Jumlah pemakai WordPress di Indonesia ini berapa ya ? Puluhan, ratusan atau bahkan sudah ribuan ? Mestinya sudah ribuan ya, buktinya Matt sudah bikin menu berbahasa Indonesia, kalau hanya melayani puluhan khan nggak asik, ngapain.

Bagi pemilik atau pencinta wordpress tentunya sangat familiar dengan fasilitas yang disediakan oleh wordpress untuk melihat topik terkini dari pemakainya

Top Posts The most popular WordPress.com posts are ranked here according to a special formula. Bahasa Indonesia

Iya khan, bahkan saya lihat banyak cara atau strategi digunakan agar artikelnya nampang disana. Kadang-kadang lucu juga, ketika lihat judulnya wah kayaknya jadi pengin tahu, tetapi waktu dibuka, lho koq gitu isinya. Males dibacanya.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan suatu artikel masuk di daftar tersebut. Wah banyak analisis yang aku baca, kelihatannya yang pertama-tama adalah judul-judul yang sensasi, juga jika ada kaitannya dengan kata-kata gratis dll-nya.

Pertama-tama memang setuju dengan alasan tersebut, tetapi ketika saya perhatikan, ketika lama tidak memberikan link ebook gratis ternyata masih aja sering nongol didaftar tersebut. Kalau nggak percaya, anda khan sering lihat avatar berikut khan.

 

Kenapa ya avatar-avatar seperti itu sering nangkring ?

**Ini up-dated sehari setelahnya **

Eh ternyata masih nangkring lagi, urutannya naik sih. Tapi itu apa emang ada pengaruhnya atau hanya bersifat sembarang (acak). Avatarnya ada lagi.

Bahkan topik tulisan inipun juga muncul di halaman depan wordpress berbahasa Indonesia. Wah pada bosen nih. 😛

Eh ngulik lagi, ternyata di hari yang sama avatar yang sama muncul lagi, tapi artikelnya beda. Apa nggak capek itu WordPress mengevaluasi terus. 🙂

By the way, terima kasih ya mau mampir. Moga-moga jangan ada kesan terkecoh dengan tulisan-tulisan yang aku buat. Kayaknya aku belum pernah mengorbankan judul (ngambil sembarang kata biar mendapat hit banyak) tetapi tidak terkait dengan tema tulisan di dalamnya. Aku selalu konsisten judul adalah representasi isi.

Semoga. 😛

**up-dated 16 March 08**

eh masih juga 🙂

**up-dated 27 Maret 2008**

meskipun udah ditinggal lama untuk liburan ke Jogja, lalu nyoba nulis lagi, eh ternyata nangkring lagi. Mungkin itu kayak udah dapet kaplingan gitu ya.

7 tanggapan untuk “selalu nangkring !”

  1. gRy Avatar

    karena wordpress ngira mereka seleb…hehehe

    Suka

  2. edratna Avatar

    Kayaknya didasarkan oleh banyaknya yang meng klik pak…soalnya kalau lama nggak nulis juga akan hilang dari top post….

    (tapi maaf baru perkiraan, karena tak tahu analisis nya apa)

    Suka

  3. Landy Avatar

    Gak ngerti karena hampir semua tulisan saya juga selalu masuk 100 besar bahkan pernah 3 besar untuk top post dan no 1 di Blog WordPress.com Yang Tumbuh Cepat.

    Yang jadi permasalahan bagaimana WP menilainya sama tulisan-tulisan ku selalu masuk 100 besar, ada yang bisa bantu ???

    Suka

  4. nizaminz Avatar

    Sepertinya berdasarkan jumlah klik per jam. Meski baru 20 klik misalnya, tapi dilakukan dalam 1 jam itu sudah cukup untuk muncul di 100 besar top post.

    Ini bisa lebih tinggi ketimbang 40 klik tapi dalam 10 jam.

    Suka

  5. deteksi Avatar

    pak wir memang luar biasa!

    Suka

  6. triyani Avatar

    saya jg ga ngerti apa ukurannya masuk ke BOTD. heran jg sih sering liat blog saya masuk di list 100 besar.. Mudah2an jg bukan krn saya mengecoh pengunjung

    Suka

  7. satya sembiring Avatar

    Ada beberapa hal yang membuat mutu blog tetap terjaga, yaitu konsisten dengan tema . Saya melihat blog pak Wir memang masih dalam jalur dan sebenarnya setiap orang juga mempunyai hak dalam menulis apa saja yang hendak di tulis dalam blognya.

    Saya sudah dua kali ini menulis sendirian kepada bloger terhadap berita yang cenderung tidak konsisten.
    1. tentang berita susu, eh malah di no 1 top post dua hari dan di top blog posisi 2 selama 5 hari.
    2. tentang foto porno juga masuk di 10 besar.

    Ada yang tau kalo yang saya tulis sendirian ada juga yang merasa itu berita benar.

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com