Kaleidoskop 2018

Kehidupan berjalan begitu rupa, waktu berganti dengan cepat. Mengenang dan menuliskannya adalah salah satu upaya untuk mensyukurinya. Itulah motivasi utama mengapa Kaleidoskop 2018 ini dibuat, yang berisi semua catatan kegiatan yang terdokumentasi di 2018. Siapa tahu tulisan ini dapat dijadikan inspirasi bagi teman-teman pembaca yang masih muda. Jika ada yang baik, silahkan ditiru, adapun yang buruk, lupakan saja.

Pada saat Kaleidoskop 2018 ini dibuat, usiaku telah melewati 1/2 abad. Usia yang sebagian besar orang dianggap telah masuk pada ranah purna tugas atau pensiun. Adapun di tahun tersebut, dalam rangka menunjang akreditasi kampus maka ada program percepatan jumlah Guru Besar. Saya salah satu yang dipilih masuk dalam program tersebut. Akibatnya ada harapan untuk segera mempersiapkan kelengkapan DIKTI agar dapat segera diuruskan. Jadi tahun 2018 ini juga krusial bagi karirku nanti. Jika program GB sukses, maka usia pensiunku akan meningkat dari 60 ke 65. Semoga Tuhan berkenan atas semua rencana ini.

Materi Kaleidoskop ini akan saya susun secara kronologis, diurutkan dari awal (Januari 2018 – Desember 2018). Isinya tidak hanya kegiatan profesional tetapi juga warna-warni yang terdokumentasi.

Inilah Kaleidoskop saya di 2018 :

29 Januari 2018 : menghadiri undangan Pencanangan Gerakan Nasional Keselamatan Konstruksi sekaligus penanda-tanganan pakta komitmen terhadap keselamatan konstruksi di Lingkungan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama mitra kerja, yang diselenggarakan di Auditorium Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, jl. Pattimura No.20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

 

Mayoritas Pegawai Kementrian PUPR Indonesia

 

 

Anggota Komite Keselamatan Konstruksi (K2K) berpose bersama dengan Menteri PUPR

 

Acara tersebut sekaligus menandai dimulainya aktifitas saya di lingkungan Kementrian PUPR sebagai anggota Komite Keselamatan Konstruksi yang diangkat oleh Menteri PUPR. Surat pengangkatan keanggotannya adalalah sebagai berikut:

 

SK Pengangkatan sebagai anggota Komite Keselamatan Konstruksi Kementrian PUPR

 

 

28 Februari 2018 : ada penawaran istimewa dari LUSAS, program FEA dari Inggris. Karena merasa bahwa ketrampilan penggunaan program ke depannya akan lebih baik maka mencoba investasi dengan program tersebut. Ini kiriman program LUSAS yang diterima.

28Feb2018-a

28Feb2018-b.jpg

Ternyata setelah akhir tahunpun, saya belum menguasai penggunaan program di atas. Lambat sekali untuk menambah kompetensi diri, mungkin karena faktor U. Jadi bagi teman-teman engineer, gunakan waktumu sebaik-baiknya untuk belajar. Kalau sudah tua itu memang berbeda. 😀

 

2 April 2018 : Seminar Civil Engineering Week 2018 : “Peningkatan Daya Saing Konstruksi Indonesia”, Gedung D Lantai 5, Ruang 501, Kampus UPH Karawaci.

6 – 7 April 2018 : Narasumber Short Course HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia) Komisariat Daerah Provinsi Sumatera Barat bertempat di HOtel Grand Inna Padang.

2 Mei 2018 : Seminar Civil Week 2018, Auditorium Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Makalah tertulis yang saya bawakan berjudul : Prospek dan Permasalahan Bangunan Baja Tahan Gempa. Untuk yang tertarik untuk membawa materi tulisan saya, silahkan download Wiryanto-2-Mei 2018-UMJ-Jakarta.pdf  (4.7 Mb).

24 Mei 2018 : memberikan presentasi pada acara FaST Science-Tech Colloquium di Kampus UPH, Lippo Karawaci, Tangerang.

 

24-mei-2018-A
diberikan sertifikat sebagai pembicara oleh Dr.-Ing. Ihan Martoyo, Direktur LPPM UPH

 

 

1 Juni 2018 : acara pertunangan salah satu anggota keluarga besar Timuran di Jakarta

tunangan-1

tunangan-2

9 Juni 2018 : ikut parade senat universitas dalam rangka wisuda mahasiswa/i UPH.

senat-UPH-1

11 Juni 2018 : perjalanan mudik ke Yogyakarta pakai mobil sendiri, mampir menjemput anak tertua yang sedang sekolah di kota Semarang dan makan siang bersama di restoran Beringin, resto favoritnya.

 

11Juni2018
makan siang di restoran favorit Agatha di kota Semarang

 

15 Juni 2018 :  rencana liburan mudik di kota Yogyakarta. Tak disangka dan tak diduga ternyata pada kesempatan yang sama eyang Tomo, adik kadung Bapak mertua meninggal karena kecelakaan. Akhirnya berkesempatan pula menghadiri pemakaman beliau. Ini saat di ruang jenazah RSP Sardjito, Sleman.

 

eyang-tomo-1
duduk paling kiri mas dr Aza, lalu mbak dr. Alin, mas dr Idho, lalu sebelahnya kalau tidak salah Agatha, anak tertua. Semuanya itu ponakan-ponakannya eyang Tomo. Semoga eyang mendapatkan kedamaian di surga.

 

eyang-tomo-2

eyang-tomo-3

 

eyang-tomo-4
pak Sri Hardjono dan pak dr R.A Kresman (usia 80 th dan usia 89 th)

 

eyang-tomo-5

17 Juni 2018 : perjalanan kembali lagi ke Jakarta via Semarang, mampir di Ungaran menengok eyang suster Felisitas yang menjadi biarawati di sana.

17Juni2018

30 Juni 2018 : menghadiri misa ucapan syukur ulang tahun 60 tahun perkawinan Bapak dan Ibu dr R.A Kresman Sp.J di Jogyakarta.

timuran-1

timuran-2

timuran-3

timuran-4

timuran-5

 

timuran-6
Bapak dr R.A Kresman dengan Ibu yang merayakan ultah perkawinan ke-60

timuran-7

 

timuran-8
Bapak Ibu Kandung (Drs RM. L. Srihardjono) dan Bapak Ibu Mertua (dr R.A Kresman)

 

12 Juli 2018 : monev pekerjaan infrastruktur di daerah Jakarta Barat sebagai selaku anggota Komite Keselamatan Konstruksi Kementrian PUPR bersama Prof Suprapto. Ini sedikit dokumentasi pelaksanaan di sana.

12Juli-A

12Juli-B

12Juli-C

12Juli-D

12Juli-E

12Juli-F

12Juli-G

 

12Juli-H
sistem keamanan sementara selama proses erection PC girder

 

12Juli-I

 

19 Juli 2018 : seminar perkenalan ISSC di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan.

19-Juli-1

 

19-Juli-2
bersama penggiat konstruksi baja Indonesia, sebelah kiri Dr. Muslinang Moestopo (ITB) dan bapak Ken Pangestu (pimpinan di PT. Gunung Garuda)

 

20 Juli 2018 : diundang sebagai Invited Speaker di acara Seminar HAKI Komda Sumatera Utara, yang berlangsung di Grand Diamond Lt. 2 Grand Swiss-Belhotel, Medan.

medan-0

medan-1

 

medan-2
berpose dengan ketua HAKI Komda Sumatera Utara (bapak Dr. Daniel Teruna)

 

 

medan-3
berpose dengan para pakar struktur Indonesia, Dr. Muslinang (pakar baja ITB), Dr. Nathan Madhutujuh (pembuat software SANSPRO, SAP versi Indonesia) dan Dr Robby Permata (pakar jembatan lulusan dari Jepang)

 

medan-4

medan-5

medan-6

medan-7

medan-8

medan-9

 

medan-10
bersama ketua HAKI Pusat (Dr. Ir. Dradjat Hoedajanto, M.Eng.)

 

medan-11

 

25 Juli 2018 : sebagai anggota Komite Keselamatan Konstruksi melakukan peninjauan proyek infrastruktur di Jawa Timur.

 

jatim-1
bersama bapak Harry Laksmanto (Kementrian PUPR)

 

jatim-2

jatim-3

jatim-4

jatim-5

jatim-6

 

25 Agustus 2018 : mengunjungi kantor PT. Gistama Intisemesta sekaligus reuni dengan teman sewaktu program S2-UI dan kantor PT. Wiratman & Assc., sekaligus untuk mengambil undangan seminar HAKI.

kantor-gistama

 

28 – 29 Agustus 2018 : mempresentasikan makalah pada acara Seminar dan Pameran HAKI 2018, di Hotel Borobudur, Jakarta.

Judul makalah yang disampaikan adalah “Analisis Kekuatan Batas Perancah Baja dengan Direct Analysis Method (DAM)” yang dibuat bersama dengan bapak Ir. Wawan Chendrawan, MT. , Direktur, PT. GISTAMA INTISEMESTA, Jakarta. Berbicara di acara HAKI Jakarta sangat membanggakan, bayangkan saja ada sekitar 500 – 600 peserta yang hadir dan mendengarkan paparan kita. Salut untuk pengurus HAKI yang bisa membuat acara tersebut menjadi magnet bagi kedatanganan para profesional di bidang konstruksi.

HAKI-jakarta-3

 

1 September 2018 : mengikuti retreat keluarga besar Universitas Pelita Harapan di Gedung C, Kampus UPH Karawaci.

retreat-1

retreat-2

 

2 September 2018 : pertemuan keluarga di rumah makan Cianjur, Alam Sutra, Serpong.

kel-pak-Thomas-1

kel-pak-Thomas-2

12 September 2018 : mengikuti workshop finalisasi pembentukan ISSC.

12-september-2018

18-19 September 2018 : memberikan presentasi di acara Konferensi Nasional Teknik Sipil 12 di kota Batam.

Makalah yang disampaikan berjudul “EVALUASI TEGANGAN IJIN HASIL UJI EMPIRIS TIGA JENIS KAYU TROPIS TERHADAP NILAI DESAIN ACUAN SNI 7973-2013“, yang merupakan pengembangan dari hasil tugas akhir atau Skripsi dari sdr Ricky Weinata Kurniawan. Pada foto di atas, terlihat yang bersangkutan (duduk nomer dua dari kiri) bersama presenter lain yaitu Dr. Noor Intang (sebelah kirinya, dari Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto) dan Dr Ade Lisantono (sebelah kanannya dari UAJY, Yogyakarta).

Dengan mengajak mahasiswa bimbingan S1 untuk mempresentasikan makalah di acara Seminar Nasional merupakan strategi pendidikan yang ibarat “sekali mengayuh dua dan tiga pulau terlampaui”. Pertama adalah memberi pemahaman dan sekaligus membekali mahasiswa itu sendiri bahwa apa yang dia kerjakan selama penulisan skripsi itu memang berharga sehingga layak dipresentasikan di tingkat nasional. Kedua, memberi kesempatan bagi mahasiswa tersebut untuk menunjukkan bagaimana dampak bimbingan yang aku berikan selama ini untuk tampil bersama dengan senior-seniornya. Ketrampilan ini tentu sangat membantu untuk karir ke depannya. Ketiga, dengan dapat tampilnya mahasiswa di depan untuk presentasi tentu sangat membantu gurunya untuk dapat istirahat. Gurunya hanya bersiap-siap untuk menampung nantinya jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Malaikat penjaga begitu katanya. Dengan demikian, gurunya dapat ber-foto-ria dengan teman-teman dosen lainnya.

 

Bersama pak Made Sukrawa, dosen senior di bidang structural engineering dari Universitas Udayana, Denpasar.

_batam-6

27 September 2018 : proses reviewer untuk memberikan penilaian dan ulasan atas hasil karya ilmiah oleh Prof Ika Balo, Prof Harianto Hardjasaputra dan Prof Sofia Alisjahbana, bertempat di Ruang Pertemuan FaST, Gedung B, Kampus UPH, Lippo Karawaci, Tangerang.

 

3 Oktober 2018 : Diskusi bersama teman-teman profesional, setelah itu acara makan siang bersama. Ini dokumentasinya :

Ternyata . . . yang sebelah kiri adalah pak Hendro, kakak kelas saya di JTS-UGM, Jogyakara, dan yang sebelah kanan adalah pak Dr.-Ing Josia Irwan Rastandi, satu angkatan kelas ketika mengambil studi lanjut di S2 Pasca sarjana UI, Salemba Jakarta.
Pak Awal Surono, pakar struktur dari ITB, bersama pak Tri, Pimpro kakak kelas saja juga dari JTS UGM, juga ibu Riana Yenny Betrix, Manager Engineering PT. Cibitung Tanjung Priok Port Tollway (dari kartu namanya) yang ternyata adalah adik kelas jauh di JTS UGM, Yogyakarta.

 

5 Oktober 2018 : kesempatan makan siang bersama dengan dosen-dosen senior di Fakultas Sain dan Teknologi, yaitu pak Reinhardt, pak Henri P. Uranus dan pak Adry Panjaitan.

saya, lalu pak Reinhardt, pak Henri dan pak Andri yang adalah senior-senior lecturer di Fakultas Sain dan Teknologi, Universitas Pelita Harapan

 

13 Oktober 2018 : diundang sebagai pengisi acara (Invited Speaker) di Short Course HAKI Komda Kalimantan Selatan, di kota Banjarmasin.

bersama pak Andreas dari HAKI Pusat

 

16 Oktober 2018 : acara pengukuhan dewan pengurus Indonesian Society of Steel Construction yang diadakan Ruang Auditorium Kementrian PUPR, Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Acara ini diselenggarakan Kementrian PUPR – Dirjen Bina Konstruksi.

24 Oktober 2018 : kedatangan alumni mahasiswa, bimbingan tugas akhir, sdr Maya Amnifu, yang akan meminta surat rekomendasi karena diterima program beasiswa LPDP untuk studi lanjut S2 di Inggris. Ini foto-foto saat itu.

 

pak Jack Widjajakusuma, pak Andreas, Maya Amnifu yang baru mendapatkan beasiswa LPDP untuk studi lanjut S2 di Inggris, dan saya yang pernah menjadi pembimbing tugas akhir sdri Maya.

 

25 Oktober 2018 : diundang khusus oleh sdr Tri Suryadi, alumni UPH yang menyelenggarakan seminar nasional berikut.

dari ke enam pembicara di atas, yang belum kenal adalah pak Stefano dan pak Tony, lainnya seperti Prof Iswandi adalah guru saya untuk pengujian eksperimental ketika kuliah S3 di Bandung dulu, adapun pak Dr.-Ing Josia adalah sobat bikin tugas ketika sama-sama kuliah di S2 UI, adapun pak Budi Santoso adalah teman yang setia untuk memberi sponsor buku-buku karangannya saya, adapun yang punya acara yaitu sdr Tri Suryadi, ST., MT. adalah alumni Jurusan Teknik Sipil UPH yang juga mahasiswa tugas akhir yang saya bimbing dulu.

Acara di atas juga merupakan kebanggaan dari Jurusan Teknik Sipil UPH, yang alumninya yaitu sdr Tri Suryadi, ST., MT. yang merupakan ISOSISM Seismic Division Manager Freyssinet Total Teknologi, telah dapat berkiprah di kancah dunia konstruksi secara baik. Ini tentu membanggakan sekali bagi guru-guru di kampus, apalagi saya dulu adalah dosen pembimbing tugas akhirnya, tentu akan bangga sekali. Pada acara tersebut bertemulah kami, para structural engineer profesional.

Dunia ini kecil, ketemu lagi teman-teman di masa lalu, pak Steffie yang adalah bos saya pertama kali ketika bekerja di PT. Wiratman & Assc. , juga pak Budi Hartono yang sekarang dalah salah satu Direktur PT. Wiratman, adapun pembira seminar yaitu pak Josia juga karib di S2-UI. O ya, tidak lupa juga yang sedang berdiri dan memberikan jempol yaitu sdr Irawan Wibawa, teman yang ketemu pertama kali ketika bekerja di PT. Wiratman hampir 30 tahun yang lalu.

 

1 November 2018 : Kegiatan Training Workshop “Perencanaan Stabilitas Formworks, Falseworks, dan Scaffolding Untuk Keselamatan Konstruksi Elevated Structures Dalam Pembangunan Infrastruktur”, yang akan diadakan pada Hari Kamis, tanggal 1 November 2018, bertempat  Hotel Ambhara, Jl. Iskandarsyah No 1, Melawai, Kby Baru, Jakarta Selatan.

 

22 November 2018 : materi yang saya bawakan di acara tanggal 1 November 2018 di atas ternyata menarik minat salah satu peserta yang juga manajer QHSE PT. PP (Persero). Karena dianggap sesuai dengan materi yang diharapkan, maka beliau mengundang saya untuk membawakan materi yang sam di acara Sarasehan QHSE, yang akan dihadiri oleh seluruh Pimpro Infrastruktur PT. PP di seluruh Indonesia. Acaranya diselenggarakan di hotel Grand Kamala Lagoon, Bekasi. Jumlah Pimpro yang hadir sekitar 300 orang (informasi dari manajer tersebut). Acara intu tentu menarik, apa yang akan saya sampaikan tentu akan dievaluasi oleh peserta, yang tentu saja sudah banyak makan asam garam pelaksanaan konstruksi yang sesungguhnya.

Acara berlangsung lancar, ada beberapa pertanyaan yang terkesan “konfirmasi” tetapi untunglah semuanya itu dapat dijawab dan puas kelihatannya. Ternyata di PP banyak teman-teman yang saya kenal, ternyata banyak alumni UGM di sana. Ini ada beberapa dokumentasi foto yang berhasil aku dapat.

22-Nov-1
bersama Ir. Abdul Haris Tatang, MSc., Director PT. PP (Persero) yang juga teman alumni di Jurusan Teknik Sipil UGM, Yogyakarta
22-Nov-2
bersama bapak Pande Ketut, yang pernah bersama-sama di konsultan engineering di Jakarta ketika awal karir beliau, dan yang paling kanan bapak Kristanto, Pimpro PT. PP di kota Medan yang juga teman alumni di JTS UGM, Yogyakarta.
22-Nov-3
sdr Budi Putra Setiawan (kiri) dan sdri Merry Natalia (kanan), yang keduanya adalah mantan murid di JTS UPH, Lippo Karawaci. Keduanya datang sebagai pemateri di sesi berikutnya.

 

23 November 2018 : berkesempatan mengikuti proses uji dinamik dan uji statik jembatan box baja di Cimanggis, Depok. Semoga dapat menjadi materi untuk makalah berikutnya.

 

23-Nov-2018
Truk-truk pembebanan statik di atas jembatan box baja bentang 60 m yang diuji

 

 

30 November 2018 : mengikuti acara yang diselenggarakan oleh FLA (Faculty of Liberal Arts) UPH di kampus, tentang integrasi iman Kristiani dalam kehidupan akademis.

30-Nov-2018
Pdt. Dr. Yakub B. Susabda, pimpinan di STTRII

 

5 Desember 2018 : Training Workshop (Batch II) : Perencanaan Stabilitas Formworks, Falseworks dan Scaffolding untuk keselamatan Konstruksi Elevated Structures dalam Pembangunan Infrastruktur, bertempat di Park Regis Arion, Jl. Kemang Raya No.7, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

11 Desember 2018 : ujian akhir semester untuk mata kuliah Komputer Rekayasa Struktur, mata kuliah muatan lokal di Jurusan Teknik Sipil UPH yang aku asuh. Dari mata kuliah inilah maka aku bisa menulis buku berjudul Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000. Pada sesi ini maka pertama kali seluruh HP mahasiswa peserta ujian harus dikumpulkan di depan. Ini terjadi karena pada sesi yang lain, ketika digunakan ujian praktek dengan komputer, maka fasilitas ON-Line ternyata dapat digunakan untuk mencontek atau tepatnya berbagi jawaban dengan peserta lain.  Baru pada semester ini aku menjumpai langsung strategi seperti itu. Jadilah deh, kumpulan HP di meja saat ujian.

11-des-2018
pengumpulan HP selama UAS di JTS UPH

16 Desember 2018 : bersama istri dan anak menghadiri kondangan pernikahan putra bapak Ir. Rusli, MT. di Bale Dayang Sumbi, Jl. Mustofa, Bandung. Beliau adalah pejabat di PUPR dan teman di ISSC.

 

19 Desember 2018 – A : menghadiri Rapat Pembahasan Produk Baja Konstruksi yang menggunakan Metode Produksi Induction Furnace untuk Sektor Konstruksi, di Ruang Rapat Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Gedung Utama Kementrian PUPR Lt. 10, Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

19 Desember 2018 – B : mendapat informasi via WA dari ibu Lisye Nurzaman bahwa berkas pengurusan GB telah dikirim ke LLDikti III atau Kopertis Wilayah III Jakarta. Semoga ini bisa menjadi awalan yang baik bagiku dan juga bangsaku.

 

21 Desember 2018 : hari Jumat aku sudah mengambil cuti tahunan, meninggalkan kegiatan rutinku di Jakarta. Tiket perjalanan ke Yogyakarta ternyata padat, hari itu aku dapatkan tiket KA. Untunglah anakku bungsu sudah libur kuliahnya, sehingga bisa menemani perjalanan untuk menengok ke dua kakek-neneknya di Yogyakarta. Selfi sebentar di stasiun KA Pasar Senen menuju tanah kelahiran kami bertiga.

21-Des-2018

 

Bola sudah bergulir, tahun 2018 sudah aku gunakan dengan semampu-mampuku. Aku tidak tahu, tetapi apa yang menjadi VISI dan MISI hidupku semoga sudah aku jalani dengan baik. Hanya orang lain yang bisa menilainya secara objektif. Tugasku hanya berusaha sekuat-kuatnya dan memohon Tuhan untuk membimbing dan melindungi jalanku. Semoga semua apa yang aku lakukan adalah untuk kemuliaan nama Bapa di Surga. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s