Pilihan hidup menjadi guru adalah menarik. Maklum, tidak bisa berjauhan dari yang namanya belajar dan mengajar. Tidak hanya di kampus tempatnya terdaftar sebagai staf pengajar dengan mahasiswa-mahasiswanya, tetapi juga dimana-mana, tentu saja sejauh ada yang meminta untuk mengajar. Kalau tidak, ya tentu nggak bisa mengajar secara langsung.

Tahun ini, tepatnya tanggal 10 November 2013, pada hari Minggu, saya diundang untuk mengajar di UNY, Yogyakarta, bersama-sama dengan dua pakar lain, yaitu Prof. Bambang Suhendro (UGM) dan juga bapak Dr.-Ing. Josia Rastandi (UI). Topiknya adalah bangunan tinggi tahan gempa.

Ini poster yang telah dibuat tentang seminar yang aku maksud :

poster-seminar-uny-10-nov-2013_
Seminar Nasional UNY, Yogyakarta, 10 November 2013

Bisa bertemu bersama dengan dua pakar di bidang teknik struktur, tentu sangat menarik. Bagi adik-adik mahasiswa yang tertarik menggeluti bidang “structural engineering” maka seminar yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta tentu perlu dipertimbangkan. Apalagi kontribusinya relatif sangat murah, jika dibandingkan dengan seminar serupa yang diadakan di Jakarta tentunya. Hanya saja saya kuatir, makalah saya (yang belum saya submit) apakah bisa di-copy-khan belum ya, maklum seperti biasa makalah seminarku khan tebal-tebal 😀 .

O ya, kira-kira materi yang aku bawakan nanti pada seminar tersebut adalah sebagai berikut:

Strategi Perancangan Bangunan Tinggi Tahan Gempa[1]

 Wiryanto Dewobroto

Universitas Pelita Harapan

 

Abstrak

Pencapaian ekstrim di suatu bidang, umumnya dapat dikaitkan dengan ilmu penge-tahuan dan teknologi yang terkini. Seperti misalnya : keberadaan pesawat terbang tercepat, orang tentunya ingin mengetahui teknologi mesin seperti apa yang dipakai, siapa atau negara pembuat, dan sebagainya. Pada bidang teknik sipil juga seperti itu, pencapaian ekstrim apa yang ada, juga tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mewujudkannya. Hanya saja bidang itu cakupannya luas, menyangkut berbagai wujud bangunan fisik kasat mata. Salah satu yang tetap menarik adalah keberadaan bangunan gedung tinggi dan risikonya terhadap bahaya gempa, apakah aman atau tidak jika itu terjadi. Maklum, bangunan gedung tinggi adalah produk rekayasa teknik sipil yang dekat dengan masyarakat awam, bahkan jadi tempat kehidupannya sehari-hari. Perkembangan bangunan gedung tinggi saat ini, sangat pesat. Tidak lagi sekedar gedung tinggi atau super-tinggi, dengan selesainya Burj-Khalifa Tower, Dubai (828 m, 2010), maka era gedung mega-tinggi dimulai. Apalagi jika ditambah kabar rencana bangunan gedung mega-tinggi (> 600 m) di Jakarta (CTBUH 2012). Oleh karena itu, tidak salah kiranya para praktisi dan akademisi di bidang rekayasa teknik sipil perlu mempersiapkan diri, dan mempelajari strategi perancangan yang dipakai. Itulah salah satu maksudnya, mengapa makalah ini ditulis, yaitu pengenalan lebih dekat, melalui pendekatan komprehensif tetapi memotivasi, berdasarkan falsafah ilmu struktur untuk memahami kemajuan rekayasa teknik sipil pada gedung-gedung high-rise, super-tall maupun yang trend saat ini : mega-tall. Tentu saja, untuk itu semuanya maka bangunannya harus tahan gempa dan tahan terhadap angin yang besar.

Key words : tall-building, super-tall, mega-tall, tahan gempa, daktail


[1]    Seminar Nasional “Strategi Perancangan Bangunan Tinggi Tahan Gempa”, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta,  10 November 2013, Ruang Aula KPLT Lt. 3 FT-UNY, Yogyakarta.

O ya, materi yang aku berikan adalah pengembangan dari materiku sebelumnya. Baik yang aku bawakan di UAJY (Jogja), YAI (Jakarta) atau Unrika (Batam).  Maklum, materi lama masih tetap valid dan perlu ungkapkan lagi. Sekaligus juga agar mendapat tanggapan yang lebih baik, agar nanti kalau jadi buku akan lebih berbobot. 😀

Jadi bagi teman-teman atau adik-adik mahasiswa yang belum pernah mendengar uraianku tentang gedung tinggi, maka aku tinggi ya di event tersebut.

O ya, besok hari Kamis – Jumat 24-25 Oktober 2013 aku juga berkunjung ke UNS, Solo ke event Konteks 7. Pada event tersebut makalah yang aku bawakan tentang Struktur Baja, khususnya aplikasi Direct Analysis Method (AISC 2010). Tapi yang tentu saja waktunya sangat-sangat terbatas dibanding yang akan diadakan di Jogja nanti. Bayangkan, waktu presentasi di Konteks 7 hanya 15 menit, bandingkan yang di UNY (Jogja) sesuai jadwal adalah 50 menit.  Nah, lumayan khan 50 menit untuk mengajar. Guru nih ye . . . 😀 .

Catatan : saat ini pihak penerbit LUMINA Press sedang menjajagi kerja sama dengan pihak UNY, khususnya Ketua Jurusan Teknik Sipil. Moga-moga bukuku yang terbaru tentang SAP2000 dapat juga di jual pada event tersebut. Moga-moga berhasil deal-nya.

11 tanggapan untuk “Jogja aku datang !”

  1. ipanase Avatar

    welkom pakdhe,,,,,, ..wah di KPLT ya, hehheeh siul2

    Suka

  2. Eddy waluyo Avatar
    Eddy waluyo

    Selamat Malam Guru saya, sahabat saya, dosen saya P. Wir yth.
    Nuwunsewu pak, Nampaknya kemungkin saya juga mau ikutan belajar dalam acara tsb ya pak
    Boleh kan ?
    Saya titip pendaftaran sama Kakak saya yg kebetulan Purek di UNY
    P. Kalau boleh minta bocoran makalah Bapak dong

    Salam hormat

    Eddy W

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Wah praktisi baja ringan berkenan hadir. Tumben, lama nggak ada kabarnya, saya pikir sudah lupa. Ditunggu lho!

      Sekali-kali mendengar uraian saya ttg gedung tinggi, kalau yg tempo hari dgn saya khan ttg struktur baja. Ttg materinya, yah seperti biasa : rasanya yg berbahasa indonesia belum ada selain yg nulis saya.

      Suka

      1. Eddy waluyo Avatar
        Eddy waluyo

        Ya gak apa apa deh pak,
        Ke 3 pembicara dalam acara tsb adalah pakar pakar yang saya hormati dan hargai ke ilmuannya. Terutama masalah dinamika struktur yg saya susah banget mudheng pak he he he .
        Pak selama ini saya bertapa mengutak atik Abaqus mencari kesalahan saya kemarin dimana ? Saya sdh dapat Bahan tesis ” Jung hoon lee ” tentang buckling , sebagian isis tesis doctoralnya saya validasi dan aplikasikan dan akhirnya menemukan hasil yg SAMA ( mode serta Graviknya) . selanjutnya saya mau minta waktu Bapak di UPH untuk belajar lebih lanjut bila sudah selesai saya rapikan

        Makasih ya pak

        Suka

  3. fmintarfs Avatar

    Salam Sukses yaa, Pak Dr. Wiryanto Dewobroto..

    Pembahasan mengenai: Rancangan Tahan Gempa untuk Struktur Bangunan Tinggi = Menarik untuk di kaji lebih lanjut, karena
    “Banyak Bagian / Elemen dari Struktur Bangunan Tinggi” yang bisa dikaji lebih lanjut,
    terlebih bisa dikaitkan dengan
    “Applied Forces and High Rise Structure Design”..

    Saya berkenyakinan,
    Pak Wiryanto akan mengkaji setahap-demi-setahap secara mendalam,
    dan
    mempublikasikannya dalam beberapa makalah seminar..

    Selamat Berkarya, Pak Wiryanto –
    di dalam Mengembangkan
    ” Keilmuan Teknik Sipil, Struktur Bangunan (Beton, Baja, Kayu, Komposit) ” di Indonesia..

    Semoga Nantinya,
    Pak Wiryanto bisa Memberikan Konstribusi untuk Masyarakat Luas, selain di Indonesia..

    Selamat Berseminar, Pak Wiryanto..

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Terima kasih atas dukungannya pak Mintar. Yah, kapan kembalinya untuk segera membangun negeri ini. Ditunggu teman-teman lho. 🙂

      Suka

      1. Fransiscus Mintar Ferry Sihotang Avatar

        Sama-sama Terima Kasih, Pak Wiryanto..
        Salam Sukses dan Salam Bahagia juga tuk Pak Wiryanto..
        dan
        Semoga saya pun bisa Meraih dan Merasakan Sukses seperti yang Pak Wiryanto telah Raih..Amin..Amin..

        Suka

  4. ipha Avatar
    ipha

    selamat malam bapak, saya mau tanya ini.
    untuk buku rekayasa sap nya apakah masih ada?
    terimakasih sebelumnya.

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Buku saya dapat diperoleh secara online di http://lumina-press.com . Ini juga sedang diusahakan oleh penerbit agar dapat berpartisipasi di UNY, agar dapat dibeli di acara tsb. Ini lagi nego utk kepastiannya.

      Suka

  5. Faqih Ma'arif Avatar

    Yth. Bapak Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto, M.T.
    Terimakasih sebelumnya kami ucapkan kepada Bapak.
    Mengenai buku, sedang kami rapatkan.
    Kami tidak ingin membuat kecewa bagi teman2 yang akan “membeli” buku tentunya.
    hehehe….

    Sugeng rawuh wonten Yogyakarta

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      terima kasih mas Faqih,
      O ya, ini makalah sudah saya siapkan, sekitar 100 halaman. Bisakah nanti peserta dapat copy-nya. Biar mereka bisa mengikuti aktif pada saat presentasi. Selain itu agar materi yang saya berikan bisa dipelajari lagi di rumah, maklum cakupannya sangat luas. Eh, siapa tahu nanti dari sana bisa lahir ahli struktur yang tangguh. Matur nuwun.

      Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com