Ujian akhir semester, baru saja selesai. Nilai-nilai hasil ujiannya baru saja diserahkan ke TU. Jadi tugas dan tanggung jawab sebagai dosen di semester ini tuntas sudah. 🙂

Hari ini, Senin 25 Mei 2009, perkuliahan semester pendek dimulai. Lamanya sekitar dua setengah bulan. Adanya semester pendek ini maka yang mengambil perkuliahan dapat menyelesaikan dalam waktu 3.5 tahun. Lumayan khan. Semester pendek bagi sebagian besar teman-teman dosen yang lain digunakan untuk tetap sibuk memberikan perkuliahan. “Nambah-nambah tabungan, daripada nganggur“, kata mereka. Bener juga sih.

Tapi semester pendek saat ini koq rasanya tidak terlalu bersemangat untuk mengajar, rasanya ingin santai terlebih dahulu. Ada juga sih alasan lain yang agak keren, yaitu karena beberapa materi perkuliahan perlu dibenahi karena kemarin sibuk studi S3, jadi belum fokus. Materi kuliah rasanya perlu dibuka, dilihat dan bahkan kalau perlu dibongkar untuk di up-grade. Semester besok aku memberikan mata kuliah [1]Bahasa Pemrograman; [2]Komputer Rekayasa Struktur; [3]Analisa Struktur I; [4]Struktur Baja 2; [5]Struktur Baja 3.  Banyak ya.

Selain membongkar materi perkuliahan, ada beberapa artikel atau tulisan yang di semester ini harus selesai. Maklum sejak Direktur LPPM-nya dipegang oleh Prof. Harianto maka kinerja dosen di UPH dievaluasi, tidak hanya pada jumlah jam mengajarnya saja, tetapi juga produktivitas dalam penelitian dan publikasi yang dihasilkan. Saya baru tahu tadi karena beliau menunjukkan daftar semua dosen di UPH dan aktivitas publikasinya. Dari situ ketahuan, bahwa dosen-dosen yang bergelar Profesor ternyata sebagian besar tidak aktif membuat karya ilmiah. Informasi tersebut mau dibawa ke atas, untuk ditindak-lanjuti. 😦

Jadi yang punya gelar profesor harus hati-hati. Nggak produktif berkarya, maka gelar profesornya dipertanyakan.

Karena alasan seperti itulah maka waktu jeda dua setengah bulan, meskipun tidak mengajar tetapi target yang harus dicapai sudah banyak. Jadi rasanya waktu tersebut menjadi pendek rasanya.

9 tanggapan untuk “belajar lagi, nulis lagi !”

  1. heri koesnadi Avatar

    he..he… semangat terus pak….

    Suka

  2. basir Avatar

    terus semangatnya Pak, inget tuh Pak, Pesan2 teman sejawat nambah2 tabungan 😉

    Suka

    1. mus Avatar

      menulis buku seperti buku-buku juga menambah tabungan juga. 🙂 Selain itu akan menambah bobot Pak Wir sebagai dosen karena telah menghasilkan publikasi ilmiah ataupun buku (“berkarya”).

      Selamat Pak! kami menunggu buku-buku Pak Wir berikutnya.

      Suka

  3. lidvina Avatar
    lidvina

    salam kenal pak..
    saya mhsiswi jur t.sipil UK Petra

    wah..enak ya ada SP utk ank teknik sipil..di UK. Petra ngga ada pak..
    jadi kalo liburan ya bener2 liburan..hehehe
    tapi kalo yg katanya
    “Adanya semester pendek ini maka yang mengambil perkuliahan dapat menyelesaikan dalam waktu 3.5 tahun”
    di UK.Petra keliatannya ngga begitu pak..
    walopun ngga ada SP tapi saya lihat banyak angkatan atas yang lulus 3,5 tahun tuh pak.. =)
    kalo boleh tau memang berapa jumlah sks yang harus dipenuhi mhsiswa t.sipil di UPH,kok sampai harus ada SP baru bisa lulus 3,5 tahun?
    kalo di UK.Petra minimal 148 sks pak..

    thanks..

    wir’s responds: kira-kira sama gitu lidvina.

    Suka

  4. Engineer Muda Avatar

    Duh, jadi malu nih….

    Pak Wir yang ilmunya udah “ngelotok” aja mau buka-buka materi ke-Teknik Sipil-an lagi demi merefresh agar senantiasa ter-upgrade….

    Lha kok saya malah males ya, kalo disuruh mereview struktur baja, struktur beton, mektan, analisa struktur dsb… udah 6 tahun meninggalkan bangku kuliah, rasanya udah lamaaaaaa….. banget.

    Saya sekarang lebih tertarik untuk mendalami Manajemen Proyek / Manajemen Konstruksi. Mungkin karena sekarang saya ini praktisi di dunia konstruksi kali ya? Kalo di dunia konsultan mungkin ceritanya akan lain…..

    Suka

  5. juffan Avatar

    kalau kita punya kemauan pasti ada jalan dan nggak usah malu, jalanin aja apa yang menurut kita itu baik akibatnya dan bermanfaat untuk orang banyak.23 software free siap didownload.

    Suka

  6. Saiful Avatar

    Salam kenal pak wir..
    saya mahasiswa UNTAR…sedang dibimbing dosen pak Dr. Benyamin Indrawan…tapi sekarang sedang lost contact..bisa gak ya saya minta email atau alamat facebooknya…Soalnya kepengen banget konsultasi dengan beliau…thanx ya infonya..

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      “. . . sedang dibimbing . . . . ”
      wah kapan itu, rasanya sudah lama lho kalau pak Benjamin pindah ke Australia.

      Suka

  7. Saiful Avatar

    iya pak, sekitar setahun lebih yang lalu, awalnya saya punya alamat email pak benjamin selain yang b_indrawan@centrin.net.id,tapi sudat tidak aktif lagi, tapi hilang karna virus yang ada dikantor…saya cari di facebook tapi gak ketemu..saya pernah dikasi tau kalau pah benjamin berteman baik dengan pak wir..kalau boleh saya minta tolong y pak…email saya saiful@indokoei.co.id
    trimakasih pak..

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com