Tentang

Wiryanto Dewobroto mengawali karirnya sebagai engineer dan berpengalaman dalam perencanaan struktur, khususnya gedung-gedung tinggi dan bangunan industri. Akibat krisis moneter 1998 yang mana pada saat bersamaan lulus program magister teknik maka beralih kerja ke dunia pendidikan tinggi. Tepatnya menjadi dosen di perguruan tinggi swasta di Tangerang, karena menikmati hal itu tidak terasa sampai sekarang ini.

Pendidikan formal di bidang teknik sipil ditempuhnya mulai dari level S1 (UGM, Yogyakarta), S2 (UI, Jakarta) dan S3 (Unpar, Bandung). Bidang ilmu teknik sipil formal yang ditekuni adalah paralel dengan pengalamannya sebagai engineer, yaitu ilmu rekayasa struktur atau structural engineering. Adapun bidang mata kuliah yang pernah dipegangnya adalah [1] Komputer Rekayasa Struktur; [2] Struktur Baja; [3] Struktur Kayu; [4] Bahasa Pemrograman;[5] Mekanika Teknik /Analisa Struktur; [6] Struktur Beton.

Pada saat mengambil program S3 atau sekitar tahun 2004 – 2009 pernah begitu aktif menulis blog dengan judul sama dengan alamat di http://wiryanto.wordpress.com dan http://wiryanto.net. Hanya saja karena ada kesalahan memuat berkas berhak-cipta di blog maka kena penalti DMCA. Blog dengan alamat lama tersebut di suspended, nggak bisa diakses. Karena nggak menyangka hal itu akan terjadi, maka ada sekitar 1000 artikel yang menjadi raib (tidak bisa diakses lagi). Meskipun telah diusahakan untuk diurus tetapi kelihatannya prosesnya bertele-tele dan daripada terkatung-katung tidak ada kepastian maka segeralah dibuat blog dengan alamat baru di http://wiryanto.blog ini.

Blog “The Work of Wiryanto Dewobroto” adalah sarana informal untuk mengungkapkan ide-ide yang selalu bermunculan, tidak ada keuntungan finansial yang aku dapat hanya memang dengan menulis blog maka namaku di kenal banyak orang. Bahkan banyak yang mengenal nama tersebut tanpa tahu orangnya langsung. Ini memang fenomena menarik.

Selain menulis blog, aku juga aktif menulis buku dan artikel ilmiah. Buku-buku karanganku bisa diperoleh melalui penerbit LUMINA Press yang bisa diakses via http://lumina-press.com. Buku-buku yang kutulis masih terbatas pada bidang ilmu teknik sipil dan pemrograman komputer. Sudah beberapa kali ini, buku-buku juga dijual via stand pameran di seminar nasional HAKI yang biasanya diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta. Akhir bulan Agustus 2017 ini juga akan buka lagi. Semoga rencananya lancar saja.

Dengan di suspended-nya alamat blog lamaku tersebut tentu saja kecewanya tidak terkirakan adanya, karena di dalam ada sekitar 1000 artikel . Di antaranya tentu saja ada tulisan yang terselip semangat-semangat hebat karena ketika itu penulis sedang menempuh program S3. Saat ini tentunya semangat sudah berbeda, sudah tenang. Itulah manusia, kadang tidak menduga akan apa yang terjadi, untunglah yang raib itu hanya karya-karyaku saja. Adapun ragaku sendiri masih diberikan Tuhan kesehatan dan semangat. Jadi meskipun mungkin saat ini tertatih-tatih untuk mengisi lagi blog ini dengan tulisan lagi (tanpa berkas berhak-cipta orang lain tentunya) tetapi masih berharap banyak agar tulisan-tulisan yang dibuatnya meninggalkan jejak positip baik bagi anak-anak muda dan dapat membantu mereka untuk lebih sukses dalam menjalani hidupnya.

Semoga Tuhan memberkati dan melindungi akan jalan pilihan ini.

dipuskim-2011
Uji Beban Scaffolding PT L & J , yang menjadi materi Bab 10 buku Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010 (Edisi ke-1 & ke-2). Ingin buku tersebut, kunjungi LUMINA-Press

Informasi lain di dunia maya tentang aku juga dapat dilihat di beberapa link berikut: