Judul di atas adalah benar, tidak menipu ! Ada beberapa foto yang mendukungnya, tapi ingat ini blog-nya engineer, sehingga foto-foto yang didukung oleh kata-kata di atas adalah dari kaca mata engineer. Jadi bukan salah saya, jika anda menemukan bahwa ternyata tidak seperti yang anda duga. 

Apakah anda ingin tahu interprestasi engineer terhadap judul di atas ?

Burj Dubai adalah nama proyek gedung yang direncanakan akan tertinggi di dunia yang sekarang ini sedang di bangun di Dubai. 

Gambar di atas adalah imajinasi artis bilamana Burj Dubai telah selesai berdiri, yang diperkirakan setelah era tahun 2009. Sangat megah bukan.

Tampilan pada gambar artis tersebut tentulah kondisi final, dimana struktur bangunan gedung telah ditutup oleh skin penutup sehingga tidak terlihat jelas, apakah terdiri dari struktur baja atau struktur beton, dan bagaimana konfigurasinya.

Meskipun bukan termasuk daerah gempa, tapi dengan ketinggian seperti itu, yaitu 629 m (2,064 ft), dengan total sebanyak 164 lantai lengkap tentulah diperlukan ketahanan lateral yang mencukupi, minimal terhadap angin yang mestinya didaerah gurun cukup kencang (benar nggak sih ?).

Jika gambar di atas saya ambil dari internet di sini. Tetapi gambar disamping adalah asli dari foto, yang mungkin belum ada di internet kecuali di blog ini. (** wah mulai narsis nih**).

Tentu saja bukan aku sendiri yang kesana, tetapi adalah dari Richard mahasiswaku (sekarang sih sudah alumni) yang sudah hampir setahun ini kerja di sana, dimana saat sekarang ini sedang pulang untuk ikut wisuda, sekaligus mau mengajak rekan alumni UPH lain yang menemaninya di sana. Wah ini yang disebut mendapat pekerjaan dari perkoncoan, baik nggak sih. 😛

Ada banyak foto-foto Richard yang diberikan ke saya, yaitu sekitar 420 MB tentang situasi di jazirah Arab tepatnya di Dubai tersebut. Tapi nggak semua aku up-load. Pengalaman menunjukkan bahwa kalau hanya sekedar di up-load tanpa diberi komentar, maka ya nggak menarik. Lebih baik sedikit tetapi ada latar belakang ceritanya. Itu akan lebih menarik. Iya khan.

Mana pak yang selagi telanjang ?

Waduh kamu ini mengingatkan terus, emangnya yang telanjang itu menarik ?

Ya tergantung pak, kalau dari kaca mata bapak, jadi seperti apa sih yang akan ditampilkan ?

Jadi tergantung sumbernya ya. Memang sih, kata telanjang sudah mempunyai konotasi tertentu, coba aja di googling, bisa dapat apa dengan kata tersebut. Tetapi bagiku tentu kata tersebut masih bisa diaplikasikan untuk menunjukkan suatu fakta rekayasa yang memang seperti itu keadaannya.

Misalnya seperti ini, yang merupakan tampak Burj Dubai dari atas. Kelihatan khan, struktur-strukturnya, masih telanjang lho.

Itu gambar Burj Dubai pada ketinggian 2070 feet, sudah lebih tinggi dari rencana. Untuk mendapatkan gambar seperti itu tentunya tidak mudah, hanya yang mempunyai keberanian yang bisa mendapatkannya, jadi sangat istimewa sekali.


Ini saya zoom, bandingkan pekerja yang duduk dengan bangunan bertingkat di sebelah kanan yang kelihatan jauh dibawahnya. Kayak di luar angkasa ya.


Yang ini sengaja saya zoom lagi, untuk memperlihatkan kondisi pekerja di ketinggian tersebut. Mungkin bagi para pembaca peminat K3 (yang kelihatannya cukup banyak) maka gambar ini pasti menarik. Ini mah bukan hanya keberanian tetapi juga pengetahuan tentang K3 jika masih ingin ketemu dengan keluarganya lagi. ini mungkin golongan pekerja yang termasuk dalam high-risk-high-payment. 😀

Saya nggak tahu apakah itu sudah ada di internet atau belum. Yang jelas itu adalah hasil kontribusi kenalanku yang jadi structural engineer profesional di negerinya paman SAM. Lho koq jauh sekali dari Dubai tempatnya di foto. Memang aneh manusia ini.

Trims ya Okie, sukses selalu kamunya disana, sering-seringlah bagi pengalaman untuk teman-temanmu di Indonesia. Via aku juga nggak apa-apa, sekarang tugasku khan nggak ngitung lagi kayak dulu, sekarang sudah waktunya bagi-bagi pengetahuan ke yang lain. Menjadi berkat begitu lho katanya. 😛

Tulisan terkait lain yang cukup menarik untuk dibaca :

66 tanggapan untuk “Burj Dubai selagi telanjang”

  1. Luky hariadi Avatar
    Luky hariadi

    wah pak keren ya bangunan ini..boleh saya gunain bwt tgs artikel saya dong..hehe

    Suka

  2. adeck Avatar

    Wah..wah…g kebayang kl gawe dilantai plg atas,bs ketiduran tuh kayaknya di lift.Kudu bawa bekal nasi g ya?Apalagi kalo lift-ya macet,mantaaapp…
    Tapi emang keren.Baru liat fotonya aja udah merinding,dari ga phobia jadi phobia deh!

    Suka

  3. fajrin Avatar

    Numpang lewat pak, mau sharing foto2 konstruksi Burj Dubai mulai dari tahap awal 2005 sampe sekarang 2009 , sebanyak 110 foto. Bagi yang tertarik, silahkan diunduh. Ini dapat dari e-mail masuk di milis yahoogroups.

    http://www.ziddu.com/download/3378597/BurjzDubai.zip.html

    Suka

  4. DILL RAAJ SINGH Avatar
    DILL RAAJ SINGH

    Waduh keren banget ni bangunan Pak….

    kagum sekali saya dengan kota Dubai…. setahu saya kota ini akan menjadi pusat bangunan-bangunan yang tidak dapat diterima oleh logika struktur, karena akan terus dibangun bangunan-bangunan dengan struktur yang cukup bahkan sangat rumit….

    whuuuuuuhhhhhhhhh……

    Suka

  5. paman tyo Avatar

    sungguh katro, saya ngeri kalau ada bangunan menara yang terlalu tinggi. 🙂

    Suka

  6. lidon Avatar
    lidon

    Keren bangaet.. mari kita bersama sama mulai hari ini u
    kita mulai dari yang kecil aja dulu .. biar itu terjadi di negara tercita ini …

    Suka

  7. lianto Avatar
    lianto

    Pak Wir… kra2 jenis pondasi apa yg diterapkan pd burj dubai ya? brp besar? di test ga ya.. hehehe. brp beban kerja dan benan test nya… thanks..

    Suka

  8. yusman Avatar

    apa pihak pengawasnya juga ikut naek ke atas klo mau nge-chek besi tulangan apa udah bener ato blm?? hehe

    Suka

  9. Dido Irawan Avatar

    Oh my God…Tinggi bgt……Pengen dweh ke sana…Tapi cuman mau liat deket aja..getu…

    Suka

  10. abu faqih Avatar
    abu faqih

    kalo bisa lebih tinggi lagi…..

    Suka

  11. redha angelina Avatar
    redha angelina

    wew. ini yang namanya mega proyek, kira kira bayaran pekerjanya berapa ya? proyek selesai pasti beli Mobil nih pekerjanya, kalo kita paling beli cendol selesai proyek heheheh

    http://validhyip.net

    Suka

  12. mahendrA Avatar
    mahendrA

    GLI…………..
    TNGGI BGT………….
    MAS, KLW BGUN GDUNG KYA GTU G GEMETERAN KAH……………
    🙂

    Suka

  13. deta Avatar
    deta

    Keren, sayang banget profil scaffoldingnya kurang jelas, saya tetarik dengan rancah bangun scaffolding.
    Buat P. Badaruddin, mungkin kita bisa sedkit sharing mengenai scaffolding, bisanya dipakai jenis material (tube-nya) BS material, cuma tipe fittingnya kurang terlihat jelas, mungkin jenis lock, bukan menggunakan coupler/clamp.
    ada plus minusnya, dan tergantung juga dengan kebiasaan pemakaian.
    di beberapa tempat di indonesia telah menggunakan material tube JIS, karena lebih ringan sesuai dengan postur scaffolder indonesia tetapi tidak mengurangi kekuatannya/faktor safety-nya. dan bergantung pada scaffolding standard yd digunakan pada proyek tsb

    Suka

  14. Joko Siahaan Avatar

    Pak, ulas sedikit dong mengenai Sistem strukturnya. Kalau di SNI 2847-2002 digolongkan kemanas sih sistem strukturnya? Apa dinding struktural khusus, sistem ganda? Kalau SRPMK ga mungkin. Soalnya yang saya perhatikan, Strukturnya memiliki dinding geser.

    “Ajari Kami Guru!”

    Suka

  15. bambang Avatar
    bambang

    mas Wir , tanya dong tentang dubai city , jalan yang paling terkenal disana apa ya ? Dan , daerah turis bacpacker ada dimana ya ? thank

    Suka

  16. khadlori abdul kadir Avatar

    bisa ngliat dari bawahnya gedung aja dah mrinding kali! Subhanallah, bayanganky naik lanti paling atas nengok via jendela ketiup angin terbang, kira2 jatuh terus naik syurga atau neraka ya?

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com