Menarik juga ya ilmu DKV (desain komunikasi visual), layout, warna, jenis font, ternyata ada artinya semua. Untunglah sekarang ini sudah banyak program komputer yang mendukungnya, misalnya Adobe Indesign. Program itulah yang digunakan penerbit untuk menyusun layout sampul buku yang akan aku terbitkan. Maklum, sampul buku ibarat tampilan luar, nggak menarik maka nggak ada yang melirik.

Karena bukuku istimewa, maka sampulnyapun harus luar biasa (nggak biasa-biasa maksudnya). Tentang sampul tersebut, pertama kali aku merencanakan untuk memakai jenis hardcover, tetapi ternyata harganya selangit sehingga aku pilih softcover dengan kertas jenis art karton 230 gr, yang dilengkapi dengan lidah cover @ 8 cm kanan dan kirinya.

Lidah cover-belakang-dalam untuk menampilkan info “tentang penulis”, sedang lidah cover-depan-dalam untuk menampilkan daftar sponsor yang berpartisipasi sekaligus ucapan terima kasih. Bayangkan saja, saat ini sudah ada 15 sponsor perusahaan yang mendukung. Luar biasa bukan.

Jadi kalaupun dipilih kertas art paper matte 85 gr, sehingga dengan tebal 700 halaman maka buku tersebut beratnya lebih dari 1 kg / buku. Benar-benar berbobot, dari sisi fisik.

Mau tahu kira-kira tampilan desain sampul bukunya, adalah sebagai berikut :

sampul_

Sampul di atas belum final, masih menunggu dua lagi testimoni dari tokoh atau pakar di bidang rekayasa teknik sipil . Sehingga harapannya, jika membaca namaku masih belum juga percaya, maka di bagian belakang sudah ada komentar positip dari pakar atau ahli yang telah membaca perdana  bukuku ini. Sehingga dapat langsung membelinya.

O ya, harga bukunya menurut penerbit sudah fixed, yaitu Rp 180 ribu, belum termasuk ongkos kirim. Bagi yang di luar jawa, kelihatannya biaya pengiriman bisa cukup mahal, maklum karena pakai kerta art paper matt 85 gr makanya jadi berat, untuk satu buku perlu paket pengiriman 2 kg. Serba salah juga ya, mau bikin buku berbobot (mutu), eh ternyata berbobot betulan (berat).  😀

<< up-dated 4 Feb 2013 >>

Hari ini telah masuk email dari rekan sejawat yang bergelar profesor dan yang merupakan salah satu mercu-suar keilmuan struktur beton di Indonesia. Beliau berkenan memberikan masukan berkaitan isi materi tentang struktur beton yang aku tuliskan di buku tersebut. Tidak kalah senangnya, beliau juga ternyata berkenan memberikan testimoni dukungan akan kekuatan isi  buku yang akan diterbitkan ini. Testimoni beliau nanti akan terpampang di cover belakang buku. Rencananya sih empat testimoni, dua profesor, dua doktor senior di bidangnya. Jika masih belum percaya,  . . .  wah apa lagi nih. 😀

Nah, jika dedengkot-dedengkotnya saja sudah berkenan memberikan rekomendasi. Maka tunggu apa lagi.

14 tanggapan untuk “progress buku”

  1. Dicky Budiyanto Avatar
    Dicky Budiyanto

    Wah dah makin deket aja tuh peluncurannya…..gmn ada pre ordernya ga p.wir?????

    Suka

  2. jokowhae Avatar
    jokowhae

    Mohon didaftarkan nama saya untuk Antrian Pembeli Buku di nomor 1,…. matur suwun Pak Guru,…

    Suka

  3. suryabermansyah Avatar
    suryabermansyah

    daftar antrian juga ya pak wir….
    mohon kabar kalau sudah terbit, dankalau mungkin dikirimkan, tks
    (mohon info juga biaya dan harganya untuk 2 eks)

    Suka

  4. wir Avatar
    wir

    @Dicky dan Jokowhae, thanks atas responnya. Ini kita, penulis dan penerbit telah berupaya keras untuk secara cepat menuntaskan penerbitan buku tersebut. Tapi maklum, karena ada tambahan portofolio sponsor yang harus diintegrasikan, maka diperlukan waktu untuk koordinasi. Maklum, bukunya tesebut selain untuk referensi diharapkan akan menjadi karya seni. 😀

    Yakin deh, mutu buku secara fisik jarang dijumpai di buku-buku teknik sipil terbitan nasional. Ini maunya kelas seperti Mercedes.

    @Surya:
    tentang pemesanan dan pengiriman, pihak penerbit LUMINA Press akan menyediakan website khusus yang mendukung ecommerce. Saat ini sedang dibuat, paralel dengan proses pencetakan. Mohon ditunggu ya pak.

    Suka

  5. Nony Avatar
    Nony

    Info tempat2 membelinya untuk Jakarta dan Jogja ya Pak.
    Btw, alamat penerbitnya dimana ya?
    Trims

    Suka

  6. arif Avatar
    arif

    Pak Saya Saya Tunggu Lounchingnya, kalo sudah mulai dijual, tolong di infokan disini ya pak

    Suka

  7. juragan.sipil Avatar

    Nanti saya bantu promosi di komunitas dunia teknik sipil pak… 🙂
    Kalo kualitas udah terjamin, harga sudah nomor sekian. Ibarat beli barang langka, harga berapa pun akan diusahakan.

    *semoga bisa mengikuti jejak Pak Wir sebagai penulis buku-buku teknik sipil….

    amin

    Suka

  8. Afret Nobel, ST, mm, phd. Avatar

    Ilmu memang mahal. Jadi wajar di jual segitu.

    Suka

  9. tbparulian Avatar
    tbparulian

    Usul, mengapa tidak pakai kertas yang 70 gr saja pak Wir, agar enak dan ergonomis membacanya, kalo sampul sih no problem, seperti buku buku luar gitu loh …

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      “Seperti buku-buku luar”, wah itu memang target saya. Masalahnya di Indonesia kertas yang dimaksud tidak ada. Informasi tentang hal itu dari percetakannya. Maklum, kita memilih percetakan yang ternama (bereputasi). Bagaimanapun itu diharapkan jaminan mutu buku yang dicetaknya.

      Adapun kertas yang 70gr adalah kertas hvs yang uncoated, kertas biasa. Saat ini yang populer di toko buku adalah kertas yang agak kuning tebal itu namanya kertas book paper 60 gr. Nah kalau pakai kertas itu, untuk ketebalan buku 700gr jadi tebal banget. Maka pilihanannya adalah kertas art paper matte 85 gr, lebih berat tetapi lebih tipis, kira-kira bisa 60% dari ketebalan kertas yang book paper. Itulah yang kita pilih.

      Terus terang kita nggak mau pakai hvs (yang lebih murah) karena di buku tersebut ada 16 sponsor. Jadi nggak mau mengecewakan mereka. Saya khan janji, isi dan tampilan (fisik) harus baik. Toh ini buku referensi, bukan buku novel. Jadi bacanya tidak sambil tidur-tiduran. 😀

      Suka

  10. khairil Avatar
    khairil

    Jadi tak sabar menunggu….. mudah-mudahan cepat selesai.

    Suka

  11. librany Avatar
    librany

    saya jg msuk waiting list yg mesen nih pak wir… 😀
    udah punya 3 buku SAP2000 lain,tapi kurg lebih sama,terasa msih kurg jelas.malah lebih banyak coba2 scara otodidak

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      hallo Librany,
      moga-moga di buku saya tersebut, kamu mendapatkannya. Maklum, tebalnya saja 640 halaman. Untuk yang edisi ini, contoh-contoh yang dikembangkan adalah pada desain struktur beton dan desain struktur baja dengan SAP2000. Pada bagian tersebut akan ada hal baru, yang jarang diungkap orang.

      memang sih, materi seperti push-over dan semacamnya (non-linier) belum dibahas. Mungkin itu perlu buku tersendiri, maklum sifatnya advance, jika digabung dengan materi dasar dan menengah, bisa membuat orang bingung.

      Saat ini, materi buku sedang dalam tahap editing, dari MS Word ke program layout In-Design, tampilan gitu lho. doakan ya cepat selesai.

      salam sejahtera bagi kita semua

      Suka

  12. Sela Unyil Bagian I Avatar

    peluncurannya kapan nie pak guru?

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com