Tidak terasa, tahun telah berganti, di bulan Agustus ini acara pertemuan ilmiah besar bagi para ahli konstruksi di Indonesia akan berlangsung. Sudahkah anda, yang bergelut di bidang konstruksi telah mendaftarkan diri untuk sekedar meluangkan waktu menghadirinya. Ingat kesuksesan itu tidak sekedar rajin dan tekun bekerja, tetapi juga perlu untuk menambah wawasan. Satu langkah smart yang dapat dilakukan adalah dengan mencari kawanan seprofesinya, benchmarking, dan sekaligus reuni. Itu semua bisa dilakukan di acara ini.

logo-seminar-haki-2016

Sebagai dosen yang mengajar calon-calon profesional di bidang konstruksi, menghadiri acara seperti ini tentunya akan membantu menambah wawasan yang bagus agar dapat ditularkan pada mahasiswa-mahasiswa muridnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk menunjukkan hasil kerja ilmiahnya bersama murid-muridnya agar dapat dibagikan kepada para praktisi. Ini penting untuk menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak sekedar dosen, orang yang bekerja mengajar di perguruan tinggi, tetapi memang adalah seorang guru bagi para profesional tersebut. Jadi nantipun saya juga berusaha aktif hadir dan mengajar di acara tersebut. Moga-moga ada sesuatu yang bermanfaat.

O ya, adapun jadwal saya mengajar dan sekaligus acara seminar tersebut dapat dilihat di tabel berikut. Sampai jumpa kita di sana.

jadwal-acara-hari-1

jadwal-acara-hari-2

Catatan : Buku karya tulis saya yang terbaru, yaitu “Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010, Edisi ke-2” saat ini sedang dalam tahap pencetakan. Direncanakan agar proses pencetakan dapat selesai sebelum acara seminar ini. Itu penting karena pihak LUMINA Press akan mendirikan stand penjualan buku, launching buku, begitu katanya. Mohon doanya agar rencana itu dapat berlangsung sukses. Rencananya buku tersebut akan dijual seharga Rp 300 ribu. Jika ingin discount, untuk harga buku Rp 250 ribu, silahkan pra-order di http://www.lumina-press.com.

9 tanggapan untuk “Jadwal Acara Seminar HAKI 2016”

  1. Inggar Fipiana Avatar
    Inggar Fipiana

    Pak Wir, sy tidak ikut seminar tapi ikut yang short course gempa saja, kalau saya ingin beli buku prosidingnya saja bisa nggak ya?

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Untuk buku atau prosiding seminar, silahkan ke panitia ya. Maklum, saya juga hanya tamu di acara tersebut. 😀

      Suka

  2. Kevin Tj Avatar
    Kevin Tj

    liat tema hr pertama jam 11.20 jd teringat tulisan Pak Wir yg ini
    https://wiryanto.wordpress.com/2015/09/11/baut-mutu-tinggi-8-8-dan-a325

    Sampai jumpa Pak Wir di Hotel Borobudur

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Betul sekali. Hanya saja untuk makalah di seminar HAKI nanti, sudah dapat jawabannya. Ini penting karena ternyata pedoman yang dikeluarkan oleh menteri PU terpengaruh oleh hasil penelitian ini. Kelihatannya sepele, tetapi ternyata tidak semua tahu lho. Oleh sebab itu penting diungkapkan pada publik.

      Suka

  3. Hafiz Ashadi Avatar
    Hafiz Ashadi

    untuk melakukan pendaftaran nya dimana ya pak Wir?

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Hubungi panitia, saya cuma tamu lho dik.

      Suka

  4. Cina dan baja | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] Itu semua memaksa kita untuk menerima kenyataan bahwa Cina memang mempunyai kemampuan di bidang konstruksi baja. Bahkan dari hasil studi literatur ketika menulis buku Struktur Baja pertama kali, ternyata dapatlah diketahui bahwa memang Cina adalah nomer satu dunia dalam produksi baja. Ini dibahas pada Bab 2 buku Struktur Baja yang aku tulis. Buku Edisi ke-2, yang terbaru akan keluar bulan ini dan recananya akan dijual di acara seminar HAKI 2016 ini. […]

    Suka

  5. […] Kelihatan galau ya. Pertama-tama mungkin karena saya mengajar ke dua mata kuliah tersebut. Tetapi itu tidak berarti saya hanya menguasi keduanya, tidak juga. Bahkan saya sebutkan di atas, bahwa ilmu struktur yang pertama-tama saya kuasai (untuk bekerja) adalah ilmu struktur beton. Adapun ilmu struktur baja mulai aku pelajari secara khusus ketika melihat bahwa di kantor konsultan waktu itu, yang menguasainya tidak banyak. Jadi sejak itu, saya belajar sendiri tentang ilmu tersebut, sampai berpuncak pada penulisan buku Struktur Baja Edisi ke-2, yang sebentar lagi akan dilaunching di seminar HAKI tanggal 23 Agustus ini. […]

    Suka

  6. […] para pemesan via pra-order dan sekaligus akan berpartisipasi dengan membuka stand penjualan di acara seminar HAKI, dapat terwujud. Ini tentu berkat doa dan harapan yang baik dari para pembaca […]

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com