu adalah yang paling baik.

      Suka

  23. yanri Avatar

    siang pak, saya mau menanyakan tentang buku ini. apakah ddlm buku ini menjelaskan tentang cara pushover analysis dengan program sap2000 ?
    terima kasih sebelumnya.

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      belum ada pak.

      Suka

      1. yanri Avatar

        klo buku bapak yang ada di web ini gimana pak ?
        http://lumina-press.com
        “Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000”
        sudah ada blm cara pushover analisis ?
        terima kasih sebelumnya.

        Suka

      2. yanri Avatar

        klo buku bapak yang ada di web ini gimana pak ?
        http://lumina-press.com
        “Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000″
        sudah ada blm cara pushover analisis ?
        terima kasih sebelumnya.

        Suka

  24. wir Avatar
    wir

    @yanri : level buku tersebut diarahkan pada pembelajaran mendasar, yang utama. Karena pushover dianggap materi advanced maka pada buku tersebut belum dimasukkan. Hal yang baru pada buku tersebut adalah konsep perencanaan baja terbaru, yang saat ini harus memakai komputer, yaitu “Direct Analysis Method (DAM) menurut AISC (2010).

    Karena saya mengajar str baja, maka materi itu yang pertama-tama saya tambahkan pada seri tersebut.

    Suka

    1. yanri Avatar

      Oke pak. terima kasih infonya.

      Berhubung basic saya cuma SMA. Saya mau nanya lagi pak.
      Untuk program SAP2000, bisa ga membuat model elemen hingga nonlinier yang sesuai untuk kolom beton bertulang dengan penampang persegi dan berlubang?
      Saya ingin mengamati sifat-sifat mekanik yang ada akibat pembebanan.
      Saya bisa minta masukan dari bapak ga?
      Saya baru belajar program SAP2000, menurut bapak, referensi yang mana yang cocok (dari buku bapak) untuk solusi dari penelitian saya tersebut.
      Terima kasih sebelumnya.

      Suka

      1. wir Avatar
        wir

        Pernyataan anda bahwa : “Berhubung basic saya cuma SMA”. , membuat saya merasa sia-sia untuk memberi penjelasan lebih lanjut. Apakah anda bisa memberi alasan yang kuat, mengapa anda perlu pemahaman pada tingkat itu.

        Suka

      2. yanri Avatar

        sekarang kan saya masih kuliah pak a.k.a belum lulus.
        jadi saya bilang basic saya SMA.
        saya tertarik dengan penelitian teman saya secara ekspemental (laboratorium) tentang “kapasitas lentur kolom pendek beton bertulang penampang segiempat berongga dengan variasi lubang”. saya ingin membandingkan hasil penelitian tersebut dengan sebuah program (SAP2000) dengan variasi eksentrisitas beban dan variasi mutu beton.
        cakupan perbandingannya meliputi lendutan, kekakuan, dan daktilitas.
        teman saya merekomendasikan dua program : PCA COL dan SAP2000.
        kebetulan saya membuka blog bapak ketika sedang mencari manual penggunaan software tersebut.
        terima kasih sebelumnya.

        Suka

  25. Taya Avatar
    Taya

    salam pak wir…
    saya mau bertanya pak….
    saat saya analisis tekuk struktur yg simetris…, hasilnya tinggi sekali pak… bgmna say antisipasi hal ini di SAP pak wir?
    trima kasih sebelumnya

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      tekuk, berarti analisis stabilitas ya, yang termasuk dalam unsur non-linier geometri. SAP menyediakan beberapa opsi untuk perencanaannya, salah satunya adalah tekuk eigen. Ini seperti yang ada di buku saya. Cocok untuk pendekatan Euler. Caranya saya kira nggak perlu diulas lebih lanjut, langsung saja baca di buku.

      Cara lain adalah dengan pendekatan P-delta, ini sesuai dengan non-linier geometri. Meskipun demikian di SAP2000 sendiri ada dunia, yang benar-benar non-linier geometri, yaitu yang mengakomodasi perpindahan yang terjadi atau sekedar P-delta yang pendekatan numerik, yang cocoknya hanya jika P besar, dalam arti kata displacement-nya kecil. Nah yang digunakan yang mana ?

      Jika anda memakai yang bukan eigen, maka pemilihan “imperfection” cukup penting. Mungkin kalau ditelusuri, ada beberapa makalahku yang terkait dengan analisis stabilitas. Maklum, itu yang sekarang lagi ramai di DAM (Direct Analysis Method)–nya AISC (2010). Moga-moga membantu.

      Suka

  26. Ardi Azis Sila Avatar

    Salam pak Wir..
    Bagaimana saya bisa mendapatkan buku anda di atas (Aplikasi Rekayasa Konstruksi), berhubung di toko buku saya tidak pernah menemui lagi.

    Terima kasih pak wir.

    Suka

  27. dana . . . sponsor . . . Rio. . . Pra-ORDER | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Dewobroto . (2004). “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000“, PT. Elex Media Komputindo, […]

    Suka

  28. […] Karya Ilmiah Utama ke-2 (Okt. 2004) – 31 Desember 2004 […]

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com