Buku Wiryanto 2023 telah beredar !

Puji Tuhan kemarin bos Lumina Press datang ke kampus memberikan sampel buku “Jembatan Gantung Infrastruktur Kemakmuran), yang saya tulis bersama bapak Herry Vaza dan bapak Iwan Zarkasi, para ahli jembatan dari Kementerian PUPR. Lega sudah kerja keras penulisan yang telah dimulai sejak akhir 2021 lalu. Lebih dari satu tahun untuk menyelesaikan buku tersebut. Buku dicetak full-color, dengan kertas istimewa hardcover, jika anda tertarik untuk membaca dan memiliknya silahkan diorder saja via online di http://lumina-press.com.

Adapun penampakan fisik buku baru tersebut dapat dilihat pada foto-foto berikut.

Ucapan terima kasih pertama-tama disampaikan kepada 23 perusahaan dari industri konstruksi, yang berkenan menjadi sponsor buku tersebut. Adanya sponsor dari industri menyebabkan buku dapat dicetak dengan spesifikasi tertinggi, yang bisa dibuat percetakan besar negeri ini. Jika tidak ada sponsor, maka tentu harga jualnya menjadi tidak terjangkau, atau penulisnya nggak berani order spesifikasi tinggi. O ya, jika ada pembaca merasa bahwa ada spesifikasi yang lebih baik, dari percetakan dalam negeri, mohon diinformasikan. Maklum saya dan Lumina Press mempunyai cita-cita bisa membuat buku berbahasa Indonesia yang elegan dan bermutu baik, tidak kalah dengan buku-buku impor, tetapi dengan harga terjangkau.

Berbicara tentang kualitas buku darisi sisi fisik, memang lebih gampang. Setiap orang bisa menilai dan membandingkan dengan mudah. Maklum kalau melihat buku-buku berbahasa Indonesia, meskipun membawa nama institusi besar, tetapi kualitas buku tidak membanggakan. Ada yang sekedar pasang foto, yang mungkin saja sewaktu dilihat di layar komputer terkesan bagus, tetapi ketika dicetak menjadi jelek. Untuk itulah saya selalu berusaha membuat buku itu menjadi terbaik, misalnya tata layout memakai program Adobe Indesign. Untuk ini saya mengucapkan terimakasih kepada kampus UPH yang telah mengijinkan memakai software asli Adobe. Jadi editingnya tentu pakai Indesign yang paling updated.

Terlepas dari itu semua, tntu saja ada konsekuensi, banyak waktu yang tersita, tidur lebih sedikit. Untung saja, tidak semua orang bisa melihatnya, kesannya kalau dari FB maka saya banyak jalan-jalan, menjadi pembicara dimana-mana. Padahal itu hanya intermezo, setelah selesai bisa terlupakan, untuk buku tentu istimewa. Maklum sekali terbit, maka orang akan bisa membaca lagi buku tersebut, bahkan setelah penulisnya meninggal dunia.

Buku akan memperlihatkan kepada semua orang, siapa penulisnya. Ini mungkin yang menyebabkan banyak industri mau berpartisipasi sebagai sponsor. Ingin menjadi bagian bagi kemajuan negeri ini. O ya, buku “Jembatan Gantung Infrastruktur Kemakmuran” ini adalah buku pertama setelah saya mencapai gelar Guru Besar di bidang ilmu teknik sipil. Jadi saya berharap, buku tersebut menjadi gambaran seberapa kompeten saya di bidang ilmu teknik sipil, khususnya struktur jembatan. Belum lama kemarin saya mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai Ahli Utama Jembatan dari BNSP melalui LSP Infrastruktur Jalan dan Jembatan, yang dinahkodasi oleh bapak Iwan Zarkasi, yang notabene penulis ke-3 buku ini. Semoga keberadaan buku ini bisa meneguhkan tingkat kompetensi yang saya punyai.

Tidak banyak komentar yang perlu saya sampaikan, yang jelas buku ini menurut Prof Iswandi Imran adalah buku pertama berbahasa Indonesia yang membahas Jembatan Gantung secara mendalam (bukan sekedar reportase dokumentasi foto-foto jembatan yang telah dibangun). Saya sendiri juga merasa demikian, karena selama membuat / menulis buku tersebut tidak ada atau belum ada buku yang dapat dibaca atau dijadikan rujukan, yang ada hanya buku tentang jembatan gantung yang pernah dibangun, jadi semacam buku laporan.

Jika anda telah membeli dan membaca buku ini, mohon berkenan memberikan tanggapan, untuk kebaikan di masa depan. Semoga apa yang saya tulis bersama pak Herry dan pak Iwan pada buku di atas, dapat membawa manfaat bagi kemajuan dunia rekayasa konstruksi di Indonesia.

Semoga Tuhan memberkati hidup kita sekaligus agar kita menjadi berkat bagi sesama. GBU

Order di LUMINA-Press.com

O ya, ada yang minta daftar isi buku, ini ya:

Brosur buku-buku Wiryanto yang dapat dibeli di LUMINA-Press.

Satu tanggapan untuk “Buku Wiryanto 2023 telah beredar !”

  1. Muh Sulthan Bangsawan 20 022 Avatar
    Muh Sulthan Bangsawan 20 022

    Yth Bpk Wiryanto Dewabroto,

    Salam hormat,

    Perkenalkan Pak Wir.. saya Muhammad Sulthan Bangsawan dan saya adalah seorang mahasiswa tingkat akhir S1 teknik sipil perancangan struktur gedung di Politeknik Negeri Ujung Pandang

    Saya ingin menyampaikan kekaguman saya terhadap karya-karya luar biasa yang telah Bpak Wiryanto ciptakan dalam dunia teknik sipil, khususnya terkait Buku struktur baja ini. Karya-karya Bapak telah memberikan inspirasi dan pemahaman yang mendalam, dan saya sangat menghargai kontribusi dan dedikasi Bapak dalam bidang ini.

    Dengan penuh rasa hormat, saya ingin meminta rekomendasi buku-buku lain yang menurut Bapak dapat menjadi tambahan berharga untuk pemahaman saya dalam ”Perencanaan Struktur baja dengan breising eksentrik”, berhubung saya mengambil topik tersebut sebagai skripsi. Tepatnya saya mengambil topik terkait breising eksentrik type-D dan Type K-split. Saya sangat membutuhkan buku/literur yang membahas terkait dengan topik tersebut untuk keberlanjutan penelitian saya kedepannya. Saya percaya rekomendasi dari seorang penulis berbakat seperti Bpak akan sangat berharga bagi perkembangan literasi dan wawasan saya.

    Jika Bapak berkenan memberikan rekomendasi, saya akan sangat menghargainya. Saya siap untuk memperoleh buku-buku yang Bapak rekomendasikan dan belajar dari pengetahuan yang Bapak miliki.

    Terima kasih atas perhatiannya Pak terhadap permintaan saya. Saya sangat menghargai waktu dan energi Bapak dalam membaca tulisan saya ini. Sekian..

    Salam hormat,
    Muhammad Sulthan Bangsawan

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com