buku STRUKTUR BAJA-nya telah jadi !

Hari ini adalah hari yang aku tunggu-tunggu, maklum ada info dari kemarin bahwa buku Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010 akan dikirimkan dari percetakan. Akhirnya, siang ini LUMINA Press.mengirim foto mengenai buku yang aku maksud. Pimpinannya aku telpon : bagaimana kualitas buku yang dicetak. Beliau menyatakan bahwa untuk jacket cover yang berwarna biru dengan hotprint pada judulnya, cukup memuaskan. Ini fotonya : IMG-20150418-WA0010

Ini fotonya mungkin kurang bagus, tetapi kata direktur LUMINA Press : sangat mantap. Bahkan sempat terlontar kalimat : Wah itu harga bukunya terlalu murah pak Wir. Itu lho yang Rp 240 ribu. Apalagi yang telah berhasil membeli dengan cara pra-oder, yang hanya Rp 200 ribu ditambah ongkos kirim. Murah banget itu. Kalau moto copi, jelas nggak dapet buku semewah itu.

Jika jacket buku yang bewarna biru tersebut dibuka. maka akan terlihat sampul hardcover linen dengan tulisan yang lebih sederhana. Nah disini, Pak Direktur LUMINA Press agak kecewa melihat cetakan judul di sampul linen tersebut. Maklum, sampul linennya khan seperti kulit jeruk, jadi hasil cetakannya juga terkesan totol-totol. Mungkin memang cetak di linen seperti itu.

Ini sampul buku linen yang aku maksud, yaitu jika jacket cover dicopot. IMG-20150418-WA0011

Kecuali dari cetak yang agak totol-totol, tidak ada yang kurang, begitu reportase dari direktur LUMINA Press. Yah ini pengalaman pertama memakai sampul buku linen.

Yang penting namaku tercetak dengan benar. Jadi meskipun sedikit totol-totol, tetapi tentunya sangat jarang ada nama dosen teknik sipil yang dapat tercetak seperti itu. Bagaimanapun juga itu menurutku cukup istimewa, dan meskipun pada buku tersebut tidak ada gelar pada nama penulis yang ditampilkan, tetapi yakin sekali buku tersebut akan tetap laku.

Jika halaman pertama buku tersebut dibuka maka terlihatlah portofolio pemberi sponsor utama, yaitu PT. Gistama Intisemesta yang cukup elegant, disampul belakang buku yang hardcover tersebut. IMG-20150418-WA0006

Karena ada sponsor itulah maka buku-bukuku dapat tercetak pada kondisi yang terbaik yang bisa diakses di negeri ini. Mutu bukuku tidak hanya pada isi tetapi juga tampilan fisik. Seperti kecap maka semuanya harus No.1.

Pengiriman pertama dari buku-buku tersebut adalah kepada para pra-order, yang telah percaya dan sabar menunggu sampai buku tersebut selesai dicetak. Hampir dua bulan kesabaran menunggunya. Jumlah pra-order yang telah masuk ada sekitar 300 exp. Banyak juga ya. O ya ada masukan dari LUMINA Press bahwa harga pra-order masih sesuai janji di website-nya yaitu sampai tanggal 20 April ini. Jadi bagi yang belum sempat pra-order silahkan langsung ke http://lumina-press.com mumpung masih ada discount. Yakin deh, kalaupun anda foto copy sendiri, maka mutunya jelas nggak akan ngejar. Murah sekali harga segitu. Ini kata direktur LUMINA Press lho. Yang jelas kita tetap komitmen memegang harga yang telah dinyatakan jauh hari sebelumnya, untuk harga standar adalah Rp 240 ribu. Bagi para dosen stuktur baja, inilah buku struktur baja yang paling siap dengan kedatangan SNI baja yang terbaru. Unit satuannya sudah SI (Satuan International). Format penulisan sudah mengikuti isi AISC 2010 yang merupakan rujukan utama dari SNI baja kita.  Baca lebih lanjut

kurikulum Struktur Baja dan Beton

Tempo.co : Indonesia Kekurangan 800 Ribu Insinyur – KAMIS, 12 JUNI 2014 | 15:12 WIB

Nggak tahu apakah berita di atas jadi penyebabnya atau tidak, tetapi yang jelas saat ini telah dilakukan evaluasi kompetensi pendidikan para insinyur, khususnya bidang teknik sipil. Itu aku tahu karena siang kemarin bapak Dr.-Ing. Jack Widjajakusuma (Kajur Teknik Sipil UPH) memberi saya copy 6 (enam) lembar usulan Kurikulum Inti Teknik Sipil level S1 yang dibuat oleh BMPTTSSI (Badan Musyawarah Pendidikan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia).

Baca lebih lanjut