Dapet email dari mas Vincent, kabar gembira 🙂

Pak Wir Yth,

Setelah kami diskusikan bersama mas Ari, tim redaksi & produksi, buku SAP2000 edisi baru bisa kami terima utk diterbitkan, dgn catatan sbb:

  • Judul buku ini nantinya sama seperti judul sebelumnya, hanya ditambah kata “Edisi Baru” di bawah judul utama (sama seperti judul yg bapak tuliskan di file pdf).

  • Desain covernya mungkin perlu dipercantik lagi pak karena -maaf- desain yg bapak berikan masih terlalu sederhana. Jadi nanti akan dipoles lagi oleh desainer kami supaya lebih marketable.

  • Mengenai content-nya, bapak boleh menambah bab lagi supaya isinya semakin dalam & menarik, hanya kami batasi halamannya maksimal 560 hlm (belum termasuk halaman romawi seperti halaman depan, kata pengantar, daftar isi, dll sekitar 30 hlm) sehingga total ketebalannya menjadi 590 hlm. 

  • Ketebalan sebanyak 590 hlm ini sudah kami diskusikan dgn bagian produksi agar harga jual buku ini nantinya tidak lebih dari Rp 85.000,- (sudah termasuk CD pendamping buku, oplah 2500 exp). Jika ketebalannya lebih dari 590 hlm, dikhawatirkan harga jual buku nanti melewati angka psikologis yg kami tetapkan sehingga bisa memberatkan kami saat memasarkan buku ini. Meski pak Wir nanti akan membantu juga upaya promo & sales-nya, namun kami tetap sbg penerbit yg akan memasarkan buku ini dan menanggung segala sesuatunya (risiko buku “slow moving”, beban inventory di gudang, dll) ==> tentu hal ini baru akan kita ketahui setelah buku diterbitkan. 

  • Selain penambahan dua bab yg bapak berikan, mungkin bab lainnya yg ada di buku edisi lama bisa bapak cek & revisi lagi supaya isinya semakin oke dan sesuai dgn kondisi saat ini (up-to-date).

Demikian beberapa hal penting yg bisa kami sampaikan. Untuk selanjutnya, bapak bisa langsung berkorespondensi dgn mbak Eli utk proses penerbitannya. Terima kasih.

Salam,
Vincent

O ya, untuk memahami mengapa penerbit setuju ! Maka ada baiknya saya up-load juga surat rayuan ke penerbit yang menyebabkan penerbit setuju. Jika penerbit mau mencetak maka artinya mau mengeluarkan modal yang cukup banyak (dalam jutaan lho) maka saya berharap anda juga ter-rayu untuk membeli buku itu nantinya.

**Surat Rayuan ke Penerbit PT. Elex Media Komputindo**

TO :  Ibu Nana untuk ditujukan Bapak A. Subagijo
CC :  Bapak Vincent dan Ibu Elly

Hal : Penerbitan Buku SAP2000 Edisi Baru

Dengan Hormat,

Dari pertemuan penulis-penerbit pada hari Sabtu, tanggal 20 Januari 2007 tempo hari, saya mendapat pemahaman bahwa ternyata penulis dan penerbit saling membutuhkan, meskipun untuk itu perlu diusahakan sinergi yang baik agar masing-masing pihak mendapat keuntungan (win-win solution).

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika saya menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan keberlanjutan buku saya ke-2 yaitu “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000” yang telah diterbitkan Elex tahun 2004 sebanyak 2500 eksemplar dan yang saat ini sudah terjual habis (sudah tidak ada di daftar komputer di toko buku Gramedia yang ada).

Meskipun sudah terjual habis dan banyak email yang menanyakan keberadaan buku tersebut, ternyata tidak ada rencana penerbit Elex untuk mencetak ulang. Untuk itu saya sadar, karena record penjualannya belum bisa dianalogikan seperti pisang goreng, yang laris manis, atau mobil Avanza yang sampai indent begitu. Karena bagaimanapun, karakter pembeli buku saya jelas berbeda dengan karakter buku-buku umum seperti manajemen atau pengembangan pribadi. Pembaca buku saya tersegmentasi, hanya orang-orang dengan latar belakang tertentu yang mengerti pentingnya materi di dalam buku tersebut. Jika dikaitkan dengan hal itu, saya yakin dan seyakin-yakinnya bahwa buku tersebut merupakan master-piece di antara buku-buku saya lainnya, dan masih dibutuhkan oleh khalayak yang dimaksud.

Harus disadari bahwa pasar pembaca buku saya relatif terbatas (tersegmentasi), yaitu para profesional di bidang rekayasa konstruksi maupun calon profesional sendiri yaitu mahasiswa teknik sipil, baik ditingkat diploma (D3), sarjana (S1) maupun pasca-sarjana (S2 dan S3). Jelas profesi atau kalangan seperti itu tidak bisa disepelekan, mereka ada, sebagai kalangan yang diperlukan dalam era pembangunan di Indonesia.

Mengapa ?

Untuk menjawab hal tersebut kiranya kita dapat menengok kejadian gempa di Yogya, dimana banyak bangunan yang roboh dan menimbulkan korban jiwa. Mengapa terjadi. Siapa sih yang sebenarnya harus memikirkan hal tersebut (agar bangunan kuat dan tidak roboh karena gempa). Saya kira itu pertanyaan menarik, tetapi yang jelas itu bukan tanggung jawab orang-orang di bidang manajemen atau komputer atau public-speaking atau parenting atau komik yang merupakan pasar paling besar buku-buku terbitan Elex.  Jadi siapa. Ya itu tadi, para profesional di bidang konstruksi.

Meskipun relatif kecil, tetapi mereka punya daya beli, bila dirasa buku atau software tersebut dapat meningkatkan kinerja maka mereka akan menganggarkan untuk membeli. Apabila hal ini dapat dipahami dengan baik, tentu dapat menjadi peluang memperluas pasar buku-buku Elex Media, minimal menyampaikan brand awareness kepada mereka .

Karena pasar pembaca buku saya juga berada di institusi pendidikan, maka jelas bahwa kuantitas mereka bertambah dengan berjalannya waktu. Saya yakin, meskipun pelan tapi pasti buku yang baik yang ditujukan untuk kalangan tersebut pasti akan terserap habis.

Uraian di atas, saya sampaikan dengan pemikiran bahwa hanya buku-buku #1 atau #2 yang pantas diterbitkan karena hanya buku seperti itu yang nantinya mengisi etalase toko buku. Berkaitan dengan hal tersebut, rasanya buku saya dapat menempati rangking #1. Hal tersebut perlu disampaikan karena sampai saat ini belum terlihat saingannya dalam penyajian materi, kelengkapan maupun kedalamannya. Perlu diketahui bahwa topik buku tersebut adalah SAP2000, mas Vincent atau mbak Elly pada saat awal bahkan belum tahu apa itu SAP2000 di bidang teknik sipil sehingga perlu penjelasan khusus mengenai prospek pasarnya. Setelah buku saya terbit, saya melihat Elex telah menerbitkan buku SAP2000 yang lain (artinya ada pasar untuk topik tersebut).

Dalam menyatakan rangking #1, tentu saja didasarkan pada subyektifitas dan bukan dari penelitian, tetapi jika ditilik dari komentar-komentar praktisi atau akademisi perguruan tinggi yang cukup banyak di buku saya maka rasanya belum ada buku-buku serupa yang menyainginya. Dengan kata lain, buku saya tersebut adalah buku SAP2000 pertama yang mempunyai banyak testimoni positip dari pakar di industri konstruksi atau akademisi.

Oleh karena itulah, saya memberanikan diri mengusulkan : buku layak terbit kembali , dan terkesan dengan penuturan mas Ari kemarin tentang Elex maka sayapun setuju bahwa yang paling cocok menerbitkan kembali adalah PT. Elex Media Komputindo.

Berkaitan dengan pernyataan mas Ari bahwa sebaiknya “hanya menerbitkan judul baru”, maka saya mengusulkan buku tersebut ditingkatkan atau diperbarui yaitu dengan menambahkan dua bab (2) lagi (nambah sekitar 150 halaman lagi). Sehingga total halaman dari buku yang ditingkatkan tersebut menjadi 550 halaman. Sehingga nantinya kalau dipandang perlu, sampul buku atau judul dapat diremajakan kembali (tergantung kebijakan marketing).

Note : sebenarnya ada tiga bab baru, tapi bab yang terakhir belum selesai (in progress), boleh khan jika bab ke-3 tadi selesai akan nambah 20-30 halaman lagi (sehingga jadi 580 halaman).

Adapun dua bab yang baru yang telah selesai adalah :

  • Bab 7 : “Struktur Membran dengan Element Shell”  120 halaman

  • Bab 8 : “Engineering Judgement”  30 halaman

Dengan tambahan bab-bab baru tersebut maka pasar buku tersebut dapat menjangkau pembeli lama. Jika ditambah dengan pembeli baru yang terbentuk akibat adanya interaksi dengan pembaca buku lama maka tentunya jumlah buku yang terbit bisa lebih banyak dari sebelumnya yang 2500 eksemplar itu.

Demikian surat kami, jika mendapat sambutan yang positip maka saya siap berdialog tentang strategi pemasarannya, yang tentunya tidak bisa disamakan seperti jumpa fans di toko-toko buku, mengingat pasarnya yang khusus tersebut.

Atas perhatian yang diberikan, diucapkan banyak terima-kasih.
Salam

Lampiran : dua (2) file pdf tentang tambahan Bab 7 dan Bab 8 (lengkap).
 

**up-dated**

Seperti biasa, sebelum beredar secara terbuka maka saya memilih beberapa profesional di bidangnya untuk membaca terlebih dahulu dan memberi testimonial, jika positip maka saya gunakan untuk promosi juga, sedangkan jika negatif akan dijadikan masukan untuk melakukan revisi ulang dan selanjutnya disampaikan kembali untuk di review. Tahapan tersebut ternyata sangat menarik sekali untuk mendapat masukan-masukan yang berharga, itu pulalah yang membuat kami semakin PD bahwa buku tersebut bermutu.

Untuk kali ini, Mr. Lip , teman indonesia yg sudah 18 tahun tinggal di Australia berkenan membaca / mereview dan menyampaikan testimonal buku Edisi Baru ini, sbb:

**English Version**
Perhaps the most important parts to remember for a reader of this book are contained in Chapter 8. Here, the author illustrates some of the many pitfalls that may trip a user of SAP2000 in interpreting the computer analysis results. This chapter demonstrates that fundamental understanding of structural behavior is essential for the users of finite element analysis packages. This book will have done much good if the reader keeps the lessons learned from the examples presented in the chapter. 

**Indonesian Version**
Menurut saya, salah satu bagian yang sangat penting dari buku ini adalah Bab 8. Di sini penulis memberikan beberapa contoh jebakan yang “menanti” para pemakai paket SAP2000 yang percaya buta akan hasil analisa komputer. Contoh-contoh tersebut juga menunjukkan pentingnya mata kuliah mekanika rekayasa yang mengajarkan pemahaman dasar perilaku struktur bangunan. Bab ini sendiri saja merupakan sumbangan yang sangat berarti bagi pemakai program metoda elemen hingga di Indonesia. Semoga dengan adanya buku ini, banyak pembaca dapat menggunakan paket metoda elemen hingga secara bijaksana.

Lip H. Teh BE PhD CPEng
Senior Structural Engineer, Dematic Asia Pacific, Australia.
Honorary Associate, Department of Civil Engineering, University of Sydney, Australia.

**progress kerja – BAB 1 : telah finish**

membaca materi bab 1 pada buku lama terasa sekali belum berbobot, kayaknya hanya sekedarnya (kecuali halaman 1 tentang Disclaimer) oleh karena bab 1 dibongkar habis (> 50%). Materi-materi yang tidak berbobot di hapus dan diganti dengan materi yang lebih baru sehingga Bab 1 menjadi materi wajib yang harus dibaca terlebih dahulu sebagai pengantar bab-bab selanjutnya. Penulis melihat bahwa versi Indonesia materi di bab 1 yang baru tersebut belum ada yang nulis. Sehingga akan menjadi buku pertama yang membahas hal tersebut.

O ya , daftar isi dari bab 1 adalah sbb:

BAB 1 . SOLUSI REKAYASA BERBASIS KOMPUTER 
1.1 Pendahuluan ………………………………………………   1
1.2 Komputer Rekayasa Struktur…………………………   3

1.2.1 Bukan Sekedar Alat ……………………………   3
1.2.2 Prinsip Dasar Pemodelan Struktur ……….   3
1.2.3 Teknik Memahami Perilaku Struktur ……   4
1.2.4 Penggunaan Komputer Rekayasa …………   5

1.3 Solusi Umum Berbasis Komputer  …………………..   7
1.4 Analisa Struktur Berbasis Komputer ……………….   9
1.5 Sumber Pustaka ………………………………………….  10

**progress kerja – BAB 2: telah finish

 Ada beberapa perbaikan, tapi tidak prinsip. Bagian P-Delta rasanya perlu dikembangkan, mau dibongkar semua koq materi lama masih relevan meskipun rasanya nggak mantap sekali. Yah hanya diinterprestasikan ulang agar lebih mantap. Yang jelas Bab 2 lebih padat tulisan, yang kosong di isi.

**progress kerja – Bab 3: **  –> ada beberapa yang harus dikurangi agar Bab 9 ttg advanced analysis dapat dimasukkan.

 **updated lagi**

ketemu ide baru lagi yaitu Bab 9 tentang Advanced Analysis dengan SAP2000 v10.0.1 tentang problem tekuk (buckling). Akan dibahas tekuk untuk kasus yang sederhana, bagaimana menghitung dengan cara manual, pakai metode energi, lalu matrik kekakuan dan akhirnya dengan gampang dihitung ulang pakai program SAP2000 v10.0.1 (versi terbaru). Bab ini dapat juga digunakan sebagai pengantar memahami analisa struktur non-linier yang umumnya tidak diajarkan di tingkat S1, bahkan di tingkat S2-pun juga jarang.

** up-dated tanggal 14 Februari 2007**

Berkas NASKAH LENGKAP dikirim, kutipan surat pengantarnya adalah.

Hal : File lengkap “SAP2000 Edisi Baru”

Dengan hormat,

Bersama ini kami sampaikan file-file naskah lengkap (finish) buku “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000” – Edisi Baru dengan perincian sebagai berikut :

Nama File MS Word Ukuran
File
Jmlh
Hal.
#1-hal-depan.doc
#2-bab-1.doc
#3-bab-2.doc
#4-bab-3.doc
#5-bab-4-a.doc
#6-bab-4-b.doc
#7-bab-4-c.doc
#8-bab-5.doc
#9-bab-6.doc
#10-bab-7.doc
#11-bab-8.doc
#12-bab-9.doc
#13-Tentang Penulis.doc
832 kb
1,403 kb
1,768 kb
4,305 kb
4,493 kb
3,071 kb
3,301 kb
1,270 kb
465 kb
5,402 kb
1,637 kb
751 kb
417 kb
26
10
36
70
94
76
73
33
14
108
29
17
3

total

29,115 kb 589

O ya, ini saya CC-khan ke bag pemasaran biar mas Laras atau mbak Digna (jg mbak Nana) sudah bisa memikirkan strategi pemasarannya. Mungkin untuk itu perlu data ttg Testimonial yang sudah ada pada buku itu (ada banyak lho, bahkan dari Australia) untuk itu bisa di lihat file #1 . Juga kegiatan saya ikut seminar sbg pembicara dapat dilihat pada rekaman daftar karya saya di  file  #13.

Untuk mas Vincent, jumlah halaman sudah sesuai spec lho. Jadi beberapa bagian materi lama sudah di up-to-dated lagi. o ya, jumlah eksemplarnya nggak bisa diperbanyak lagi mas, yang pertama aja berani 2500, ini khan udah yang kedua, mestinya sudah belajar dari pengalaman yang lama. Saya berani jamin, PASTI terjual, yakin-seyakinnya. O ya ada usul, ini buku jangan di distribusikan ke sembarang kota, atau minimal ada kota-kota tertentu yang perlu di fokus khan, kecuali di jawa, dimana ada perguruan tinggi yang banyak, misal di Jabotabek sendiri, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Solo. Sedangkan di luar jawa kayaknya yang banyak peminat (dari respon pembaca) adalah kota Medan, Padang, Palembang, Makasar, Manado, Denpasar. Rasanya itu dulu yang difokus, sedang yang lain misal di Balikpapan, Palangkaraya adalah target ke dua. Yang lain lagi, perlu dipelajari dulu. Takutnya jika dikota-kota kecil juga didistribusikan maka buku tersebut terkesan idle, padahal ditempat lain sudah habis. 

Dalam penulisan tersebut maka prinsipnya adalah #1-tampilan dan #2-isi, jadi sepintas orang awam akan melihat keindahan dalam format naskah tersebut, yang dihasilkan dari faktor kerapian, konsistensi, pemakaian font yang seperlunya dan tepat.

Berkaitan dengan hal tersebut saya merasa bahwa semua format dalam file tersebut sudah dalam kondisi FINAL (kertas A4 tetapi untuk format A5). Mohon dipahami bahwa naskah saya berisi puluhan atau bahkan ratusan gambar, baik dari file *.GIF atau *.JPG maupun objek file AutoCAD. Jadi kalau ada kata atau kalimat apalagi paragraf yang bergeser, meskipun sedikit maka susunannya dapat bergeser à KACAU. Jadi sebagai editor, ibu cukup membaca ulang dan melihat kejanggalan yang ada, bila ada yang ‘kurang’ silahkan beritahu biar nanti saya edit kembali (pokoknya jangan sampai pusing).

Jika OK, ada baiknya dicetak draft terlebih dulu, lalu saya diberi, agar bisa bantu check lagi, semakin banyak dibaca sebelum di cetak akan memastikan hasilnya sempurna.

Demikian atas perhatian dan tanggapannya diucapkan banyak terima kasih.

Yah, selesai sudah nglemburnya, kembali fokus ke disertasi. O ya, jangan lupa doa agar Tuhan berkenan bukunya laku keras.

Berita-berita terkait tentang buku di atas :

89 tanggapan untuk “Buku SAP2000 Edisi Baru Siap Terbit !”

  1. wir Avatar
    wir

    **pelat hanya dipegang satu balok pada sisi pelat terpanjang**

    Lho kalau begitu bukan two-way-slab ya, tetapi slab tersebut adalah one-way-slab . Perencanaan slab seperti khan seperti perencanaan balok biasa (sebagai balok kantilever) lalu di baloknya sendiri (yang menopang pelat) ada torsi yang harus diperhitungkan. Kasus seperti itu untuk desain struktur beton bertulang sudah aku bahas lengkap di buku ke-3 yaitu
    http://wiryanto.wordpress.com/2005/12/31/karya-ilmiah-utama-ke-3-2005/

    apa arti dari special joint ,
    wah saya juga nggak tahu, apa maksudnya. Tapi yang jelas titik nodal adalah bagian yang penting untuk mendapatkan informasi d.o.f (degree of freedom). Apa itu ? Mohon baca di bab 2 bukuku ttg SAP2000, cukup lengkap koq.

    Yah, kelihatannya kalau membaca pertanyaan-pertanyaan anda, alangkah baiknya anda membaca buku-buku tentang f.e.a (finite element analysis), kayaknya terjawab semua di situ. Untuk info buku-buku f.e.a yang baik ada di daftar pustaka di buku ku tersebut.

    Gitu dulu ya mas.
    salam

    Suka

  2. Deddi Iskandar Avatar
    Deddi Iskandar

    Dear Pak Wir.
    Saya seorang civil engineer dan sekarang sedang kuliah S2 di salah satu perguruan tinggi di Medan.
    Saya pengen sekali mendapatkan buku SAP 2000 yang anda buat. Dimana saya bisa mendapatkannya. Apa anda juga ada membuat Buku tentang ETABS, dan SAFE. Soalnya saya selalu menggunakan program2x tersebut untuk menganalisa suatu struktur. Tetapi saya rasa, saya kurang puas dengan apa yang saya kerjakan. Karena dulunya saya belajar dari buku dan dari teman2x saya yang memang sudah tahu. Saya ingin memperdalamnya lagi. Oya saya juga mau bertanya kepada anda:
    1. Apakah di program ETABS, dan SAP 2000 bisa menganalisa/mendesain sloof.
    2. Bagaimana cara membuat agar suatu elemen (Bracing) hanya didisain berdasarkan gaya tarik saja. Gaya tekannya dihilangkan.
    Begitu saja dari saya. Dan saya nantikan buku Anda. Terima kasih atas perhatiannya.

    Deddi Iskandar
    Medan

    Suka

  3. wir Avatar
    wir

    Mestinya di toko buku Gramedia ada ya, tetapi di luar Jakarta takutnya udah habis. Tempo hari ada kabar dari salah satu pembeli di Padang yang melihat di toko buku di sana hanya ada stock 5 (lima) buah yang langsung di beli pada saat itu (April 2007). Jadi karena sedikit stock-nya (di luar Jawa) maka ada kemungkinan sudah habis.

    Pesen aja langsung ke penerbitnya, alamatnya ada di http://wiryanto.wordpress.com/2007/03/20/karya-ilmiah-utama-ke-4-april-2007/.
    Saya nggak melayani pembelian langsung ya.

    Pertanyaan 1 : sloof, tergantung strategi pemodelannya, saya kira bisa aja.

    Pertanyaan 2: disain tarik aja, untuk versi lama (ver 7.4) belum bisa. Untuk SAP2000 versi baru (ver 11) mungkin sudah bisa.

    Begitu pak Deddy.

    Suka

  4. Ojik Avatar
    Ojik

    Pak Wir Yth.

    Apakah bisa SAP2000 untuk menyelesaikan permasalahan Struktur gedung dengan menggunakan sistem flat-slab, dimana struktur hanya menggunakan pelat dan kolom tanpa balok ?

    Terima kasih atas tanggapannya.

    Wir’s responds : pada prinsipnya kalau untuk analisa struktur, program SAP2000 dapat digunakan untuk menganalisis banyak permasalahan struktur yang umum untuk pekerjaan Civil Engineering. Karena program tersebut sifatnya umum, yaitu general purpose. Tapi kalau kemudahan dan juga design, struktur-struktur semacam slab (termasuk flat-slab) maka adiknya yaitu SAFE (slab analysis by FE) akan lebih tepat (mudah).

    Suka

  5. munawir (awy) Avatar
    munawir (awy)

    salam kenal pak wir,
    saya mahasiswa t.sipil ugm dan skg lagi nyusun tugas akhir…

    pak, kok buku edisi terbarunya susah ya di dapat di yogya ?
    katanya sih stocknya abis…

    Wir’s answer : ah masah, khan belum lama ini udah di cetak ulang, di gramedia Metropolitan Mal Bekasi ada lengkap koq. Jika susah, silahkan kontak langsung PT. ELEX, mereka welcome koq.

    saya sering menggunakan buku sap karya pak wir, terutama dalam pengerjaan tugas akhir saya dan buku pak wir sangat bagus dibandingkan dengan buku sap2 yang pernah saya baca.

    oh iya pak saya mau nanya :
    1. Dalam mendesain suatu gedung, apakah semua kombinasi pembebanan didefinisikan semua dalam sap2000, klo iya, trs gmn dengan gempanya, apakah pake kombinasi gempa statik ekivalen, respon spektrum atau riwayat waktu ?

    Wir’s answer: kombinasi diperlukan untuk memastikan bahwa struktur telah diperhitungkan terhadap berbagai kondisi beban yang memungkinkan terjadi. Untuk mendapatkan kesamaan tentang berbagai kemungkinan tersebut maka digunakannya code atau peraturan perencanaan yang telah menjadi kesepakatan bersama.

    Tentang kapan di pakai kombinasi gempa statik ekivalen (analisa statik) atau respons spektrum juga riwayat waktu (analisa dinamik) itu ada diketetapan SNI gempa, disana sudah ada petunjuknya. Ingat tidak setiap bangunan harus dianalisis dinamik. Jika batasan-batasan yang ditetapkan sudah tepat, maka pakai analisa statik sudah mencukupi.

    2. Untuk kombinasi beban angin dan gempa tanda + dan – (plus minus) itu pengertiannya apa pak? apakah arah datangnya angin & gempa yang berlawanan atau gmn pengertiannya pak? sebagai contohnya beban angin tekan datang dari kanan berarti bidang sebelah kanan akan tertekan dan bidang kirinya akan terisap (tarik). nah jika kita memasukkan kombinasi – (minus) maka kombinasi yang dimaksud apakah pembebanannya terbalik (kanan isap,kiri tekan) atau gmn pak ?

    Wir’s answer : pemberian tanda + atau – adalah pada dasarnya untuk kemudahan, bahwa beban tersebut bisa terjadi pada arah yang saling berlawanan. Itu umumnya ok, jika bangunannya sendiri simetri. Jika bentuk bangunan pada dua sisi berlawanan maka sekedar memberi kombinasi + dan – belum tentu betul. Ya harus lihat kasus per kasus. Intinya bahwa anda harus dapat memberikan suatu kondisi beban yang paling ekstrim tetapi logis dapat dipertanggung-jawabkan.

    3. Pada dinding geser dan pelat, output yang dihasilkan hanya berupa forces dan stress. Untuk mendesain penulangan dinding geser dan pelat lantai belum bisa dilakukan ya dalam sap2000? berarti harus melakukan perhitungan secara manual…?

    Wir’s answer : perhitungan tulangan pada program sap masih terbatas dengan menganggapnya sebagai balok, yaitu perilaku lentur. Padahal jika digunakan element 2D yaitu shell pada program SAP maka akan terlihat bisa saja element tersebut berperilaku sebagai pelat (lentur) atau membran (aksial tarik atau tekan pada dua arah). Jelas ini tidak mudah untuk secara sederhana dihitung jumlah tulangan perlunya. Perilaku keduanya lain, pelat khan seperti balok, sedangkan membran khan seperti kolom. Oleh karena itu akan lebih mudah dilihat kasus-per kasus manual oleh engineer.

    Kondisi tersebut jelas berbeda dengan program ETABS, dimana element shell telah didefinisikan secara khusus sebagai dinding. Dengan pembatasan itu tentu lebih mudah disiapkan modul untuk designnya. Program SAP2000 khan general purpose program.

    thanks pak wir,,,

    Suka

  6. t3ko_ss Avatar
    t3ko_ss

    Mas, Wir , sekarang saya sedang membaca buku anda.. saya ingin bertanya .

    Bagaimana caranya memberi input beban titik pada shell (local axes 3). misalnya pada pelat lantai bangunan , ada beban titik sejajar gravitasi yang bekerja di tengah2 pelat tersebut. Apakah saya harus buat titik baru lalu menugaskan beban titik tersebut di sana atau ….. bagaimana?

    mohon petunjuknya …
    salam

    Wir’s responds: beban titik harus diberikan pada nodal, oleh karena itu pelat lantainya harus di bikin dalam mesh yang rapat (pakai element yang lebih banyak). Baca prinsip konvergensi pada pemakaian element dua dimensi (shell).

    Suka

  7. t3ko_ss Avatar
    t3ko_ss

    Oya mas Wir,

    apakah nilai momen pada elemen shell pada pelat hasilnya sama dengan nilai momen yang kita lihat dari tabel momen pelat ? (contoh ly/lx=1 terjepit elastis pada ke-4sisinya—- two way slab— maka, M=0.036ql2),

    mohon bimbingannya

    Wir’s responds: kalau yang terjepit elastis tidak, karena yang itu sudah dilakukan redistribusi momen. Perhatikan aja momen tumpuan dan momen lapangan, cocokkan dengan hitungan elastis, misal untuk one-way slab.

    Suka

  8. adi Avatar
    adi

    Salam kenal pak wir, saya salah satu mahasiswa perguruan tinggi swasta.. saya ingin bertanya..
    1. pada analisa pushover terdapat tabel moment/yield dan rotation/yield, itu maksudnya apa ya pak ? dapatnya dari mana ?
    2. nilai moment SF, live safety, immediate occupanya, itu menunjukkan apa ya pak ? dan dapatnya dari mana ?
    tabelnya dibuka dari define > hinge properties > modify…
    Thanks pak…

    Suka

  9. rini Avatar
    rini

    pak Wir, sy mencari software original SAP, STAAd pro, primavera , belinya dimana ya? Jgn suruh ‘googling saja’ ya 🙂 sy udah pusing cari kemana2. lokasi sy di Jkt. Kira2 harga brp USD? dan bgm cr belinya?
    Tks.

    Suka

  10. donaldessenst Avatar
    donaldessenst

    @ Rini
    ke website resminya aja Rin, terus browse di situ cari dealer atau distributor resmi gitu mungkn ada untuk Indonesia. Kalau gak ada coba tanya lewat email aja ke website mereka pilih contact us.

    Suka

  11. iffan Avatar
    iffan

    pak wir, mau tanya pak…
    secara konsep beda metode desain langsung dan metode rangka ekuivale dalam perencanaan flat slab itu apa ya pak…?
    di buku nya McCormax kalau tdk salah, dijelaskan metode desain langsung menggunakan satu kali distribusi momen sedangkan rangka ekuivalen lebih dari sekali distribusi momen, maksud nya apa ya pak…? mohon bantuannya ya pak…

    Wir’s responds:
    Metode desain langsung atau Direct Design (DD) mempunyai prinsip kerja yang mirip dengan metode rangka ekuivalent atau Portal Equivalent (PE) , bahkan kalau mau disebutkan bahwa DD adalah versi sederhana dari PE.

    Perlu diketahui bahwa dalam menerapkan kedua metode tersebut perlu dihitung kekakuan slab, kekakuan balok ekivalent arah tegak lurusnya, juga kolom-kolomnya. Intinya cukup ribet, oleh karena itu untuk kasus-kasus yang standar (umum) dimana kriteria bentang atau pembebanan mengikuti batasan-batasan tertentu maka metode DD dapat dipakai. Tapi metode DD ini hanya memperhitungkan pembebanan arah vertikal saja (gravitasi). Jadi untuk pembebanan lateral tidak bisa dipakai, harus di superposisi dengan sistem lain.

    Sedang metode Portal Ekivalent adalah versi lengkap dari perhitungan flat-slab, batasan-batasan yang ada pada DD dapat diatasi dengan metode ini. Bahkan dapat menghitung struktur sebagai portal untuk menerima gaya lateral, meskipun sebenarnya untuk struktur yang dominan dengan gaya lateral maka sistem flat-slab tidak disarankan.

    Memahami ke dua metode diatas sangat membantu merencanakan flat-slab memakai program komputer SAFE, khususnya dalam menempatkan tulangan-tulangan rebarnya. Jadi meskipun dalam praktek di Indonesia jarang dipakai, tetapi kalau memahami maka akan sangat membantu.

    Suka

  12. gie Avatar
    gie

    Saya mau bertanya pak Wir, Apabila mendesain balok induk dan anak, apakah balok induk harus di break pada pertemuan dengan balok anak?

    Suka

  13. esa Avatar

    mas, bukunya dapat saya beli di gramedia mana lagi? Saya cari cari di gramedia Jakbar dan pusat udah tidak ada lagi. Tks

    Wir’s responnds: sorry sudah lama habis mas. Tidak bersisa. 😦

    Suka

  14. artvisualizer Avatar

    lam kenal yak.. nice post

    Suka

  15. tyo Avatar
    tyo

    Pak Wir, mohon penjelasannya, saya memasang beban pada plat lantai (SAP2000) dgn 2 cara yaitu
    1. Assign load UNIFORM
    *) Setelah beban dipasang, kemudian dilihat propertisnya, ternyata angka besarnya beban bisa berubah sesuai dgn perubahan pada unit satuannya.
    *) Namun dgn cara ini, program tidak dapat di Running.

    2. Assign load GRAVITY
    *) Setelah beban dipasang, kemudian dilihat propertisnya, ternyata Nilai yg menunjukkan besarnya beban TIDAK berubah meskipun unit satuannya dirubah.
    *) Dgn cara ini, program DAPAT di Running.

    Dari dua kejadian tsb, mana yg benar ??? Atau keduanya salah semua ???? Mohon penjelasannya.
    Thanks before

    Wir’s responds : wah ini sih tercakup pada materi yang tempo hari aku sampaikan di WIKA. Panjang nulisnya, ini sedang mau di transform ke buku. Sabar aja ya. Lagi bagi-bagi waktu nulisnya. 🙂

    Suka

  16. parhyang Avatar
    parhyang

    “Dari dua kejadian tsb, mana yg benar ??? Atau keduanya salah semua ???? ”

    dua2nya bener, sperti sdh dijelaskan di manual.

    Area Loads > Gravity (All) command is a way to add a factored self weight.

    Area Loads > Uniform (Shell) command is used to apply uniformly distributed forces to the mid surfaces of area objects.

    dari situ dah jelas masalah nilai yg kalo di properties unit diubah kasus beban uniform nilai ganti namun yg gravity ngga. kalo masalah ga bisa run?? ga tau, sya coba bisa yield the same result.

    Tapi kalo keliatan ada yg lain, ya sya tunggu liat2 apanya ya …

    Suka

  17. trisna Avatar
    trisna

    pak saya mau tanya, saya mau menggunakan time history untuk menganalisa struktur yang saya buat,,nilai mass dan stiffness di proportional damping dapat darimana ya pak??
    trimakasih..mohon di balas ke email sya..trisnamahayuni_civil06@yahoo.com

    Suka

  18. Dedy Avatar
    Dedy

    Saya mau menanyakan buku SAP 2000 edisi terbaru. Apakah akan di terbitkan lagi?
    Karena sudah saya cek di toko buku, sudah habis pak.
    Mohon agar buku tersebut bisa di cetak ulang.
    Terima kasih

    Suka

  19. ummi alfiani Avatar
    ummi alfiani

    pak saya mau tanya bagaiman cara pemesanan buku ini
    soalnya diadaerah saya belum ada sama sekali
    saya sangat membutuhkan buku ini
    karena dilihat dari yang diajarkan dosen saya

    Wir’s responds: edisi tersebut sudah lama habis dik. Saat ini baru nulis up-grade-nya, dan akan diterbitkan oleh penerbit berbeda dan dengan judul berbeda, tapi isinya kira-kira 70 % sama, hanya lebih canggih. Doakan ya dik, biar cepet selesai nulisnya.

    Suka

  20. oen_xya Avatar
    oen_xya

    wah,beneran nih pak wir,bku SAP 2000 edisi terbarunya bakal terbitk lagi??

    amin amin amin..
    semoga cepat selesai, karena saya juga ingin beli,hehehe..
    soalnya kemarin saya beli buku SAP, tapi g komplit pak.jadi sambil nunggu bkunya pak wir, sementara saya beli buku SAP yang lain, daripada tidak belajar sama sekali..

    Suka

  21. Mulki Avatar
    Mulki

    pak . . .
    da gak ulasan tenteng kinerja suatu konstruksi gedung
    trima kasih

    Suka

  22. Mulki Avatar
    Mulki

    pak . . .
    da gak ulasan tentang kinerja suatu konstruksi gedung ??
    saya telah mengusulkan skripsi dengan judul : studi komparasi kinerja portal beton bertulang dengan bentuk penampang kolom persegi dan bulat terhadap beban gempa statit. (pake SAP 2000)
    jd saya sangat membbutuhkan bantuan bapak untuk menyelesaikannya
    trima kasih

    Suka

  23. deri Avatar

    Pak berapa ya harga buku itu, aku pesen,,

    Suka

  24. Satria Avatar
    Satria

    Selamat Pagi Pak..,
    Saya baru saja balik dari proyek di pedalamana sulawesi,
    dan sekarang Saya kembali menggeluti dunia “structure Eng”.
    Saya tertinggal dengan kemajuan program SAP2000 sekarang ini,
    mengapa di versi lama terdapat “analyze – set option – dynamic analysis, P-delta dll”
    tapi di SAP 2000 edisi terbaru v.11 ke atas tidak ada menu tersebut ?

    Terima kasih

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      ada koq dik, tetapi caranya agak sedikit berbeda. Maklum opsi-opsinya semakin banyak, yaitu melalui menu Define – Load Cases . Secara default sudah ada “Modal” Load Cases Type untuk meminta analysis dinamik, untuk mengubah parameter tinggal klik “Modify Show Load Cases”. Jika belum ada maka dapat dibuat dengan “Add New Load Cases”.

      Suka

  25. Alva lukas Avatar
    Alva lukas

    pak wir..mau tanya yang dimaksud dengan Incremental Dynamic Analysis ?? ada perumusan matematiknya n klo boleh saya diberitahu literatur yang menunjang pertanyaan saya..makasih pak wir..

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Saya tidak terlalu paham, tetapi kelihatannya om Google punya informasi yang cukup banyak. Ini misalnya. Silahkan dipindai sendiri ya.

      Suka

      1. didi Avatar
        didi

        salam knal pak..saya didi..saya ingin tau batasan dari software sap2000..kira-kira kalau kita ingin melihat kehancuran struktur dijembatan rangka baja..kehancuran apa yang bisa kita tinjau/ lihat di sap2000..

        Suka

      2. wir Avatar
        wir

        kalau analis yang anda pakai adalah elastis-linier, maka tentu saja anda tidak akan mendapatkan perilaku keruntuhannya.

        Suka

  26. ardhy w Avatar
    ardhy w

    Salam kenal pak…
    Saya mau tanya apakah buku “Buku SAP2000 Edisi Baru” sudah gak di cetak lagi…?? karena saya cari di toko buku di semarang (gramedia) sudah tdk ada.
    Terus apakah sudah keluar lagi buku dengan versi yg lebih baru…?
    Kalo pembelian bukulewat situs ini bisa nggak..???

    terima kasih sebelumnya…..

    Suka

  27. efendi Avatar
    efendi

    pak bagaimana mendapatkan buku cara menghitung simpangan pada pilar jembatan. Dan buku tentang simpangan pada pilar lengkap dengan efek tiang pancang dan tanah program sap2000 ver.14

    Suka

  28. Deri Prahman Avatar

    Wa,, aku tertarik untuk membeli bukunyA Ni….

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      sudah terbit pak. ini resensi dari teman-teman, lihat di sini :

      http://wiryanto.wordpress.com/2013/05/14/buku-sap2000-wiryanto-testimoni-dan-cara-pesan/

      hanya saja, buku tersebut baru dijual via online, yaitu di http://lumina-press.com
      yah, sampai saat ini sudah hampir 1 juta eksemplar lancar terjual via internet. Jika tertarik, silahkan ikuti pentunjuk di website tersebut sehingga anda mendapatkan I.D lalu berdasarkan info tentang alamat rumah anda, maka anda akan mendapatkan perincian harga buku + biaya kirim. Silahkan transfer via internet bank atau atm atau bank langsung. Jika sudah confirm ke website itu bahwa anda sudah membaya. Langsung deh, bukunya dikirimkan ke alamat.

      Gampang koq pak.

      Suka

  29. fahmi Avatar
    fahmi

    Pak Wir, bagaimana cara mendesai core lift atau shear wall pada program SAP 2000 v14, dan dibuku bapak yang mana menjelaskan tentang itu

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      belum dibahas dibuku saya pak.

      Suka

  30. Zet Roy Avatar
    Zet Roy

    Pak Wir maaf pak saya baru mau mulai belajar SAP… saya mau mencari nilai tegangan regangan dari struktur balok sederhana dengan tumpuan roll dan sendi. Yang saya mau tanyakan pak bagaimana langkah langkah untuk mengetahui nilai dari tegangan regangan tersebut dari SAP ? mohon petunjuknya pak. Trimaksih sebelumnya pak…

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Jika anda pakai element FRAME, bukan SHELL maka yang keluar hanya gaya atau momen atau lendutan saja. Tegangan dicari secara manual. Langkah-langkahnya ada pada buku saya ke-6 “Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000“.

      Suka

  31. Andi Sanjaya Avatar
    Andi Sanjaya

    Pak ijin bertanya saya mahasiswa yang baru belajar SAP 2000 saya mau menanyakan gimana caranya mendisign ulang struktur yang telah diAnalysis?

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Itu seperti juga proses trial-and-error, dihitung ulang lagi dengan ketentuan yang berlaku. Jika hasilnya sama, berarti tidak ada masalah, jika ada perbedaan maka perlu dicari tahu, mengapa berbeda.

      Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com