Berita tentang Cina sering kita dengar, dimulai dulu dari penembakan Tianamen yang memberi kesan kejam, kemudian berangsur-angsur pada produknya yang mulai menyerbu Indonesia. Ingat tidak tempo hari ada motor Cina.

Tentang motor Cina sih kesannya tidak berhasil. Kenapa itu terjadi, mungkin kita males bertanya, kesannya “yah memang begitulah”. Tetapi pada kenyatannya ternyata mereka survive. Bahkan terlihat bahwa mereka ternyata semakin canggih. Bukti yang ada bahwa Jembatan paling top di kita sekarang saja adalah buatan Cina. Itu lho jembatan Suramadu. Bahkan sekarang ada berita baru  bahwa mereka akan segera menjadi negara adidaya dibawah Amerika dengan mengalahkan Jepang.

Hebat !

Mengapa ya itu bisa terjadi. Padahal kalau mau jujur, selain kesuksesan-kesuksesan tersebut, aku sering menerima berita tentang bencana yang semuanya kelihatannya terjadi di Cina. Jadi ini bahkan mengherankan lagi, sudah sering terjadi bencana tapi koq maju juga.

Bencana gempa ya pak ?

He, he, bencana itu tidak hanya gempa, tanah longsor juga bisa mengakibatkan bencana.

Seperti yang tempo hari di Jawa barat itu ya pak ?

Kalau dibandingkan, mungkin yang terjadi di Jawa barat itu disebut sebagai kecelakaan kecil doang lho. Kalau nggak percaya, coba lihat aja foto-foto bencana tanah longsor yang terjadi di Zhouqu, Cina belum lama ini.

Yang masih selamat, memandang dengan sayu dari atas ketinggian, mungkin sedang berpikir, apa kiamat akan berlangsung.

Timbul area kosong akibat tanah longsor. Kelihatannya disitu dulu pasti ada gedung-gedung bertingkat. Yah betul gedung-gedung bertingkat, nggak sekedar rumah-rumah penduduk seperti yang tempo hari terjadi di Jawa barat itu.

Petugas waspada, memakai pelindung tertutup dan masker, yaitu untuk menghindari kuman penyakit yang mungkin terjadi karena tersebarnya bangkai-bangkai yang berserakan ditempat kejadian.

Dibawah kaki tentara itu adalah sebuah tangan. Kematian ada di mana-mana. Bayangkan itu. Itu baru kelihatan dari satu manusia, padahal kejadian longsor ini bahkan menelan beratus-ratus manusia yang mati.

Coba bencana yang terjadi rasa-rasanya tidak bisa disepelekan, tetapi mengapa negara Cina secara keseluruhan masih bisa maju seperti sekarang ini.

Menurut saya, salah satu kunci utamanya adalah pemerintahannya yang tegas. Mengapa, karena bencana seperti itu pasti akan menguras cadangan devisa negara. Padahal jarang terjadi adanya bantuan dari luar yang disumbangkan ke cina. Maklum negara tersebut dianggap sudah kaya sekarang ini.

Tegas, khususnya dalam memberantas korupsi yang terjadi, sehingga kekayaan negara tidak jatuh kepada yang tidak berhak. Pernah dengar khan koruptor di Cina itu hukumannya mati. Itu khan jelas berbeda dengan di sini, jika telah dihukum beberapa tahun, dan kelihatan nelongso (sakit) eh ternyata diberi grasi.

Kalau gitu sih. . . . . . . . . .  yang lain pada korupsi lagi. Nggak tegas sih.  🙂

Berita terkait :

8 tanggapan untuk “tanah longsor di Cina”

  1. led zeppelin Avatar

    alkisah ketika Nabi Isa melintas sebuah jalan bersama sahabat-sahabatnya, mereka mencium bau busuk bangkai anjing yang tergeletak di tepi jalan.
    Sahabat-sahabatnya berkata.. “sungguh busuk bau bangkai anjing itu”
    Nabi Isa menjawab ” lihatlah.. betapa putih giginya”

    dibalik bencana atau musibah yang terjadi pasti ada tabir di belakang itu yang akan mendatangkan sisi positif dalam kehidupan =)

    Suka

  2. Mifta Nurdin Avatar

    ngeri banget…. ditunggu ya kunjungan baliknya ke http://blogseven77.blogspot.com/

    Suka

  3. martua siagian Avatar
    martua siagian

    Semoga keluarga yang ditinggal korban, selalu diberi tabah. Cina ya cina tapi tetap kita harus doakan secara manusia mereka adalah saudara kita.
    Hanya itulah yang dapat kita perbuat…. bantu uang wah kita masih minim…

    Suka

  4. ucok Avatar
    ucok

    wah bangunannya besar-besar ya di sana 🙂 keren..
    sayang udah kena longsor..

    Suka

  5. suwandichen13 Avatar

    sram banget…
    gw ada liad film aftershock…
    ngeri …
    Great Post

    Suka

  6. nature-pills Avatar

    sram banget…
    gw ada liad film aftershock…
    ngeri …

    Suka

  7. mainelyequal Avatar

    ane juga liad film aftershock…
    sedih banget ceritanya….
    hikz

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com