Kata Pengatar Wiryanto:

Meskipun baru kira-kira 1500 hits per hari, tetapi rasanya sudah lumayan jika blog ini dipakai sebagai ajang untuk promosi. Eh, ini promosi bukan untuk komersil lho, tetapi untuk kebaikan bersama. Jadi saya membuka kesempatan kepada teman-teman seprofesi untuk menampilkan diri, untuk dikenal bersama-sama, tentu saja yang dimaksud di sini adalah karya-karyanya. Siapa tahu dari karya yang ditampilkan di sini , teman-teman mendapat REWARD yang memuaskan, yah mulai dari komentar tentang plus-minus karya yang ditampilkan, pujian karena karya tersebut berguna bagi orang lain dan bahkan bisa juga akhirnya sebagai jalan menuju kondisi yang lebih baik, baik bagi teman yang berbagi tersebut, maupun teman-teman lain yang kebagian. Betul nggak ?

Untuk kali seperti akan ditampilkan karya dari sdr. Ir. Leonardy Wijaya dengan worksheet Excel yang dapat dipakai untuk menghitung perkiraan biaya proyek. Berkaitan dengan sharing yang akan disampaikan, terus terang moderator tidak sempat mengujinya, saya serahkan semua kepada pembaca untuk memberikan komentar, positip maupun juga kritik. Bagaimanapun juga demi kebaikan bersama, adanya masukan jelas akan memberi jalan menuju kondisi yang lebih baik, begitu khan mas Wijaya.

Bagi teman-teman lain yang ingin menampilkan karya-karyanya, dipersilahkan, ditunggu.

Free Worksheet for Estimator

Intro dari pembuatnya : Diawal tahun 2009 ini ijinkan saya menyapa rekan – rekan satu profesi. Awal yang baik bagi kita untuk merealisasikan hal – hal yang baru. Disiplin ilmu teknik sipil dan arsitektur menjadi bagian yang saling mengisi dan mendorong laju pembangunan di negeri kita tercinta ini.

Salah satu filosofi dalam perencanaan suatu bangunan yaitu ekonomis. Insinyur sering dihadapkan dengan pertanyaan berapa nilai bangunan yang direncanakan. Sebagai seorang praktisi kita memerlukan fasilitas pendukung yang cepat dalam menganalisa “HARGA SATUAN PEKERJAAN”. Microsoft Excel merupakan salah satu program spreadsheet yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan keunggulan yang dimiliki program ini, dalam menganalisa perhitungan dalam bentuk tabel; membuat pekerjaan menghitung Harga Satuan Pekerjaan secara cepat dan tepat; menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Program ini terdiri dari 5 worksheet yang saling link satu dengan yang lainnya, pengguna program cukup menginput daftar harga bahan, harga upah, HAS & PAB. AHSP; merupakan resume dari koefisien yang dipakai dalam menganalisa harga satuan pekerjaan dalam program ini. Rekapitulasi AHSP; merupakan rangkuman dari analisa harga satuan pekerjaan /(satuan vol) yang digunakan dalam pekerjaan.

Keterangan spesifikasi material disesuaikan dengan kondisi material yang ada di lokasi daerah masing – masing. Harga material dapat berubah kapan saja, mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Koefisien yang terdapat di dalam program ini tidak dapat dijadikan sebagai alat pembenaran seutuhnya, sehingga masih ada kemungkinan bagi para ESTIMATOR untuk melakukan perubahan yang disesuaikan dengan kondisi medan pekerjaan proyek yang dihadapi.

Kami sebagai pembuat program ini menyadari, bahwa program yang kami buat ini masih belum sempurna dan banyak kekurangannya baik dari segi materi maupun penyajiannya. Untuk itu, penyusun dengan senang hati dan terbuka, mengharapkan sebuah kritik dan saran yang membangun dari semua pihak seperti dari para praktisi : saudara, konsultan QS, kontraktor, mahasiswa/i.

Usaha yang kami lakukan ini, adalah sebagai wujud kecintaan kami akan disiplin ilmu rancang bangun. Usaha kecil ini tidak akan ada artinya tanpa dukungan dari semua pihak. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih, dan mohon doanya agar kami selalu dianugerahi kreativitas dan semangat untuk terus berkarya. Mari kita songsong dengan penuh optimisme, hari esok yang semakin baik: penuh dengan harapan dan tantangan.

Semoga program ini bermanfaat bagi kita semua.

Jakarta, 29 November 2008

Ir. Leonardy Wijaya
SENIOR QS
WIJAYA TARA ESTETIKA
Berkarya untuk estetika
Email: leonardywidjaya@yahoo.com

Ini program yang dimaksud : download *.XLS size 487 kb

49 tanggapan untuk “free worksheet for estimator”

  1. Leonardy Widjaya Avatar

    Shallom,

    Slamat pagi pak wir !!!. Kami mengucapkan trims atas dimuatnya hasil karya ini di web bpk. Semoga hasil karya ini bisa bermanfaat untuk rekan2 smua. Hal yang terindah dalam hidup ini, jika kami bisa berbagi dan mempunyai teman2 baru. Hal ini yang senantiasa dapat memotivasi kami untuk trus berkarya.

    Ijinkan saya tuk mgutip kata2 bijak : “Jangan bertanya apa yang negara ini dapat berikan kepada kita, tetapi coba tanyakan apa yang dapat kamu berikan untuk negara ini“.

    P wir, sya ada pernah mencari artikel mas purbo, seperti yang waktu itu bpk sarankan kepada saya. Sampai saat ini saya belum dapat menemukannya, mohon petunjuknya!. P wir, saya mau nanya cara meng upload menggunakan 4shared?.Trims. GBU ALL.

    Best regards’

    Leonardy wijaya.

    Wir’s responds : pakai ” http://www.mediafire.com/ ” saja pak, ternyata gampang koq.

    Suka

  2. Dadan Avatar

    Pak, Terimaksih ya atas sharingnya, saya mohon ijin untuk menggunakan file xls karya Pak Leonardi.
    thank ya…

    Suka

  3. Leonardy Widjaya Avatar

    Shallom,

    Slam kenal mas dadan, trims kembali mas dadan. Ya, monggo silakan dipergunakan!.

    Best regards’

    Leonardy Wijaya, HAKI

    Suka

  4. Asrul Avatar
    Asrul

    Pak,
    Pak Leonardi yang dulu desain hotel gumaya semarang ga? Saya Juga sempat terlibat di Pelaksanaan Balok Transfer prestressnya.Mudah2an masih Ingat.Anyway, Trimakasih ya pak Sheetnya, saya Ijin Download

    Rgds
    Asrul (Eks-VSL Indonesia)

    Suka

  5. Leonardy Widjaya Avatar

    Shallom,

    Slamat pagi mas asrul!. Nama saya mungkin sama ya!, dengan rekan yg bpk maksud. Slam kenal mas asrul, trima kasih kembali mas asrul. Ya, monggo silakan dipergunakan!.

    Best regards’

    Leonardy wijaya, HAKI

    Suka

  6. budi Avatar
    budi

    trims atas worksheet nih pak leonardy (good nih).. , but ini untuk building kan pak ..?

    Suka

  7. Leonardy Widjaya Avatar

    Shallom,

    Slam knal mas budi, trims kembali. Benar mas, ini buat bangunan gedung dan rumah tinggal. Slamat menggunakan.

    Best regards’

    Leonardy Wijaya, HAKI

    Suka

  8. bsetiawan Avatar
    bsetiawan

    thanks for sheetnya pak wi, bagus…klo boleh tau kooefisien bahan & upah berdasrkan pengalaman ato BOW atau lainnya?

    regards,

    budi setiawan

    Suka

  9. Leonardy Widjaya Avatar

    Shallom,

    Slamat pagi pak bsetiawan, trims atas diskusinya!. Koefisien untuk bahan dan upah ada beberapa yang telah kami modifikasi berdasarkan pengalaman pada waktu menangani proyek kami. Kami bercermin dari hal2 yang lalu pernah kami lalui, karena itu kami merasa perlu melakukan koreksi kedalam yang membangun untuk memotivasi kami trus memberikan yang terbaik untuk klien dan disiplin ilmu rancang bangun. Worksheet ini dapat digunakan untuk bangunan2an selain rumah tinggal, seperti gedung, ruko. Namun perlu disesuaikan dengan alat bantu yang digunakan seperti penggunaan tower crane pada proyek gedung. Program ini akan trus kami kembangkan, kami mohon masukannya dari teman2 semua!. Pak Bsetiawan, dapat sharing pengalaman dan kasus yg sedang dihadapi, berupa gambar struktur yang belum diestimasi pada worksheet ini. Sehingga worksheet ini dapat trus berkembang. Pak Bsetiawan, dapat mengirimkan ke alamat email sya yang tercantum pada prakata blog ini. Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Sukses untuk kita semua. amin. GBU all.

    Best regards’

    Ir. Leonardy Wijaya, HAKI

    Suka

  10. Anton Avatar
    Anton

    Shallom Ir. Leonardy Wijaya
    salam kenal ya pa
    pa minta ijin untuk mendownload hasil karya bapak. thanks.GBU

    Suka

  11. Rudi K Avatar
    Rudi K

    Terima kasih Pak Wir dan Pak Leonardy,

    perkenalkan pak, saya rudi, baru 1 tahun menggeluti dunia QS, saya mau tanya pak, apa-apa saja pekerjaan seorang QS selain membuat rencana anggaran biaya? apakah standarisasi keahlian yang harus dimiliki seorang QS pak? terima kasih pak, apa yang bapak bagikan sangat berguna bagi perbaikan analisa harga yang selama ini saya buat dan pakai.

    hormat saya,

    rudi

    Suka

  12. Ignatius Banurea Avatar
    Ignatius Banurea

    Syaloom.

    Terima kasih Pak

    Ignatius Banurea

    Suka

  13. Leonardy Widjaya Avatar

    Salam,

    Salam kenal pak rudi, selamat atas posisi pekerjaan baru yang sedang dirintis. Sukses slalu. Ijinkan saya untuk menjawab pertanyaan bapak. Mohon maaf jika, apabila jawaban saya belum menjawab pertanyaan bapak. Menjadi seorang profesional QS diawali dengan kecintaan, keuletan, doa dan keinginan untuk trus mengekplorasi item2 pekerjaan, baik yang sudah ada maupun yang belum ada disilabu buku analisa harga satuan. Awalnya saya juga menggunakan buku2 yang ada. Seiring dengan berjalannya waktu, dan pengalaman yang saya dapat dilapangan waktu menjadi site engineer, akhirnya saya mulai merangkumnya ke dalam program ini. Semua ilmu yang saya dapat adalah karunia dari Tuhan YME, maka saya ingin mengajak rekan2 yang lain untuk trus memajukan bidang ilmu rancang bangun. Saya juga yakin bpk Rudi K, bisa menjadi profesional QS. Amin. Terima kasih atas perkenalannya.

    Best regards’

    Ir. Leonardy Wijaya, HAKI

    Suka

  14. redhyka Avatar

    salam hangat pak leo
    tapi angka angka nya kok masih agak tinggi ya…
    dengan versi saya lho..?

    senang ketemu dengan bapak yang dengn ikhlas berbagi.

    mudah-mudahan bisa menjadi contoh yang baik bagi kami demi kemajuan kita semua

    bravo analisa

    Suka

  15. Leonardy Widjaya Avatar

    Salam,

    Slmat pagi pak redhyka, salam kenal. Senang berkenalan dengan teman2 smua. Mungkin memang ada perbedaan dalam mengambil koefisien. Itulah yang mbuat asiknya menjadi estimator professional. Namun yang kita liat bukan perbedaannya, tetapi bagaimana mencounter setiap dinamika yang trus berkembang dilapangan. Seperti tingkat inflasi yang tinggi dan kenaikan BBM dunia yang mempengaruhi perubahan sendi2 ekonomi dinegeri kita tercinta. Trims atas komentar yang bpk berikan. Mari kita bersama2 memajukan dunia rancang bangun.

    Best regards,

    Ir. Leonardy Wijaya, HAKI
    WIJAYA TARA ESTETIKA

    Suka

  16. Tonylai Avatar
    Tonylai

    Hallo Pak Leo..

    salam kenal..saya Tony

    terima kasih sudah bersedia sharing file analisa harga ini. Listnya pekerjaan sangat lengkap,
    saya sangat terbantu dalam melakukan pekerjaan saya terutama untuk pekerjaan-pekerjaan yang belum pernah saya temui.

    mengenai QS, sebenarnya itu posisi apa Pak?
    saya jadi penasaran saja..apakah QS = Estimator atau quantity surveyor? Jobdis nya apa saja?
    mohon pencerahannya

    hormat saya


    tony

    Suka

  17. Leonardy Widjaya Avatar

    Salam,

    Met mlm, Pak Tony. Salam kenal, senang bisa berkenalan dgn bpk. Trima kasih. QS yaitu bidang pekerjaannya mengestimate nilai real suatu bangunan. Menghitung volume pek berdasarkan, data2 yang didapat dari konsultan. Kemudian setelah, itu dilanjutkan dengan menyusun Rencana Anggaran Biaya, membuat S-Curve. Mempersiapkan dokumen tender.

    Best regards’

    Ir. Leonardy Wijaya, HAKI.

    Suka

  18. Dikie Avatar
    Dikie

    Salam kenal Pak Leo..

    Thx 4 ur kindness 4 uploading this worksheets.
    it’s really helpful..
    Smoga tambah Sukses Pak. GBU

    Suka

  19. Eko Avatar
    Eko

    Terima kasih pak Leonardy buat sharingnya…saya minta ijin download formula excelnya

    thx

    Suka

  20. indra Avatar
    indra

    ijin downloaf filenya Pa, kebetulan mau namba kamar diatas, smoga filenya bisa membantu buat perkiraan biayanya
    terimakasih

    Suka

  21. Teguh Alan Avatar

    Pak Leo, minta ijin download software nya ya.
    Thanks before.

    regards,

    Teguh

    Suka

  22. Teguh Alan Avatar

    Pak Wir, Thanks ya 🙂

    Suka

  23. yurie andy Avatar

    pak thank ya filenya!!!..

    ohh ya pak saya mw tanya apakah seorang yg bukan lulusan arsitek bisa menjadi arsitek!!!
    karena saya selama ini hanya tukang gambar!!!

    Suka

  24. wir Avatar
    wir

    @Yurie Andy
    Kenapa tidak ?
    Jika kamu ingin sekali, dan selalu memikirkannya dan bertindak serta berusaha untuk terus memperjuangkan hal tersebut, apapun resikonya maka pasti bisa.

    Jika sekarang jadi juru gambar, maka jadilah juru gambar arsitek. Dan bekerjalah dengan sebaik-baiknya sampai si arsitek yang mengasih order puas. Jika si arsitek puas itu berarti kerja anda dianggap baik. Jika itu terus menerus sampai anda mendapatkan kepercayaan dari beberapa arsitek, dan juga lama-lama ke orang awam (pemberi kerja) maka anda sudah bekerja seperti arsitek.

    Itu tadi pengakuan informal, jika anda eksis, maka mulailah mencari pengakuan formal. Ambil sekolah sore hari tentunya bidang yang terkait. Ada nggak ya , kuliah arsitek sore hari. Kalau teknik sipil sih ada.

    Yah, kira-kira seperti itulah. JIka itu dilakukan dengan keinginan yang besar dan tidak kenal lelah, dengan hati dan kesenangan. Siapa bilang itu tidak bisa. Pasti bisa !

    Suka

  25. candra R Avatar
    candra R

    pak thank filenya!!!..

    sudah saya lihat hasilnya sangat bagus tetapi anlisa perhitungan biaya buat instalasi listrik, cat, kunci dan kaca serta penutup atap belum ada tuh pak. Klo ada mohon disharing..

    Thanks bgt… pak,

    Salam kenal,

    Candra R.

    Suka

  26. yurie andy Avatar

    terima kasih ya pak atas nasehat nya!!

    maaf ya pak dah ngerepotin

    MAklum saya cuma anak kecil

    Suka

  27. Leonardy Wijaya Avatar

    Salam,

    Salam kenal jg P Chandra, trims atas apresiasinya terhadap hasil karya ini. Trims atas masukannya, akan sy jadikan motivasi bg kemajuaan kita bersama. Sukses untuk dunia rancang bangun indonesia. GBU all….

    Best regards’

    Ir. Leonardy Wijaya, HAKI

    Suka

  28. Leonardy Wijaya Avatar

    Salam,

    Salam kenal jg pak Chandra. Trims atas apresiasinya pada worksheet ini. Kami mengucapkan terima kasih atas masukan yg bpk berikan kepada kami. Point analisa yg belum ada akan kami masukan dalam edisi yg akan datang. trims. GBU all.

    Best regards’

    Ir. Leonardy Widjaya, HAKI

    Suka

  29. Candra R. Avatar
    Candra R.

    Ok Pak, Ditunggu lho….
    Sekali lagi terima kasih atas kebaikannya untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya.
    Tuhan memberkati anda..

    Shallom,
    Candra R.

    Suka

  30. Leonardy Wijaya Avatar
    Leonardy Wijaya

    Shallom,

    Met pagi p wir dan teman2 semua….., Pada pagi yg indah ini, saya bermaksud untuk mengajak teman2 semua turut berpartisipasi dalam mengembangkan worksheet AHS edisi terdahulu. Begitu besarnya minat dan dorongan dari teman2 semua, untuk dikeluarkannya edisi terbaru AHS beberapa waktu yg lalu.

    Kami, pada kesempatan ini ingin mengajak teman2 dalam pengumpulan gambar As Built Drawing proyek…x, besar harapan kami agar program analisa ini bisa menjadi berkat tuk semua orang.
    Bagi dunia pendidikan, civitas akademika, profesional, maupun orang awam. Sehingga terjadi sinergi yg saling membangun.

    Kami sadar, bahwa untuk mewujudkan release terbaru worksheet AHS. Kami membutuhkan bantuan dari rekan2 semua, sehingga pekerjaan ini menjadi terasa lebih mudah. Pengumpulan gambar dapat dikirim kedalam alamat email kami: leonardywidjaya@yahoo.com. Sukses selalu dunia rancang bangun indonesia. GBU all.

    Best regards’

    Ir. Leonardy Widjaya, HAKI
    WIJAYA TARA ESTETIKA
    Senior QS

    Suka

  31. David Rosyada Avatar

    Selamat pagi pak Leo. Saya david. Salam Kenal.

    Saya ijin download ya. Saat ini saya bekerja sebagai tim perencanaan di sebuah developer.

    Semoga apa yang bapak buat bisa memberikan banyak manfaat.

    Oia, pak apakah bapak tau dimana bisa menemukan software untuk RAB?

    Saya menemukan beberapa yang gratis di internet tetapi kurang berkualitas. Ada beberapa yang bayar, tetapi saya ragu untuk membelinya meskipun tak terlalu mahal.

    Ada saran?

    Terima kasih.

    Good Luck!

    Suka

  32. leonardy wijaya Avatar

    Salam,

    silakan p david…saran saya buat sj. dak usah beli. krna dgn mbuat sendiri. kita Learn by doing….Slamat mncoba.

    Suka

  33. egie Avatar
    egie

    Dear Pak Leo,

    Mohon ijin untk down load filenya, pastinya sangat membantu memperlancar pekerjaan estimasi biaya,.btw untuk pekerjaan finishingnya kapan bisa hadir ya Pak :))

    salam, Eg

    Suka

  34. leonardy wijaya Avatar

    Shallom,

    Pak wir, sy mw nanya ttg literature. Sy lg mencari referensi buku, tentang pekerjaan loading test bangunan lama yang telah berdiri. Untuk bangunan yg akan ditambah lantai bangunannya, atau bangunan bekas terjadi kebakaran. Prosedur test, cara menganalisa hasil output test. Trims.

    Best regards’

    Leonardy wijaya

    Suka

  35. C. Chandra Ardy Avatar
    C. Chandra Ardy

    Salam Kenal Pak..

    Terima kasih sebelumnya. Sekarang saatnya saya belajar untuk menghitung.

    Suka

  36. JohanMyway Avatar
    JohanMyway

    Pak Ir. Leonardy Wijaya,
    Terima kasih atas “Worksheet for Estimator”nya.
    Mau tanya mengenai analisa tiang pancang, khususnya jasa pengelasan. Untuk pekerjaan tiang pancang per m1, namun jasa pengelasannya koefisiennya 1(satu) buah walaupun disebutkan per panjang tiang (yang >1 m1) sedangkan satuan pek. pancang per m1. Mohaon pencerahannya. Terima kasih.

    Suka

  37. Gatot Avatar
    Gatot

    Salam kenal Pak Wir,
    Mohon ijin pake software nya , saya tertarik sekali dengan program bapak saya akan coba pak.
    Terima kasih atas Shared nya Sukses tuk Anda.

    Suka

  38. Hamzah Avatar
    Hamzah

    Salam kenal pak…,

    Saya Hamzah – Bali, terima kasih atas softwarenya, semoga bisa bermanfaat bagi saya…, saya selama ini bergerak dibidang desain tetapi sering kali saya mendapatkan tantangan dari owner untuk memprediksikan berapa RAB untuk suatu project, dan setiap kali itu juga saya harus melemparkan pekerjaan itu kepada orang lain. Semoga dengan software dari bapak ini saya bisa belajar untuk membuat RAB sendiri. Mohon ijin memakai softwarenya…. Mungkin lain kali kalo saya ada permasalahan mohon bantuan bapak untuk sharring pendapat… Terima kasih banyak.

    Suka

  39. Beppe Baggio Avatar
    Beppe Baggio

    Saya Beppe, saat ini saya bekerja di developer di Cikarang. Mas Leonardi terima kasih banget atas file AHS nya..saya sudah download..dan setelah saya gunakan..filenya AHSnya bener2 keren banget..sangat membantu..harga2nya up to date..oke punya..saya berharap mas LEO melengkapi file estimate untuk pekerjaan arsitektur dan ME juga.. pasti sangat sempurna..thanks banget ya mas..

    Suka

  40. wawan Avatar
    wawan

    Terima kasih banyak atas filenya..sangat berguna bagi saya saat ini

    Suka

  41. anggara Avatar
    anggara

    salam kenal pak Leo…

    sebelumnya trimakasih…
    sy minta ijin download softwarenya….untk sy coba dl….
    sangat berguna buat pekerjaan saya……

    trims..

    smoga para

    Suka

  42. cindar Avatar
    cindar

    wah…jarang 2 ada orang sebaik bapak, ijinkan sy untuk ucapkan terima kasih. akhirnya doa sy terkabulkan bisa bertemu bapak walaupun di dunia maya dan mendapatkan pelajaran walaupun berupa software tapi sangat berharga sekali. trimakasih 🙂

    Suka

  43. trisya fitra Avatar
    trisya fitra

    shalom
    slam knl pak wir, saya dengar blkangan ada software bru untuk menghitung RAB…nama softwarenya apa ya pak? minta petunjuknya pak..was

    Suka

  44. b2n Avatar
    b2n

    terimkasih Pak. buat softwarenya..

    Suka

  45. Edmund Avatar
    Edmund

    terima kasih pak Leonard untuk informasi yang sangat berguna bagi para QS
    sangat bagus apa yang Bapak bisa share untuk publik ini. kalau bisa pak bagaimana kalau mengadakan seminar khusus tentang Estimator dan management pengendalian proyek.
    thank’s. GBU

    Suka

  46. Anton Tri Hartanto Avatar

    Salam kenal pa Leonard, saya anton setelah baca saya berminat sekali dan mohon izin download filenya, karena kebutulan saya seorang estimator juga tapi khusus di thermal pipe insulation untuk project….walaupun berbeda ilmu siapa tau saya jg bisa menjadi estimator di bidang sipil…berguna utk menambah ilmu…

    thks pa…

    Suka

  47. Irwan Joe Avatar
    Irwan Joe

    Matur suwun kanggem Bapak2 semua

    Suka

  48. Milan Avatar

    Asswrwb.

    Saya Dairil – dari Tasikmalaya, terima kasih atas Aplikasinya, semoga bisa bermanfaat bagi saya sebagai bahan referensi dalam bekerja sebagai Pembrong http://jasa-borongan-pembesian-dan-begisting.blogspot.com.tr/

    Terima Kasih

    Suka

  49. NONG BEMBI Avatar
    NONG BEMBI

    terima kasih, aplikasinya sangat membantu

    Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com