Publikasi tentang “kandungan bakteri enterobacter sakazakii pada susu formula di negeri ini”, hasil penelitian rekan-rekan IPB ternyata membuat heboh, tidak hanya di wordpress (dunia maya), tetapi juga di berita-berita koran harian atau news on-line (dunia real).

Seperti yang dikutip Metro TV on line, Rektor IPB, Dr. Herry Suhardiyanto menyatakan dengan tegas bahwa :

Tim Institut Pertanian Bogor yang diketuai Dr. Sri Estuningsih, sejak 2003 hingga 2006, menemukan bahwa ada 22,73% susu formula dari 22 sampel dan 40% dari 15 sampel makanan bayi produk dalam negeri yang dipasarkan antara April hingga Juni 2006 terkontaminasi entrobacter sakazakii. Bakteri ini masuk kategori berbahaya karena bisa menyerang selaput otak.

Bahwa penelitian tersebut tak perlu diragukan dan sudah dilaporkan ke Departemen Pertanian, Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sebagai suatu negara yang melihat bahwa penelitian masih dianggap sesuatu yang jarang, dan hanya umum di wacana pendidikan, tentu hal ini cukup menarik. Apakah ini yang disebut dengan link-and-match antara dunia pendidikan dan dunia nyata ?

Tetapi adalah juga fakta, bahwa pernyataan “tak perlu diragukan” yang dikeluarkan oleh pimpinan IPB menghasilkan dampak yang cukup hebat, yaitu keresahan masyarakat. Bahkan diberitakan sudah ada beberapa ibu-ibu yang terpengaruh sampai mengganti susu formula bayi dengan air tajin. Oleh karena itu adalah penting untuk dibahas, masalah tersebut.

Saya yakin yang membuat heboh adalah pernyataan kuantitas bahwa ada 22.73% susu formula tercemar bakteri dan juga ada 40% makanan bayi. Jika itu dikaitkan dengan jumlah sampel yang diuji oleh team IPB adalah tepat sekali, tetapi jika itu dijadikan generalisasi bahwa nilai itu adalah prosentasi susu formula yang beredar di masyarakat, wah ini yang perlu diluruskan. Jika demikian berarti itu penghakiman kepada produsen susu, sehingga diharuskan untuk ditarik dari peredaran. Ini khan jelas konyol saja. Emosi.

Belum ada pernyataan bahwa sampel yang diuji oleh IPB adalah representatif umum dari susu formula yang beredar di pasaran terbuka. Mestinya ini yang perlu ditindak-lanjuti oleh pemerintah.

Karena penelitian itu juga telah lama terjadi maka ada baiknya juga diteliti kemungkinan dampak yang terjadi selama kurun waktu tersebut dengan adanya bakteri tersebut terhadap bayi-bayi yang telah minum susu formula. Jika ada kasus terkait dengan bakteri tersebut, berapa prosen populasinya.

Mengapa tidak bisa langsung hantam kromo, diumumkan brand-brand yang mengandung bakteri tersebut. Ya jelas semua khan ada prosedurnya, apakah sebelumnya sudah ada spesifikasi yang ditetapkan oleh dirjen POM, bahwa bakteri itu tidak boleh ada, atau itu merupakan fakta baru, yang baru dikenal di kalangan akademisi aja. Jika ternyata sudah ada ketentuan oleh POM dan ternyata produk yang mengandung bakteri tersebut masih ada, khan jelas tinggal ditanyakan ke produsen bagaimana Quality Control masing-masing produknya gimana. Jika itu memang kesalahan mereka maka saya yakin produk yang nggak benar tersebut akan ditarik dari peredaran, karena kalau nggak maka reputasi mereka yang menjadi taruhannya.

Hal-hal ini lebih penting daripada sekedar mengerahkan orang sekampung untuk ramai-ramai memprotes menkes yang kebetulan tidak terpengaruh oleh pemberitaan tersebut. Bayangin gimana kalau produsen susu didemo begitu, bahkan sampai bangkrut dan tidak ada susu formula yang beredar di pasaran, dan akhirnya semua ibu-ibu muda terpaksa menggantinya dengan air tajin. Maka dampaknya parah yang mana ?

Artikel acuan :

11 tanggapan untuk “bakteri Sakazakii, penelitian atau publikasinya yang bikin heboh”

  1. ardietna Avatar
    ardietna

    UUD ujung-ujungnya duit khan mas?
    jangan2 sertifikasi bebas virus ini bakal dijual, dan bisa jadi melibatkan IPB dan juga badan POM

    Sudah selayaknya media -media itu menyiarkan berita yang komprehensif.

    Sudah waktunya media mandiri dan tidak terbawa oleh hal yang bisa meresahkan masyarakat. Kalo sudah begini, istri saya juga repot milih susu. 😛

    Sementara ASInya nggak keluar.. karena diakuisisi bapaknya hahahahaha

    IMHO..solusinya selidiki dulu, semua pihak harus turun tangan. ini pasti ditunggangi..ada tendensi dan konspirasi tingkat tinggi yang bermain disana.

    Salam

    ardi

    Suka

  2. Santanu Avatar
    Santanu

    Wah P Wir, harus menulis tentang statistik. Bahwa sample dari kumpulan data, baru dapat dipakai untuk suatu analisa statistik jika …….

    Kalau sample cuma segitu kemudian dianggap semua produk rusak, ya ……………gak benar.

    Sama seperti waktu banjir besar Jakarta kemarin, dibilang Banjir Lima tahunan, karena kebetulan pas lima tahun ke banjiran lagi, bukankah menurut statistik Periode Ulang itu suatu probabilitas?. Jadi yang gak belajar siapa?

    Suka

  3. isnan chodri Avatar

    pak wir … keluarga saya juga pengkonsumsi susu … dan emang jenis pemberitaan seperti ini simpang siur sekali. ah jadi males kuadrat nonton tipi

    Suka

  4. satya sembiring Avatar

    susah pak. banyak banget lika likunya.

    Suka

  5. harisanto Avatar
    harisanto

    Jadi, berapa duit yang disetor dari bulan pertama ampe sekarang? :lol

    Suka

  6. hilda alexander Avatar
    hilda alexander

    Yang patut dipertanyakan adalah aksi pemerintah….terkesan reaktif sekali. Seharusnya kan hasil penelitian itu ditindak lanjuti. Untuk produsen susu, ambil positifnya saja deh jangan langsung bereaksi negatif dengan mengatakan hasil penelitian gak valid-lah, penelitinya gak kapabel-lah, de el el. Kenapa gak diperbaiki manajemen mutunya, atau dalam perusahaan2 kan ada SOP-nya, ada QC-nya, kenapa gak disempurnakan?

    Saya mengonsumsi susu sapi murni (sampai saat ini saya ndak tahu apakah betul-betul murni atau sudah terkontaminasi air tepung kanji or tidak), nah apakah Depkes atau POM telah memeriksa validitas standar baku mutu terhadap produsen2 susu murni seperti ini?

    Suka

  7. realylife Avatar

    ya , kayaknya kita musti belajar pintar menyikapi sesuatu , ngga langsung nelan mentah – mentah dan mengambil langkah yang salah
    itu saja

    Suka

  8. phuongnana Avatar

    This post is very hoting, and this blog is high ranked in
    the top blogs report
    . You can
    earn some money with a good blog
    like this.

    Suka

  9. penggemar susu Avatar
    penggemar susu

    ga valid? IPB gitu loh
    pemegang modal soalnya…kayak ga tau aja, udah lupa soal century, suap BI, KPK, gayus, dll dll

    Suka

  10. Harixx Avatar
    Harixx

    coba lhat sampelnya 22 buah dari 100. tapi itukan hasil, tidak dijelaskan metode nya, uji statistiknya, test yang digunakan. OK lah valid, tetapi besaran masalahnya seperti apa ?. Kalau ada 10 bayi dari 100 menderita mencret, dengan fatality 40% – itu baru masalah besar. Tapi kalau ada 1 kasus konfirm positif dari 5.000.000 bayi yang mengkonsumi susu formula, bagaimana ?. Apakah semua susu harus ditarik, berapa besar biayanya, berapa tenaga kerja di industri susu yang hilang produktifitasnya. Memang masyarakat kita udah sakit.

    Suka

  11. LIPI: Tak Semua Hasil Penelitian Harus Diungkap | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Bayangkan saja, tentang tercemarnya susu tadi saya telah menuliskannya di blog ini, di sini. Tetapi ternyata sampai sekarang masih saja ada polemik di berita-berita  yang […]

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com