Kalau mau tahu, untuk sukses menjadi seorang profesional adalah dapat menguasai terlebih dahulu salah satu ilmu yang khas, tidak kodian. Selanjutnya ilmu tersebut dijadikan basic untuk bekerja atau tepatnya dapat mengaplikasikannya dalam kasus nyata.

Hal itu penting untuk melihat dampak akhir dari penggunaan ilmu khas tersebut. Dalam hal ini lihat,apakah ada korelasi antara ilmu (teori yang dipelajari) dengan hasilnya (real). Ini merupakan feed back. Jika ternyata hasilnya baik, yaitu ada korelasi antara rencana dan kenyataan maka selanjutnya ilmu tadi dapat dipertahankan, bahkan dikembangkan lagi untuk di-imani (sorry jangan tersinggung dengan penggunaan kata itu).

Bagaimana jika ternyata tidak ada korelasinya. Gampang, lupakan saja karena itu ternyata bukan ilmu. Tentang kuantitas ilmu yang harus dikuasai, nggak usah terlalu bernafsu untuk sekaligus mendapatkan banyak. Cukup satu persatu, tetapi dapat dibuktikan dahulu. Jika terbukti, pelajari lebih mendalam, ulangi lagi proses tadi. Yakin deh, sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

Untuk mengaplikasikan strategi tadi, maka diperlukan wahana kerja yang sesuai dengan ilmu. Ini penting lho, bayangkan saja anda belajar lima tahun jadi sarjana teknik sipil. Eh ternyata kerjanya jualan beras. Itu mah hanya sekedar cari duit, bukan profesional.

Salah satu ilmu khas yang dapat dipelajari sebagai awal karir di dunia rekayasa adalah ilmu struktur. Itu luas banget, dan itu ilmu yang mendasari semua aspek rekayasa  terkait dengan segi kekuatan-kekakuan dan daktilitas suatu produk infrastruktur fisik. Itu  disebut ilmu khas, karena tidak setiap orang dapat secara khusus mempelajari atau menguasainya.

Bagi anda yang baru saja lulus sarjana teknik sipil, anda punya kesempatan untuk menguasainya. Anda telah belajar banyak teorinya. Tetapi jika anda ingin menguasai atau bahkan mengembangkannya, maka jadikanlah itu tidak sekedar hapalan teori, tetapi sebagai cara berpikir anda. Caranya ?

Nah, untuk itu anda tinggal mencari media (tempat kerja) untuk dapat mengaplikasikannya dalam kasus nyata, sehingga hasilnya dapat anda evaluasi. Selaras nggak dengan pengetahuan yang anda pelajari dulu. Jadi jangan mimpi jadi seorang insinyur hebat seperti Sutami atau Sedyatmo, tetapi bekerja di bidang lain. Kaya sih bisa, tetapi bukan jadi insinyur. Bagi  yang bermimpi  jadi insinyur hebat suatu saat nanti. Bekerjalah pada bidangnya. Jangan lihat dulu berapa uang yang anda dapat, tapi pikirkan kesempatan atau tepatnya pengalaman real yang anda dapat.

Nah di sini saya punya info penting tentang tempat pekerjaan yang dimaksud. Begini, saya dimintai tolong teman seorang pimpinan perusahaan konsultan rekayasa, khususnya bidang jembatan. Beliau ingin mengembangkan bisnisnya, untuk dicari anak-anak muda untuk bergabung untuk bersama-sama dapat menerima tantangan pada proyek-proyeknya.

Anak muda yang dimaksud harapanya yang punya idealisme seperti di atas, yaitu ingin menjadi insinyur (tidak sekedar ingin kaya lho) dan mampu menghasilkan karya-karya nyata di dunia rekayasa. Oleh karena itu pula dipersyaratkan untuk yang senang otak-atik software rekayasa, seperti SAP2000 atau MIDAS atau semacamnya.

Jika tertarik, teman saya tersebut kantornya di Jakarta bagian timur. Jadi yang orang daerah harus siap-siap mau hidup di Jakarta yang macet ini. He, he, yah sekali-sekali.

Untuk itu silahkan mengirimkan lamaran langsung ke alamat email berikut : santos_sr(at)yahoo(dot)com.

Ditunggu tidak lebih dari sebulan dari tanggal sekarang.

Catatan :

  • (atdan (dot)-nya diganti (@) sama (.)
  • Juga jangan mengirim lamaran anda ke pemilik blog ini. Biar langsung diproses oleh beliaunya yang pimpinan perusahaan tersebut.

.

.

<<< up-dated 10 April 2012>>>

Ternyata ada yang mengkontak saya, kenapa hanya jembatan saja. Bagaimana dengan bangunan gedung tinggi dan sebangsanya.

Baik, ternyata hal ini ditanggapi juga oleh teman yang bisnisnya di bidang konsultan perencanaan bangunan gedung. Karena banyak proyek-proyeknya maka perlu insinyur-insinyur muda untuk berkiprah di situ. Lokasi kantornya ada di Jakarta barat atau pusat.

Silahkan kirim lamaran langsung ke beliau pimpinannya dengan alamat anwarsusanto_jevon(at)hotmail(dot)com

Lengkap deh, ada gedung dan ada jembatan.

17 tanggapan untuk “mau jadi ahli struktur jembatan ?”

  1. caktopan Avatar

    o…ini posting lowongan pekerjaan toh… 🙂

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Betul sekali Caktopan. Itu memang informasi bagi yang baru lulus sarjana teknik sipil dan tertarik ingin berkarir di bidang konsultan rekayasa jembatan.

      Suka

  2. wawan minson Avatar
    wawan minson

    apakah penguasaan software rekayasanya harus sudah kelas advance pak

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Silahkan kontak langsung yang membutuhkannya pak. Menurut saya, yang penting anda bisa meyakinkan beliaunya bahwa anda nantinya akan dapat menjadi bridge engineer yang hebat.

      Jadi, kalau anda melamar dengan kesan, takut komputer, nggak bisa bahasa Inggris, IPK mepet, dan hal-hal lain yang terkesan pesimis, maka tentunya lamaran anda pasti akan dibandingkan dengan yang lain yang terkesan lebih optimis. Begitu pak.

      O ya, anak-anak muda yang baru lulus rasa-rasanya sangat jarang yang benar-benar sudah menguasai software rekayasa. Maklum kebanyakan belum pernah diaplikasikan ke dunia nyata. Hanya saja memang, ada mahasiswa yang sangat percaya diri dan ada yang tidak. Saya kira kepercayaan diri itu penting, karena itu membedakan dengan yang lain.

      Catatan : kepercayaan diri kadang tidak ada kaitannya langsung dengan tingkat kompetensi seseorang sebenarnya.Jadi orang dengan level 2 kadang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang sama besarnya dengan level 10. Kira-kira begitu dik.

      Suka

      1. wawan minson Avatar
        wawan minson

        thanks pak, jawaban bapak membuat saya lebih percaya diri dan memotivasi saya.

        Suka

  3. rakyat ke qatar Avatar
    rakyat ke qatar

    salut buat pak wir

    Suka

  4. yadi Avatar

    thanks buat info nya, salam kenal

    Suka

  5. Hotel Padang Avatar

    Wahhhh bagus sekali sharingnya Brow 😀

    Suka

  6. Gunawan Avatar
    Gunawan

    Malem pak wir..
    Cuman nanya rekomendasi pak wir aja kalau mau memperdalam struktur jembatan textbooknya apa aja.. en struktur gedung deh skalian..
    Trims sebelumnya..
    Salut deh dengan blog nya pak wir.. Tetap mantap..

    Suka

  7. herbal tricajus Avatar

    thanks info’y…
    soal jembatan,, ane bukan ahlinya 🙂

    Suka

  8. How to have a baby Avatar

    makasih infonya pak,nice share………….!!!!

    Suka

  9. Wijayanto VJpetrucci Avatar

    Pak Wir, saya tertarik juga nich seperti temen saya Wawan Minson Tapi saya bukan fresh graduate pak, tapi selama ini saya cari peluang untuk menjadi structure engineer, namun belum dapat peluang. 😀

    Suka

  10. endri syahputra Avatar
    endri syahputra

    pak wir, saya tertarik dengan program SAP2000 tapi selama ini sangat sulit untuk mencari referensi buku-buku terutama buku karangan pak wir, jadi ap boleh saya memesan langsung melalui pak wir? terimakasih

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Buku edisi 2007 sudah lama habis, jadi nggak ada yang dapat dipesan.

      Meskipun demikian ini sudah ada rencana untuk menerbitkan lagi, edisi lama direvidi dan ditambah dengan beberapa makalah saya terkait SAP2000. Tapi maklum, waktunya habis juga untuk makalah-makalah yang lain, jadi doakan saja ya moga-moga cepat beres dan segera dapat terbit yang baru.

      Suka

      1. alpian Avatar

        Salam kenal pa Wir nama saya Alpian dari UKIP makassar, saya sangat beryukur ada seorang peneliti di bidang stuktur seperti bapa yang mau membagikan ilmunya lewat blog. Trimakasi pa dan terus berkarir guna pengabdian bagi masyarakat tanpa henti…

        Suka

  11. arif Avatar
    arif

    pak wir..
    saya baru memulai mempelajari sap2000,, untuk dasar-dasar sap2000 bagaimana saya mendapatkan buku-buku tersebut,, dan adakah buku yang sap2000 yang membahas perencanaan jembatan

    Suka

    1. wir Avatar

      program SAP2000 yang dikhususkan untuk jembatan adalah CSI Bridges, saat ini yang paling paling baru adalah ver 19. Banyak digunakan untuk konsultan jembatan di Indonesia, khususnya untuk jembatan girder yang biasa.

      Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com