Judul artikel di atas rasanya cukup jelas, yaitu akan ada proses penulisan buku tentang jembatan-jembatan di Indonesia.

Bagi orang awam, maka jelas itu merupakan suatu proyek yang ambisius. Mungkin masih saja ada yang sinis dengan rencana tersebut, tetapi sebagai orang yang banyak berkecipung dalam hal-hal yang idealis (dosen sih khan gitu), maka rasanya tidak ada yang aneh dengan ide di atas. Apalagi sejak 2003 telah bergabung dengan grup penulis Elexmedia Komputindo, dimana produktivitasnya dalam tulis-menulis tidak kalah seru dengan lulusan sastra, bahkan mungkin bisa bersaing. Jadi jika hari ini masih berupa ide, maka bisa saja tahun depan, atau tahun berikutnya akan sudah terwujud, sebagaimana buku-buku saya yang lain, yang kalau tidak salah sudah habis terjual di toko-toko buku Gramedia yang ada di Jakarta ini.

Sebagai seorang engineer yang hobby membaca, maka tentu saja jika ada buku-buku jembatan berbahasa Indonesia yang ditemui, maka tentu akan dibaca dengan baik. Selama lebih dari 20 tahun menggeluti dunia rekayasa, rasanya belum pernah menjumpai buku berbahasa Indonesia yang mempunyai bobot seperti buku DJEMBATAN karangan Soemargono, yang sebenarnya hanya merupakan saduran dari naskah Ir. Struyk. Menurut pendapat saya pribadi, buku tersebut merupakan buku jembatan berbahasa Indonesia yang paling komprehensif dan bahkan dicetak paling banyak dibanding buku-buku tentang jembatan karangan penulis yang lain. Bahkan sampai sekarangpun masih dapat dengan mudah ditemui di toko-toko buku. Saya mempunyai koleksi versi aslinya, yang masih dicetak dengan sampul karton berlapis kain linen. Mewah sekali buku tersebut, dan sampai sekarang masih saja up-to-dated untuk dibaca. Bayangkan itu dicetak tahun 1953, atau sudah lebih dari 50 tahun lamanya.

Pengalaman mengikuti presentasi seminar bapak Harry Vaza, Sabtu tanggal 13 Desember 2008 kemarin, ternyata membukakan suatu wawasan baru. Informasi tentang pembangunan jembatan di Indonesia ternyata sangat luas dan beragam. Jika itu dapat didokumentasikan dengan baik, dalam suatu buku yang dapat dengan mudah diakses (di perpustakaan atau toko buku) maka tentu masyarakat Indonesia akan senang sekali. Bisa-bisa itu menumbuhkan kecintaan pemuda-pemudi untuk berkarya menjadi ahli jembatan, yang menurut pendapat bapak Herry Vaza sekarang sudah cukup jarang ditemui.

Melihat begitu beragam dan luas jangkuan pelaksanaan pembangunan konstruksi jembatan itu sendiri, maka jelas hanya mengandalkan diri pribadi adalah suatu pekerjaan yang muskil, kalau tidak mau dikatakan sangat susah. Oleh karena itu, untuk mewujudukan idealisme diatas, yaitu menulis buku jembatan indonesia maka diperlukan bantuan-bantuan dari semua pihak, khususnya pembaca blog ini.

Benar ! Saya dalam proyek penulisan ini akan mencoba melibatkan anda-anda sebagai nara sumber. Jadi bagi engineer, kontraktor, owner atau bahkan penduduk pemakai jembatan, yang ingin agar informasi tentang jembatan kesayangan anda dapat masuk dalam buku tersebut maka bantuan anda sangat kami tunggu.

Informasi tentang jembatan yang dapat diberikan tentu saja bervariasi, tergantung sejauh mana keterlibatan anda dalam proyek pembangunan jembatan tersebut. Jika anda engineer, yang terlibat mulai dari perencanaan sampai erection maka informasi tentang falsafah perencanaan jembatan mungkin dapat juga diberikan. Jika itu ide seseorang yang cukup orisinil, maka jelas pengungkapan di buku tersebut dapat dikenal luas, dan itu bisa saja menjadi rujukan orang-orang lain. Jika anda awam, tetapi merasa bahwa jembatan di daerahnya cukup menjanjikan untuk dikenal luas maka anda bisa membantu dengan memberi foto jembatan tersebut dan memberi informasi-informasi yang menarik tentang jembatan tersebut, dan banyak lagi.

Untuk memberi gambaran tentang macam apa buku yang akan ditulis tersebut, maka saya mencoba menunjukkan satu chapter buku jembatan yang berbicara tentang jembatan di eropa, judulnya

Muller, J.M. “Design Practice in Europe.
Bridge Engineering Handbook.
Ed. Wai-Fah Chen and Lian Duan
Boca Raton: CRC Press, 2000

Ini chapter karangan Muller, down-load 3.3 Mb (44 halaman).

Meskipun bantuan dari anda saya tunggu-tunggu, tetapi saya tidak menjanjikan bahwa setiap data yang masuk pasti dapat ikut dipublikasikan. Karena bagaimanapun data tersebut perlu dipilih agar buku yang diterbitkan akan merepresentasikan state 0f the art jembatan Indonesia. Oleh karena itu, mohon data yang diberikan adalah yang terbaik menurut versi anda. Jika ternyata nanti data tersebut dapat ditampilkan, maka itu merepresentasikan kualitas anda. O ya, sumber data pasti akan disebutkan di publikasi tersebut. Oleh karena itu jangan lupa untuk memberi label yang jelas.

Win-win solution. 😉 Begitukan !

Untuk mengoleksi data-data tentang jembatan indonesia, maka dipersilahkan untuk mengirimkannya pada alamat berikut yang memang dikhususkan untuk itu, yaitu :


jembatan(dot)indonesia(at)yahoo(dot)com

Partisipasi anda, saya tunggu. Thanks !

17 tanggapan untuk “penulisan buku – jembatan Indonesia”

  1. preaxz Avatar

    wahhh .. saya tunggu …
    saya paling suka buku buku macam itu

    Suka

  2. Gancang Larosa Avatar
    Gancang Larosa

    Pak,jembatan.indonesia@yahoo.com apa hanya bapak saja yg bisa akses???

    Enak donk Pak… Kita dikasih tau juga lah, apa2 saja yang sudah bapak terima…

    Suka

  3. adin Avatar
    adin

    wah ada ide bagus lagi nih…..menulis buku tentang jembatan….saya teringat waktu menyusun skripsi tentang jembatan susahnya minta ampun nyari refrensi tentang jembatan……, klau boleh memberikan masukan sebaiknya bukunya tidak hanya melulu menjelaskan jenis-jenis jembatan aja, unsur engineering diperkuat aja agar tidak bersifat seperti seperti novel. untuk sekedar informasi aja jembatan petruk di wonosari jogja kayaknya cocok untuk dipublikasikan secara engineering “jembatan lengkung beton” klau nda salah yang desain dosen UII jogja

    Suka

  4. Andreas Triwiyono Avatar

    Saya sangat mendukung ide penulisan buku ttg Jembatan Indonesia, usul: dalam penulisan buku dimuat kegagalan konstruksi (masih dalam tahap konstruksi), evaluasi dan rehabilitasi (dalam masa pemakaian atau hampir habis masa pakai). Saya mempunyai beberapa pengalaman evaluasi bangunan bawah dan atas, kalau dibutuhkan dengan senang saya akan sampaikan.

    Suka

  5. wir Avatar
    wir

    @preaxz
    Doakan ya, bagaimanapun ini cita-cita idealis, perlu banyak dukungan moril dari teman-teman, apalagi materiil (data jembatan itu lho).

    @Gancang Larosa
    Adapun data yang saya terima, merupakan bentuk kepercayaan dari si pemberi untuk saya olah. Kecuali si pemberi memberikan mandat tersebut, maka tentu perlu saya keep terlebih dahulu. Kepercayaan itu khan perlu dijaga, iya khan.

    @Adin
    Jika anda sudah punya data jembatan di Indonesia khususnya, dan cukup menarik untuk dipublikasikan maka silahkan berbagi. Eh siapa tahu bisa dipublikasikan secara nasional atau bahkan internasional.

    @Andreas Triwiyono
    Terima kasih sekali dapat dukungannya . Pengalaman Bapak selaku pakar konstruksi dari UGM tentu akan sangat berguna dalam penulisan buku tersebut. Selanjutnya saya akan menghubungi Bapak secara personal. Terima kasih banyak mas Andreas. Salam.

    Suka

  6. heztyra Avatar

    mau berbagi mengenai sap 2000 disini pak wir
    http://griyatawang.com

    Suka

  7. erie Avatar
    erie

    Salam Sejahtera Pak Wir.

    Saya udah jadi silent reader blog ini sejak tahun 2005. Luar biasa perkembangannya Pak ya, saya
    jadi banyak menimba ilmu disini.

    Saya cuman mau share, buat rekan-rekan yang memerlukan BMS ’92 serta Pedoman Teknis lainnya, dapat didownload disini :

    http://www.pu.go.id/Ditjen_Prasarana%20Wil/nspm.asp?nspm=bms

    Lengkap semuanya tentang BMS dll.

    Semoga dapat bermanfaat buat kita semua.
    Trim’s banyak buat Pak Wir dan rekan-rekan yang dengan setia membagi ilmunya buat kami.

    Semoga Teknik Sipil di Indonesia semakin maju.

    Suka

  8. suramadu dan mahasiswaku « The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] penulisan buku – jembatan Indonesia – 23 Desember 2008 […]

    Suka

  9. ating yahja Avatar

    mungkin rencana pembuatan jembatan jawa-sumatera juga bisa dimasukkan ke dalam buku ini, kalau nggak salah konstruksi gantung rencana pak wiratman. kalau saya sih memikirkan sebuah jembatan yang bentangannya terdiri dari perahu-perahu yang disambung satu sama lain sepanjang jawa-sumatera.

    Suka

  10. Robby Permata Avatar
    Robby Permata

    wah, wah.. hehe, emang butuh ada yg mempelopori ya Pak.. 🙂 pengen ikutan sih, tp kapan bisa nulis yang bagus ya, lah wong dikejar deadline melulu… 😦

    -Rp-

    Suka

  11. M Noer Ilham Avatar

    Pak, Wir, saya usul agar metode pelaksanaan perbaikan konstruksi jembatan yang rusak pasca gempa yg telah dilakukan pd beberapa jembatan di Indonesia juga dimasukkan dalam penulisan buku tsb, agar para bridge engineer dpt mengetahui informasi tentang tipe kerusakan jempatan yg diakibatkan gempa.

    Suka

  12. mohon doa restu untuk buku yang akan terbit | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] penulisan buku – jembatan Indonesia – 23 Desember 2008 […]

    Suka

  13. membuat tulisan ilmiah | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] penulisan buku – jembatan Indonesia – 23 DESEMBER 2008 […]

    Suka

  14. progress buku yang akan diterbitkan | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] penulisan buku – jembatan Indonesia – 23 DESEMBER 2008 Share this:Surat elektronikFacebookDiggRedditStumbleUponTwitterCetakLike this:SukaBe the first to like this post. […]

    Suka

  15. nantikan buku jembatan kelas dunia ! | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] penulisan buku – jembatan Indonesia – 23 Desember 2008 […]

    Suka

  16. sudah bisa di order bukunya | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] penulisan buku – jembatan Indonesia – 23 Desember 2008 […]

    Suka

  17. Handbook of International Bridge Engineering | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] penulisan buku – jembatan Indonesia – 23 Desember 2008 […]

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com