Papa, siapakah Gito Rollies itu ?

Jika itu ditanyakan oleh generasi yang seumuran dengan saya, tentulah sangat mengherankan jika sampai tidak tahu “siapa Gito Rollies itu“. Tetapi itu merupakan pertanyaan anakku, yang saat ini masih duduk di SMP. Ternyata di generasinya, nama tersebut asing sehingga menjadi sesuatu yang perlu ditanyakan.

Pertanyaan itu sebenarnya terjadi kemarin, yaitu ketika anakku yang kebetulan tidak masuk sekolah karena sakit, sedang menonton televisi. Kebetulan hari Sabtu, aku juga dirumah melihat acara yang sama, tayangan prosesi pemakaman Gito Rollies sehari sebelumnya. Pada tayangan tersebut juga diceritakan sekelumit tentang kehidupan masa lalunya, selanjut disampaikan juga testimoni teman-teman dekat yang ditinggalkannya.

Menurutku, acara yang ditayangkan televisi tersebut cukup menyentuh, positip. Saya yakin itu akan menjadi hiburan bagi keluarga dan fans yang ditinggalkannya, juga menjadi pencerahan bagi keluarga lain, yang bahkan tidak mengenal sebelumnya. Seperti saya ini. Bagaimana tidak, dari tayangan tersebut, anakku yang masih SMP bisa melihat, bagaimana seseorang yang beberapa puluh tahun yang lalu dikategorikan bengal, dalam kacamata ini adalah seorang pengkonsumsi narkoba, ternyata dapat berubah jika memang Tuhan menghendaki. Bahkan menjadi dai yang berusaha mewartakan firman Tuhan dan memuliakannya, serta memberi pengaruh positip teman atau orang lain di sekitarnya.

Jika mungkin dulu ada yang sinis ketika melihatnya menjadi dai, lalu berujar “ya karena nggak laku lagi sih“. Tetapi dengan melihat bagaimana dia dengan penyakitnya ternyata masih tetap konsisten, tanpa memperlihatkan keinginan untuk dibelas-kasihani, dan tetap tegar serta berusaha tetap berdakwah, maka tentunya itu “luar biasa“. Jika sekedar pelarian, pasti akan terbuka kedoknya.

Istrikupun menimpalinya: “Coba lihat, roman mukanya aja juga berbeda dibanding tahun-tahun mudanya, kelihatan ‘bagaimana’ begitu“. Benar juga, meskipun mengidap sakit kanker kelenjar bening cukup lama, beliau terlihat tegar. Bahkan terlihat pada tayangan tersebut, bagaimana di atas kursi rodapun tetap konsisten dengan sikap yang diambilnya itu, yaitu memanfaatkan waktunya yang semakin pendek untuk tetap bersaksi bahwa carilah dulu kerajaan surga, maka semua yang lain akan ditambahkannya.

Sekelumit tayangan akan kehidupan dan kematian seorang Gito Rollies, serta kesaksian teman-temannya menunjukkan bahwa yang lain tersebut telah Gito dapatkan juga.

Selamat jalan pak, sampai ketemu di surga. Amin.

Aku berkata kepadamu: “Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.”
[Lukas 15:7]

23 tanggapan untuk “papa, siapakah Gito Rollies itu”

  1. ojat Avatar

    Saya lihat juga di tv, wajah beliau terlihat tersenyum.
    Mudah-mudahan beliau khusnul khotimah .. amin 🙂

    Suka

  2. bank al Avatar

    Setuju Pak. Jika hanya sekedar pelarian, tentu juga tidak mudah untuk tetap tersenyum ketika meninggal (ditayangkan juga di TV wajahnya yg masih tersenyum walaupun sudah tidak bernyawa).

    Selamat jalan Pak Gito.

    Suka

  3. realylife Avatar

    setuju banget pak
    Segala yang keluar dari hati lebih tulus dan murni
    percayalah

    Suka

  4. Landy Avatar

    mas Gitto yang saya kenal orangnya sangat baik, susah kalau di ceritain hanya dalam bentuk tulisan bahkan saya tidak sanggup untuk menulis secara keseluruhan di blog saya.

    Suka

  5. dadan Avatar

    setuju pak

    wajah almarhum di akhir hayat benar-benar ‘bening’

    Suka

  6. wir Avatar
    wir

    to Landy
    Sarana menceritakan paling baik adalah dengan menuliskannya, Tuhan saja memilih hal tersebut yaitu dengan kitab suci. Jadi mas Landy jika mendapatkan pengalaman yang mencerahkan perlu untuk menuliskannya agar orang lain terpengaruh.

    Ingat manusia adalah apa yang dipikirkannya. Jadi dengan mengubah pikiran seseorang kita bisa merubah dunia. Perubahan yang positip itu disebut sebagai pencerahan. Mas Gito dalam hal tersebut tentunya telah mengalami pencerahan.

    Sarana mengubah pikiran yang paling utama adalah dengan tulisan (membaca/menulis), selanjutnya dengan mendengar (dialog pribadi atau kothbah) dan terakhir yang lebih sedikit jumlah adalah dengan melihat, itu pun jika pikirannya peka terhadap apa-apa disekelilingnya yang terjadi.

    Dengan alasan itu pulalah maka di Indonesia dulu menganggap bahwa yang disebut agama adalah yang mempunyai kitab suci, yang diyakini sebagai firman Allah.

    Jadi sekali lagi, kemampuan menuliskan hal-hal baik yang ditemui atau bahkan dikerjakan adalah sesuatu yang ideal.

    Suka

  7. […] berita yg mungkin terkait : papa, siapakah Gito Rollies itu […]

    Suka

  8. ekoindri Avatar

    Saya salut dengan hamba-hamba Allah yang mau taubat, semoga ini memberikan masukan buat saya pribadi sebelum buat orang lain. Bahwasanya kita hidup ini dalam waktu yang singkat, jika saya andaikan waktu 10 tahun itu adalah sama dengan waktu satu hari, maka manusia sekarang ini rata-rata tidak lebih dari 10 hari.

    Semoga dengan petunjuk dan kesaksian yang ada bisa memberikan wacana berupa fakta agar bangsa ini bisa lepas dari segala macam bencana.

    Hidup sudahlah pasti, matipun tak juga beda… sehingga mari kita bercermin dengan dosa-dosa kita agar kita bisa terhindar dari api neraka. Amin…

    Suka

  9. pelbis Avatar

    Benar Pak…

    Selamat Jalan Gito Rollies.. semoga amal ibadahmu diterima disisinya .. Amin

    Suka

  10. herrygps Avatar

    SEMOGA KITA SAMA2 MENGERTI ARTI HIPUP KITA SEBELUM MELIHAT SURGA

    Suka

  11. abiehakim Avatar

    Hanya orang2 yang ikhlas yang bisa menutup hidupnya seperti itu…selamat jalan bang Gito.

    Suka

  12. Santanu Avatar
    Santanu

    Kita yang besar di Tahun ’80an tentu mengenal P Gito. Saya pikir Beliau orang yang berbahagia, di beri hidayah ( tidak semua orang bisa menerima atau memahaminya). Kita doakan semoga dosa beliau diampunkan dan amal ibadahnya diterima. Amin

    Suka

  13. BLOGIE Avatar

    selamat jalan Mas Gito…
    nama baikmu akan selalu dikenang…

    Suka

  14. nexlaip Avatar
    nexlaip

    semoga sang penulis ini, mendapatkan perhatian dari Allah pencipta langit dan bumi, yang menggenggam seluruh jiwa dan mendapatkan selalu petunjuk dan cahayaNya agar masuk dengan tegar tak tergoyahkan kedalam jalur yang lurus dan senantiasa menebarkan kebaikan.

    Wir’s responds : AMIN . . .

    Suka

  15. puellaz Avatar
    puellaz

    Karakter suaranya nggak ada yang bisa nyamain, khas. Selamat jalan, Mas Gito.

    Suka

  16. qizinklaziva Avatar
    qizinklaziva

    Suaranya yang serak, OK banget!
    Ketegarannya menjalani sakit, OK juga!
    Istiqomahnya berdakwah, ini lebih OK lagi!

    Suka

  17. vyedey Avatar

    semoga kita semua di kumpulkan bersama orang – orang yang sholeh dan yang di cintai oleh allah SWT

    Suka

  18. dyhary Avatar

    Rabbighfirli H Bangun Sugito.

    Suka

  19. achoey Avatar

    Sebuah akhir yang baik
    Yang dirindukan
    Generasi beriman

    Suka

  20. aBDILLAH Avatar
    aBDILLAH

    Ask, penulis muslim or not,
    kok dibawahnya ada ( Lucas 15:7 ) ?????????????????????

    Suka

  21. daeng limpo Avatar
    daeng limpo

    @Abdillah
    saya muslim pak, kok itu yang ditanyain?

    Suka

  22. yosafat Avatar
    yosafat

    iya nih. semua merasa kehilangan.

    dulu jaman aku masih SD (awal taun 90-an begitu), hampir tiap hari aku nyetel kasetnya Gito Rollies, yg lagunya antara lain Kartika. Kasetnya pemberian kakakku. Wah idola banget waktu itu. (tempo hari lagu itu beberapa kali diputar lagi di radio-radio lokal di kota saya berada sekarang.

    pokoke dulu Gito Rollies dan GODBLESS top.

    Suka

  23. Abu Saqila Avatar

    Kesungguhan almarhum saya lihat sendiri ketika bersama beliau khuruj di padangpanjang sumbar.

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com