Merek kecap yang dijual harus No.1, dan sangat istimewa. Begitulah kira-kira analogi kalau orang ingin sukses dalam mempromosikan produknya.

Demikian juga dengan buku “Handbook of International Bridge Engineering” (October 2013), buku pertama yang membahas struktur-struktur jembatan yang ada di dunia secara lengkap. Buku ini merupakan hasil gagasan dan kerja keras Prof Wai-Fah Chen dari University of Hawaii at Manoa dan Dr. Lian Duan, insinyur jembatan senior California, yang juga telah menulis tentang Bridge Engineering Handbook (November 1999) yang terkenal itu.

Adapun Handbook of International Bridge Engineering ini tidak sekedar revisi dari judul Bridge Engineering Handbook, tetapi adalah baru karena penekanannya adalah kompilasi dari perkembangan-perkembangan jembatan di suatu negara. Istimewanya lagi, jembatan-jembatan di Indonesia adalah salah satunya. Jadi dengan melihat atau tepatnya membaca buku tersebut, maka perkembangan rekayasa jembatan di Indonesia akan segera ketahuan, sudah maju atau belum. Jadi bagi rekan-rekan yang serius dengan bidang engineering, khususnya struktur jembatan,maka memiliki buku ini adalah suatu kewajiban.

Hebatnya lagi akulah salah satu kontributor pada salah satu bab pada buku tersebut, yang mewakili negara Indonesia. Ini tentu sesuatu yang hebat banget. Ini infonya.

sampul

O ya, mengenai isinya, terus terang buku kiriman ke saya, yang khusus diberikan oleh penerbit (CRC Press) belum datang. Tapi luar biasa, ternyata di google book saya bisa mengintipnya. Silahkan dicari deh.

Salam.

Informasi tentang buku tersebut sebelumnya di blog ini :

10 tanggapan untuk “Handbook of International Bridge Engineering”

  1. dwikusuma Avatar

    Terima kasih infonya, Pak.. Sangat bermanfaat…

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Syukurlah, kalau begitu dibantu promosi dong. Maklum, baru pada buku ini informasi tentang jembatan-jembatan di Indonesia ada di pentas dunia. Tapi itu setahu saya lho. 😀

      Suka

      1. Rahmat Permana Avatar
        Rahmat Permana

        Terimakasih sahabatku Pak Wiryanto atas informasinya….

        Suka

  2. ipanase Avatar

    thanks pakdhe

    Suka

  3. Achmad Basuki Avatar
    Achmad Basuki

    Siipp pak Wir….selamat. Sayang karena sakit… kemarin saya malah nggak bisa ketemu pak Wir dan teman-teman di Konteks7…..padahal di kampus sendiri…

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Iya pak. Bahkan kemarin diantar oleh pak Kristiawan melihat-lihat laboratorium struktur, dan melihat di salah satu ruangnya ada nama bapak. Saya berpikir mana ini pak Basuki -nya ?

      Tetapi ok-lah, lain kali bisa ketemu dan berbincang-bincang. Semoga sekarang sudah sehat dan ke kampus lagi. GBU.

      Suka

  4. bab 21 tentang jembatan di Indonesia | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Handbook of International Bridge Engineering –  27 Oktober 2013 […]

    Suka

  5. Jurusan Teknik Sipil di Indonesia dengan Peringkat A (versi BAN-PT) | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Handbook of International Bridge Engineering – 27 Oktober 2013 […]

    Suka

  6. dana . . . sponsor . . . Rio. . . Pra-ORDER | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Hidayat dan Herry Vaza.(2013).”Bridge Engineering in Indonesia”, in : Chapter 21 of the Handbook of International Bridge Engineering by Wai-Fah Chen , Lian Duan, CRC Press (release October 11, […]

    Suka

  7. […] Handbook of International Bridge Engineering – 27 Oktober 2013 […]

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com