Bagus pak ?

Betul, bagus dalam kaca mata saya lho. Buku tentang structural engineering, dapetnya di internet. Pertama-tama saya melihat sampulnya, koq menarik. Lalu membaca siapa pengarangnya, ternyata lebih menarik lagi. Siapa itu.

Bungale S. Taranath Ph.D., S.E.

Jelas bukan orang Indonesia. Tapi bagi structural engineer yang banyak terlibat dalam perencanaan gedung tinggi maka tentu akan mengenalnya.

Saya mengenal nama tersebut dari bukunya yang pertama yang berjudul “Structural Analysis and Design of Tall Buildings” terbitan tahun 1988, yang saya copy waktu itu ketika masih di PT. Wiratman & Associates, yaitu dari bapak Steffie Tumilar yang baru saja menerima kiriman dari luar. Itu rasanya buku yang cukup comprehensif membahas gedung tinggi (waktu itu lho).

Rasanya gagah deh, punya buku yang berbobot, bener lho tebal. Apalagi foto copy-nya pakai kertas 80 gr. 🙂

Author yang bersangkutan ternyata produktif dalam menulis buku-buku tentang gedung tinggi. Coba saja di Google, yang didapat bahkan bukunya yang lebih baru. Buku versi yang saya punya perlu di Google berkali-kali, itu saja baru dapat judulnya. Covernya nggak ada.

Cover bukunya yang terbaru, adalah :

bungale_

Sinopsis :

Wind and Earthquake Resistant Buildings: Structural Analysis and Design

by Taranath, Bungale S
912 pages
Publisher: CRC; 1 edition (December 15, 2004)

Developed as a resource for practicing engineers, while simultaneously serving as a text in a formal classroom setting, “Wind and Earthquake Resistant Buildings” provides a fundamental understanding of the behavior of steel, concrete, and composite building structures.

The text format follows, in a logical manner, the typical process of designing a building, from the first step of determining design loads, to the final step of evaluating its behavior for unusual effects. This work includes a worksheet that takes the drudgery out of estimating wind response.

The book presents an in-depth review of wind effects and outlines seismic design, highlighting the dynamic behavior of buildings. It covers the design and detailing the requirements of steel, concrete, and composite buildings assigned to seismic design categories A through E.

The author explains critical code specific items and structural concepts by doing the nearly impossible feat of addressing the history, reason for existence, and intent of major design provisions of the building codes.While the scope of this book is intentionally broad, it provides enough in-depth coverage to make it useful for structural engineers in all stages of their careers.

This work: discusses the latest approaches for calculating lateral forces using the newly published ASCE 7-02 provisions; describes the static, dynamic, and time-history analysis of using seismic design provisions of ASCE 7-02, IBC 2003, NFPA 5000, AISC 341-02, ACI 318-02, FEMA 350 and 356, UBC 1997, and the Blue Book-1997; and, explores traditional and newer types of bracing systems and allows the reader to attain a fundamental understanding of their behavior.

This work also: covers the restoration of damaged or seismically vulnerable buildings with a special emphasis on seismic rehabilitation of hospitals and schools; elucidates the differences between a ‘code-sponsored design and an alternate design philosophy based on the concept of Ductility Trade-Off for Strength’; highlights earthquake hazard mitigation technologies including seismic base isolation, passive energy dissipation, and damping systems; and, provides an abundance of examples applicable to real buildings and includes just enough explanations to drive home the underlying basic principles.

Buku tersebut pasti menarik bagi seorang seorang yang mengaku diri sebagai structural engineer. Buku tersebut cukup mahal lho, di Amazon harganya $123.96, ini lho infonya.

Yang lebih hebat lagi saya menemukan versi ebooknya di internet, dan telah berhasil saya unduh. File cukup besar 25 Mb. Tapi kalau berhasil, wah bagus lho, bukan hasil scan yang kasar. Bayangkan 912 halaman. Nggak percaya langsung saja ke link berikut.

Ayo cepat, mumpung.

26 tanggapan untuk “dapat buku bagus !”

  1. wahyu am Avatar
    wahyu am

    nice info nih 😀

    thanks

    Suka

    1. Satria Avatar
      Satria

      Mas, saya bisa si bagi tdk file bungalenya? Linknya uda lama sekali. Terima kasih

      Suka

  2. Nyoman Upadhana Avatar

    belum bisa saya download Pak Wir, besok coba lagi. Terima kasih lo infonya

    Suka

  3. Yanes Avatar
    Yanes

    Nama Saya Yanes Pak, saya mahasiswa sipil Univ.Palangka Raya Kal-Teng, saya mau bertanya mengenai persamaan momen retak (Mcr) pada beton prategang

    dalam buku E.G Nawy dan A.E Naaman terdapat perbedaan dalam menghitung nilai Mcr, sedangkan dlm ACI tidak dijelaskan persamaannya cuma disebutkan bahwa nilai MU > 1,2 Mcr sedangkan Nilai Mcr dibutuhkan

    untuk menentukan kekuatan cadangan dan batas-batas kelebihan beban yang dimiliki penampang, mohon penjelasannya mengenai persmaan Mcr ini pak, terima kasih.

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      @Yanes
      Saya baru baca yang punya Nawy, sedang Naaman ada di kampus. Jadi saya belum melihat perbedaannya.

      Ini untuk perencanaan balok beton full-prestressed, yaitu dianggap pada beban kerja tidak terjadi tarik pada beton. Prinsipnya, yang disebut dengan Mcr adalah momen luar yang menyebabkan serat tarik pada penampang beton sama dengan fr atau modulus rupture-nya.

      rumusnya sederhana

      fb = (Mnet * y) / Ipc

      dimana
      Mnet = M luar – M prestressed
      M prestressed = P * e
      y = jarak serat luar tarik ke garis netral balok pc
      P = gaya prestressed after loss
      e = eksentrisitas tendon thd grs netral

      Mcr dapat dicari jika fb=fr sbb:

      Mcr = (fr * Ipc / y) + M prestressed

      Persyaratan Mu > 1.2 Mcr untuk memastikan bahwa jumlah tulangan terpasang jangan terlalu sedikit. Bila ternyata kapasitas ultimate-nya lebih kecil dari kapasitas retaknya yang pertama tadi maka perilaku keruntuhannya non-daktail, setelah mengalami retak seperti girder tanpa tulangan. Ingat dalam teorinya M ultimate itu hanya terjadi dengan baik jika beton (sisi tarik) telah mengalami retak, sehingga baja dapat meregang sempurna.

      Moga-moga nggak tambah bingung.

      Suka

  4. donaldessen Avatar
    donaldessen

    sekedar info mungkin ada yg belum tau

    http://forum.civilea.com/

    selamat belajar

    Suka

  5. CADalist Avatar
    CADalist

    Untuk yg memerlukan ebook Seismic Design of Reinforced Concrete and Masonry Buildings oleh T Paulay & M Priestley bisa mendapatkannya di sini .

    Wir’s responds: Ebook dapat di download dengan baik, kualitasnya adalah hasil dari scan, tetapi cukup lengkap dan jelas untuk dibaca.
    Untuk CADalist diucapkan terima kasih atas info yang diberikan.

    Suka

  6. Andy Prabowo Avatar

    koq saya blm bisa download yah? apa hrsnya punya account dulu br bs download?

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Keduanya telah saya coba untuk di download dari rumah. Berhasil dengan baik !

      Fasilitas sambungan internetnya adalah broadband dengan First Media – FastNet 384 (Up to 384 Kbps, Rp 135.000 per bulan). Itu lebih cepat dibanding dari kampus lho, mungkin karena bandwith-nya rebutan.

      Suka

  7. syaifulsipil96 Avatar

    Buat yang gagal nge-download “wind and earthquake resistant buildings” bisa dicoba disini.
    http://syaifulsipil96.blogspot.com/2009/05/wind-and-earthquake-resistant-buildings.html

    Suka

  8. heri koesnadi Avatar

    terima kasih pak infonya, saya sudah bisa download…

    Suka

  9. Yanes Avatar
    Yanes

    Terima Kasih atas penjelasan mengenai persamaan Mcrnya pak.

    Suka

  10. Engineer Muda Avatar

    Wuiiih…

    Info yang bagus & berharga banget pak… btw, nama Bungale S. Taranath kok baru denger ya? Padahal menurut info dari Pak Wir dia itu cukup produktif, bahkan tahun 88 udah menghasilkan sebuah buku yg cukup berpengaruh di jagad dunia persilatan…eh salah…per-strukturan…

    Selama kuliah juga bener2 gak ada informasi textbook tulisannya dia….

    Donlod dulu aahhh…

    Suka

  11. […] dapat buku bagus ! « The works of Wiryanto Dewobroto […]

    Suka

  12. brata Avatar
    brata

    salam kenal pak wir, aku dari medan.
    mau nanya ni mas, mengenai skripsi aku.
    skripsi aku membahas tentang balok perangkai beton pada dinding geser. apa mas wir punya bahan2 yang lain selain buku paulay & taranath? dimana & bgmn bisa dpt bahannya? ada gak buku yg khusus membahas coupling beam?kalo saya baca2 ternyata lingkup coupling beam ini sangat luas, lalu apa yang wajar dibahas pada balok perangkai ini untuk level S1?

    Suka

  13. fitri Avatar
    fitri

    saya sudah coba untuk mendownload ko udah nda ada filenya yaa.., dr link pak wiryanto dan dr blog saiful juga nda bisa.

    Suka

  14. ary herianto Avatar
    ary herianto

    iya sudah gak bisa di download. tolong d share dong buat yang udah berhasil download…terima kasih..

    Suka

  15. DavidS Avatar
    DavidS

    gimana cara download buku Taranath ya pak? saya sudah coba buka link-nya, tapi ga dapat link buat downloadnya yg free. thx.

    Suka

  16. DavidS Avatar
    DavidS

    Bagi yang sudah punya bukunya (versi pdf), bisa di-share-kan? thx

    Suka

  17. Mutiara Avatar

    wow nice info pak.. thanks..

    Suka

  18. Yohanna Avatar
    Yohanna

    Salam kenal Pak, saya dari sipil itb..
    sedang memulai tugas akhir mengenai spandrel beam..
    bisa meminta referensi buku yang menunjang tugas akhir saya Pak?
    untuk buku Park&Pauley itu bisa dibeli dimana ya?
    terima kasih

    Suka

  19. donaldessen Avatar
    donaldessen

    @ DavidS
    http://rapidshare.com/files/159897556/Wind.and.Earthquake.Resistant.Buildings.rar

    @Yohanna
    Kan bisa beli di dunia baru, kalau diinternet bisa didonlot yang seismic designnya linknya berikut, kalau gak bisa unduh minta tolong aja teman2 uploader di rileks 🙂

    http://rapidshare.com/files/304194807/Seismic_Design_of_Reinforced_Concrete_and_Masonry_Buildings_insaatica.rar

    Suka

    1. Satria Avatar
      Satria

      Mas, saya bisa msh bisa share file tsb tidak? keberulan saya butuh mas.. terima kasih sebelumnya

      Suka

  20. armin Avatar

    hi dear
    please send for me password this file

    Seismic Design of Reinforced Concrete and Masonry Buildings

    thanks

    Suka

  21. Robert Sasmita Avatar
    Robert Sasmita

    Dear All,

    For “Seismic Design of Reinforced Concrete and Masonry Buildings”
    Please check in my file share in this link :

    http://www.4shared.com/document/EeOjt_TZ/Seismic_Design_Of_Reinforced_C.html

    Greeting for all Indonesian Engineer in this forum.

    Regards,

    Robert Sasmita
    Indonesian Structural Engineer
    (Moderator on http://forum.civilea.com)

    Suka

  22. Satria Avatar
    Satria

    Siang Pak Wiryanto, Pak, Bu, Mas, Mbak sekalian.. saya ingin memiliki file tersebut.. ada yang berkenan berbagi tidak? Terima kasih banyak..

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com