Karya Ilmiah Utama ke-3 (2005)

cover_buku_3
Aplikasi Rekayasa Konstruksi dng Visual Basic 6.0

Kata sambutan dari Ir. Iswandi Imran MASc., Ph.D.

Jumlah Halaman : xvii dan 450

Penerbit : PT. Elex Media Komputindo – Jakarta

Cetakan perdana : Desember 2005

Lampiran : disertai CD berisi file-file program

Harga : Rp 74.800,-

Sinopsis

Perkembangan teknologi komputer semakin maju, termasuk juga di bidang rekayasa teknik sipil, program komputer rekayasa yang canggih semakin banyak yang tersedia. Meskipun demikian pemakaian program seperti itu mempunyai karakter yang berbeda dengan program bisnis pada umumnya. Insinyur pemakainya dituntut harus memahami apa saja yang dikerjakan komputer, batasan-batasan yang harus dipenuhi dan bertanggung jawab penuh terhadap setiap keputusan yang diambil dari keluaran komputer. Setiap kesalahan dapat berpotensi pada kerugian finansial, bila terjadi kegagalan struktur bahkan nyawapun dapat menjadi taruhannya. Oleh karena itu para insinyur pemakai program harus mempunyai kompetensi yang mencukupi.

Untuk mendapatkan kompetensi yang cukup, maka ada berbagai cara yang dapat ditempuh, salah satunya adalah dengan menuliskan pemrograman komputer pada masalah yang akan ditingkatkan kompetensinya.

Pernyataan di atas bukanlah mengada-ada, untuk itu tentu suatu kompetensi dasar mengenai pemrograman komputer harus dikuasai terlebih dahulu. Umumnya mahasiswa di fakultas teknik telah mendapat mata kuliah bahasa pemrograman, minimal sebanyak satu semester (di Jurusan Teknik Sipil UPH mata kuliah tersebut diberikan di semester satu memakai Visual Basic 6.0). Dengan berbekal pengetahuan dasar tentang teknik pemrograman komputer selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk meraih kompetensi lain yang terkait dengan proses hitung-berhitung dalam penyelesaian rekayasa.

Perlu diingat bahwa untuk menjadi pemrogram komputer yang baik, selain diperlukan penguasaan bahasa pemrograman, juga pengetahuan tentang apa yang mau diprogramkan. Pengetahuan itu harus sampai detail langkah-langkah penyelesaiannya, karena tanpa mengetahui detailnya maka alur program tidak dapat dibuat. Dengan menuliskan program sendiri, pemrogram secara tidak sadar memahami alur kerja atau prinsip kerja dari program yang dibuatnya. Apalagi jika pada saat penulisan program tersebut ditemukan “error” dan dengan inisiatipnya sendiri sanggup mengatasinya.

Berbekal pendapat di atas dan dengan latar-belakang profesi dibidang teknik sipil, baik selaku praktisi maupun pengajar, maka penulis akan mengambil topik struktur beton bertulang untuk ditelaah lebih lanjut. Alasan lain dipilihnya struktur beton bertulang karena materi tersebut merupakan topik utama khususnya dalam dunia konstruksi di Indonesia. Dengan demikian dapat diharapkan bahwa tulisan pada buku ini dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan rekayasa konstruksi di Indonesia.

Adapun perencanaan struktur beton bertulang yang dibahas adalah terbatas pada analisa penampang beton bertulang saja, jadi tidak membahas suatu perencanaan struktur beton secara keseluruhan. Hanya membahas salah satu item utama perencanaan tetapi mendalam. Adapun pertimbangannya adalah:

  • Lembar / halaman yang tersedia adalah terbatas, untuk menyajikan suatu perencanaan struktur beton secara lengkap materinya sangat luas karena terkait juga dengan sistem struktur yang dipilih, tipe pembebanan dan pelaksanaan, cara pemodelan dan analisa strukturnya.
  • Analisis penampang beton bertulang relatif sederhana, adapun prosedur hitungannya terbatas pada material dan konfigurasi geometri penampang yang ditinjau serta sifatnya rutin. Kondisi tersebut sangat cocok untuk dibuatkan program komputer. Selain itu prosedur yang tersedia (yang umum diberikan di buku-buku teks) relatif terbatas pada penampang-penampang yang umum (persegi, T) . Karena bentuk penampang beton dapat dibuat bebas sesuai kreatifitas perencana (dalam hal ini arsitek) maka tentu diperlukan juga analisis bentuk-bentuk penampang yang lain.

Sebagaimana terbitan PT. Elex Media Komputindo tentang pemrograman, maka buku ini juga berisi cara membuat “program” dengan VB 6.0 dan sangat cocok untuk belajar pemrograman rekayasa di bidang teknik sipil. Tetapi karena maksud utama buku ini adalah penggunaan pemrograman komputer sebagai sarana meraih kompetensi yang lain (analisa penampang struktur beton bertulang), maka diberikan teori pendukungnya.

Teori-teori pendukung tersebut diberikan untuk menjawab hal-hal berikut :

mengapa rumus atau urutan perhitungan tersebut dipilih, apakah rumus itu adalah yang terbaik, darimana rumus tersebut diperoleh, siapa yang pertama mengusulkan (catatan: rumus tidak seluruhnya matematis ada yang bersifat empiris), bilamana rumus tersebut dapat dipakai, hal-hal apa yang membatasi rumus tersebut, dsb

Untuk menyajikan teori-teori tersebut, penulis berusaha menggali selain dari peraturan perencanaan yang berlaku, buku-buku teks beton yang standar, juga langsung dari jurnal-jurnal ilmiah yang baru, sehingga teori yang disajikan relatif lengkap bahkan dapat dijadikan sebagai salah satu acuan tentang “analisa penampang struktur beton bertulang”.

Selama penulisan buku ini, penulis mendapat masukan yang berharga dari beberapa rekan sejawat, al. Dr. Ir. Yoyong Arfiadi (Universitas Atmajaya Yogyakarta) , Ir. Djoni Simanta, MSc. (Universitas Katolik Parahyangan).

Selanjutnya materi tentang analisis penampang beton bertulang diberikan secara lengkap dan bersifat up-to-date, yang tentu saja telah diselaraskan dengan peraturan yang berlaku di Indonesia yaitu SNI 03 – 2847 – 2002.

Penulis mendapat kehormatan bahwa Ir. Iswandi Imran, MASc., Ph.D., sekretaris / anggota team pakar nasional penyusun SNI 03 – 2847 – 2002, pengajar dan peneliti di Laboratorium Mekanika Struktur – Ilmu Rekayasa, Institut Teknologi Bandung, berkenan membuat Kata Sambutan untuk buku ini. Untuk itu diucapkan banyak terima kasih atas kesediaannya.

Foto-foto ilustrasi dalam buku ini banyak diperoleh dari proyek dan belum pernah dipublikasikan. Kepada beberapa rekan sejawat yang mendukung dengan memberikan dokumentasi karya-karyanya, yaitu Ir. Sutopo B.C. (PT. Waskita Karya) , Ir. Ign. Toto Ismintarto (PT. Gistama Inti Semesta) dan Ir. Suwantini (PT. Putra Satria Prima) diucapkan banyak terima.

Universitas Pelita Harapan merupakan institusi dimana selama ini penulis bernaung, bekerja dan berkarya. Untuk itu diucapkan banyak terima kasih kepada para pimpinan, rekan sejawat, para karyawan serta mahasiswanya atas dukungan dan kerjasama yang diberikan selama ini.

Akhirnya semoga buku ini dapat digunakan sesuai dengan maksud dan tujuan penulisannya.

Semoga Tuhan berkenan.

Kata Sambutan : Ir. Iswandi Imran, MASc., Ph.D.

Sekretaris / anggota team pakar nasional penyusun SNI 03 – 2847 – 2002, pengajar dan peneliti di Laboratorium Mekanika Struktur – Ilmu Rekayasa, Institut Teknologi Bandung

Peraturan beton Indonesia yang berlaku pada saat ini yaitu “Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung (SNI-03-2847-2002)” diterbitkan pertama kali pada tahun 2002. Secara konseptual, peraturan beton Indonesia tersebut sudah sesuai dengan ”state of the art” struktur beton yang berkembang saat ini, namun walaupun begitu pada kenyataannya peraturan tersebut sampai saat ini masih belum diterima secara luas di kalangan industri konstruksi Indonesia. Bahkan, di beberapa daerah, terutama di luar Jawa, masih banyak perencana ataupun pengajar di perguruan tinggi yang lebih suka menggunakan peraturan beton yang lama, yaitu PBI-71. Salah satu alasan mengapa hal ini terjadi adalah karena masih kurang tersedianya buku manual perencanaan beton bertulang yang bersifat praktis dan mudah dipahami, serta memberikan urutan-urutan perhitungan perencanaan yang rinci dengan contoh-contoh yang aplikatif.

Terbitnya buku ini mudah-mudahan dapat menjawab permasalahan atas kurang tersedianya buku-buku manual perencanaan seperti yang disampaikan di atas, khususnya di bidang konstruksi beton bertulang. Sehubungan dengan itu, kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada penulis, yaitu Ir. Wiryanto Dewobroto, MT atas terbitnya buku ”Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan Visual Basic 6.0: Analisis dan Desain Penampang Beton Bertulang sesuai dengan SNI 03-2847-2002”. Buku ini membahas analisis dan perencanaan elemen struktur beton bertulang terhadap berbagai pengaruh pembebanan, seperti lentur, lentur dan normal, geser dan torsi sesuai dengan standar Beton Indonesia yang berlaku, yaitu SNI 03-2847-2002. Pembahasan yang disampaikan pada buku ini juga dilengkapi dengan algoritma dan list program untuk perhitungan perencanaan (yang juga dilampirkan dalam bentuk CD) serta contoh-contoh perhitungan.

Seperti diketahui upaya diseminasi suatu peraturan perencanaan yang paling efektif adalah melalui perguruan tinggi, yang pada dasarnya berfungsi sebagai sarana pembekalan bagi calon-calon sarjana teknik sipil dan sebagai ujung tombak dalam menghasilkan sarjana-sarjana teknik sipil baru. Sehubungan dengan itu, berdasarkan lingkup yang dibahas, buku ini juga dapat dimanfaatkan sebagai buku acuan dalam perkuliahan struktur beton bertulang. Dengan memanfaatkan buku ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami secara lebih mudah prosedur perencanaan elemen struktur beton bertulang berdasarkan SNI Beton yang berlaku.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kalangan akademisi dan dunia industri konstruksi serta dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan dunia industri konstruksi di Indonesia.

Bandung, 18 November 2005

Ir. Iswandi Imran, MASc., Ph.D

Departemen Teknik Sipil ITB

<<up-dated 1 Februari 2014>>

Untuk mengatisipasi complaint CD yang rusak, maka file lampiran pada buku di atas sudah di up-load sbb: CDLampiran.rar (7 Mb). Semoga dapat digunakan.

Ingat, di dalam CD hanya berisi listing program dan mungkin sudah ada yang dicompile. Artinya bahwa tidak ada file *.exe khusus yang diperlukan oleh program, jadi jika sewaktu program menyatakan bahwa ada file *.exe yang kurang, berarti yang tidak lengkap adalah program anda.

104 thoughts on “Karya Ilmiah Utama ke-3 (2005)

  1. maaf pak , kenapa belum ada balasan dari bapak….apa ada kata kata saya yang kurang enak didengar sehingga membuat bapak marah?

    kalo memang ada kata saya yang kurang berkenan di hati bapak ,mohon di maafkan pak…

    tapi saya sangat membutuhkan jawaban bapak tentang masalah yang di atas pak..

    trimakasih.

    Suka

  2. Hallo Y. Wijaya
    Sorry baru sekarang menjawabnya, tempo hari kelupaan. Karena nggak langsung ngejawabnya maka ketimpa komentar yang lain, sehingga lupa itu tadi.

    Saya coba cerna inti pertanyaan anda. Kalau tidak salah, anda ambil hasil program VB sebelum di kali faktor reduksi, anda plotkan ke Excel. Lalu di Excel tersebut anda coba kalikan sendiri dengan faktor reduksi. Hasilnya nggak sama !

    Apakah seperti itu, maksudnya.

    Pertanyaan anda kalau begitu, bahwa pengalian faktor reduksi yang dibuku saya, ternyata beda dengan yang anda kerjakan. Begitu bukan !

    Untuk menjawab hal tersebut, tentu saya harus bandingkan cara anda mengalikan faktor reduksi dengan cara saya. Dari situ akan ketahuan kesalahannya dimana.

    Untuk reduksi yang saya lakukan maka anda bisa mempelajarinya dari listing program di halaman 350.

    Intinya ada tiga kondisi yang harus diperhatikan, yaitu:

    (1) jika nilai Pn 0.1*fc*Ag , maka gunakan faktor reduksi kolom, yaitu 0.65

    (2) jika nilai Pn=0 maka gunakan faktor reduksi balok, yaitu 0.8

    (3) jika nilai Pn > 0 tetapi Pn < 0.1*fc*Ag maka gunakan nilai interpolasi antaranya.

    Apakah anda juga telah lakukan seperti itu.

    Moga-moga bisa menjawab yang anda cari, dan tidak kapok untuk berkunjung ke sini lagi.

    salam

    Suka

  3. selamat siang pak,
    sebelum nya terima kasih atas balasannya. saya akan coba memahami yang bapak jelaskan.

    saya sangat senang bisa melakukan tanya jawab dengan pak Wiryanto. semoga bapak tidak bosen bosen mendengar keluhan saya. sebenarnya buku bapak memang mudah di cerna, tapi untuk yang bab kolom itu langsung masuk ke contoh soal-nya sehingga saya agak kesulitan mempelajarinya.

    dan semoga Bapak bisa membantu menjawab pertanyaan saya jika saya menemui kesusahan lagi…..

    Terima kasih atas informasinya pak.

    salam

    Suka

  4. nuwun sewu mas wir, buku jenengan :”Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP 200 Edisi Baru” cetakan ke-2, untuk halaman 22 mengenai formulas1 matrik penjelasan Y4 kok tidak ada. matur nuwun

    Wir’s responds: wah benar itu. Kelihatannya ada yang salah ketik, itu khan Y3 nya double. Saya lihat dulu ya. Trim anda membaca dengan teliti.

    Suka

  5. nuwun sewu mas wir, blog jenengan saya copy link ke website saya, untuk pembelajaran anak-anak SMK jurusan bangunan, Prog Studi: Konstruksi, kebetulan saya juga mengajar di SMK dan sekarang lagi transfer ke S1, matur nuwun sebelumya

    Wir’s responds: o kepakai juga tho di SMK. Wah monggo aja.

    Suka

  6. maaf pak wir..

    bisa minta petunjuk tentang pembuatan aplikasi teknik sipil ga? apa aja gy bisa dibuatkan software agar memudahkan dalam perhitungan..

    saya beserta teman2 di informatika mencoba membuat LRFD & AISC digital, menurut bapak gimana?

    Suka

  7. Pak wir…
    Saya mau tanya buku ke-3 bapak yang judulnya aplikasi rekayasa konstuksi dengan VB 6.0 bisa saya dapatkan dimana y???
    Udah semua tempat penjualan buku di kawasan jogja saya datangi,tapi ga satupun yang bisa meredakan penasaran saya..
    Saya interest bgt sama VB,apalagi aplikasinya di bid,teknik sipil.. Makanya setiap hari saya bela2in mubeng2 jogja cm buat cari buku bapak.. Tapi ampe sekarang saya belum dapat juga bukunya..
    Tolong dong pak infonya..
    Sekalian buku bapak yang pertama juga y..
    Thanx pak atas bantuannya…
    Matur Nuwun….

    Wir’s responds: kalau anda nyari buku-buku saya di tempat orang-orang yang “tahu”, ya pasti udah habis dong. Coba anda tanya ke penerbitnya, siapa tahu masih ada yang keselip sehingga nggak ditemu orang.

    Suka

  8. pak wir,,
    kok sekarang buku – buku keluaran pak wir sudah sangat langka di pasaran,, bahkan di toko buku terbesar (gramedia) pun ga ada lagi…
    dimana saya mau mencari buku aplikasi rekayasa konstruksi dengan sap dan VB karangan pak Wir ??

    terima kasih sebelumnyaa..

    kalaupun sudah tidak ada lagi dipasaran,, mohon dicetak ulang dan dipublikasikan secara umum kembali..

    terima kasih…

    Wir’s responds: yah begitulah, kalau buku laris . 😉
    Saya mau juga buku tersebut di cetak ulang dan dipublikasikan kembali, tetapi itu khan keputusannya penerbit PT. Elex Media Komputindo yang melihatnya dari sisi bisnis, cukup menguntungkan atau tidak untuk menerbitkannya kembali.

    Suka

  9. kalau menurut saya pasti menguntungkan..,
    soalnya hampir semua mahasiswa teknik sipil unsri pasti membelinya.. kendala di stok aja..,,

    karena semua dosen yang main software,, selalu menganjurkan buku-buku dari bapak..
    terutama aplikasi rekayasa konstruksi dengan menggunakan saP 200 itu..

    saya dapat di Palembang buku vB nya aja..
    mungkin karena vB belum terlalu diimplementasikan di studi kami pak,,

    sedangkan untuk versi saP nya saya minta kirim dari teman di Tanggerang,, kebetulan ada dan katanya di toko buku nya tinggal 2 lagi..

    niat sekaLi yaGh,, ^^v

    kapan rencana bapak menerbitkan buku lagi??
    pasti dibeli thu..
    saya mau koleksi,,

    apakah ada program lain yang bapak kembangkan untuk rekayasa konstruksi selain vB dan SAP 2000 ??

    terima kasih,,,
    ditunggu lhoo karya terbarunya. . . ^^v

    Suka

  10. siang pak Wiryanto

    mau komentar dan sharing sedikit nih tentang buku pak wiryanto yang berjudul ” aplikasi rekayasa konstruksi dengan VB6 ” dan bertanya sedikit ..

    1) pada program bapak hanya menampilkan ” under reinforce rect.section ” dan ” over reinforce rect.section ” , sedangkan untuk luasan tulangan yang berada di bawah luasan tulangan minimum ( Asmin ) kok tidak ditampilkan pak ?? walaupun luasan tulangan yang < Asmin termasuk dalam kategori ” under reinforce rect section ” .
    2) Apa maksud dari pernyataan ” #O/S reinforcing required exceeds maximum allowed ” di dalam SAP ? apakah itu menyatakan kalau Luasan tulangan yang dihasilkan melebihi Luasan tulangan maksimum ( As_maks = 0,75 As_b ).? tetapi setelah saya menggunakan program VB pak Wir ,dengan memasukkan luasan tulangan yang dihasilkan dari SAP tersebut dan tertulis masih dalam keadaan ” Under reinforce rect.section ” loh.
    3) luasan tulangan maksimum untuk balok T yang berprilaku sebagai balok T murni adalah As_maks = 0,85 As_b ya pak ( percobaan dari SAP2000 )?kenapa bisa begitu ya pak ?
    mohon penjelasannya pak Wir ?

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan tetap aktif menulis ya pak .

    Suka

  11. @YW.
    under atau over adalah kondisi tulangan tarik. Under jika rengangan tulangan tarik melebihi regangan leleh , sedangkan over jika tulangan tarik masih elastis (kurang dari regangan leleh).

    Batasannya adalah kondisi balanced, dimana regangan tulangan tarik tepat pada kondisi yielding dan beton mengalami regangan ultimate.

    Kondisi under, over dan balanced menentukan cara atau metode perhitungan yang digunakan.

    Adapun As min nilainya 0.75 As balanced, adalah persyaratan yang ditetapkan Code (SNI atau ACI) yaitu untuk memastikan bahwa hasil perencanaan tidak mengalami over-reinforced. Jadi tidak ada pengaruhnya di metode hitungan. Jadi saya kira ini menjawab pertanyaan #2.

    Setahu saya, SAP menghitung sebagai balok persegi dan bukan balok T. Karena jika dia mendesain sebagai balok T maka perlu memasukkkan parameter b eff. Selain itu, balok T hanya efektif untuk tulangan lapangan .

    Sekali lagi perlu diingat bahwa analisis dan desain pada program adalah tidak secara otomatis konsisten kontinyu. Anda harus check betul batasan-batasan dari program tersebut.

    begitu Y.W

    Suka

  12. maaf pak Wir, Asmin yang saya maksud adalah (1,4/fy)*bw*d atau rumus satunya lagi( saya lupa ).

    seandainya luasan tulangan yang saya masukkan pada program pak Wir lebih kecil dari Asmin tersebut, seharusnya pada bagian bawah “label.caption = warning , As < Asmin ” . bukankah begitu pak Wir ?

    rasaya saya belum menangkap maksud pak wir mengenai pertanyaan saya no#2 tentang
    “O/S reinforcing required exceeds maximum allowed ” di dalam SAP .
    . saya sangat penasaran kenapa SAP bisa mengeluarkan pernyataan tersebut, padahal kalau saya hitung secara manual , semuanya terpenuhi kok, baik itu kondisi tulangan balance dan tulangan minimum. seharusnya sih OK, tapi SAP malahan menyatakan sebaliknya.

    dan untuk pertanyaan no#3 , kalau menurut saya sih As_maks untuk balok T yang berprilaku sebagai balok T murni itu = 0,85 As_balance ( berdasarkan peraturan SAP ) . menurut saya aneh sih, kenapa ngak pake 0,75 .. hehe

    sebelumnya maaf pak Wir, kalo terlalu banyak pertanyaan saya, maklum masih mahasiswa dan penasaran tinggi.

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih .

    Wir’s responds: saya kira ini dapat dijadikan kasus penelitian. Seperti pernah dilakukan mahasiswa saya dimana pada waktu itu topiknya adalah masalah perencanaan baja, sampai diketahui bahwa ternyata SAP menghitung batang tekan baja hanya valid utk penampang profil simetri ganda, untuk yang lain tidak tepat (dipaksakan). Itu menjadi keterbatasan program SAP ver 7 saat itu.

    Suka

  13. siang pak Wiryanto
    ada pertanyaan dari teman saya, dan saya sendiri juga bingung menjawabnya, mudah mudahan bapak bisa menjawab pertanyaan temen saya .

    simple saja pak ,
    untuk apa kita susah payah belajar struktur beton bertulang dan struktur baja secara mendalam , bahkan sampai membuat program perhitungan penampangnya segala, seperti program penampang beton bertulang buku pak wir yang ke 3 ini. bukannya SAP2000 sudah bisa melakukan itu semua. jadi untuk apa lagi kita susah payah belajar beton , baja, analisa struktur dan pemograman secara mendalam ??? kata temen saya yang penting tau teori dasarnya ( kulitnya saja ) dah cukup ,supaya tidak terjadi kesalahan dalam input data ke SAP ..

    hehe pertanyaan yang sangat susah di jawab..

    Suka

  14. Jagad Dewo Bathoro….!!
    Duh mas Dewobroto…takkiro bukumu ki gratisan gitu loh… kapan bagi-bagi gratisan?
    biar bisa buat belajar “tukang yang belajar nyipil dan nyarsitek” kayak aku ini….

    Suka

  15. Bpk2 yang pintar2 , saya membutuhkan petunjuk menggunakan software plaxis dan bishop. Mohon sy diberi info bukunya apa dan harganya berapa?trus softwarenya jg karena untuk skripsi sya. Sy minta tolong…..terima kasih.

    Suka

  16. Salam pak Wir. Saya sudah membeli buku bapak. Kebetulan juga saya sedang membuat TA tentang software yang membahas efek pengekangan pada Balok dengan metode Unified.

    Ada yang mau saya tanyakan pak. Pada buku Bapak ini, pada algoritma parametrik balok bertulangan rangkap. Ada analisis jika tulangan atas dan bawah mengalami tarik (hal 138), dengan menganggap bahwa kedua tulangan mengalami tarik dan leleh maka akan didapatkan Mn=(As+As’)fy(d-a/2). Yang mau saya tanyakan jika saya masukkan f’c yang terlalu besar maka akan masuk dalam kategori tersebut. Masalahnya akan didapatkan harga Momen Nominal yang amat besar pula. Di luar kewajaran. Tapi jika saya memasukkan data yang sama pada metode numerik, maka akan didapatkan hasil yang berbeda.

    Saya mohon petunjuknya pak. Kenapa perbedaan yang terjadi terlalu besar.

    Salam

    Suka

    • pertanyaan kamu cukup menarik, analitis dan numerik mestinya mendekati. Jika tidak, pasti ada yang tidak benar salah satunya.

      Untuk melihatnya saya mencoba memulai dari nilai f’c yang kamu bilang terlalu besar. Mengapa bisa kamu bilang terlalu ?

      O ya, rumus di atas hanya berlaku jika d’ >> c
      apakah sudah terpenuhi. Kondisi ini di lapangan sangat sedikit kemungkinan untuk terjadi. Berapa sih dimensi dan mutu penampang yang kamu tinjau. Jangan-jangan datanya tidak masuk akal / tidak logis.

      Suka

  17. Data yang saya masukkan cukup masuk akal pak.
    f’c=73
    fy=400 Mpa
    As=3000
    A’s=1000
    d=510
    d’=65
    b=400

    Saya hanya mengubah b dan f’c. Parameter lainnya sudah secara default mengikuti yang di CD lampiran.

    mohon koreksi dan sarannya. terimakasih

    Suka

    • ok windu, saya langsung ngulik sebentar
      .
      .
      .
      eng i eng, . . . .nah sudah ketemu. 🙂

      ternyata code program untuk yang versi manual, ada yang salah. Momen masih dalam N-mm jadi perlu diubah ke kN-m, yaitu dengan dibagi 1000000.

      Lihat kode program yang telah dibetulkan, yang diberi penebalan, sbb:

      ‘tulangan atas dan bawah adalah tarik
      ‘anggap kedua tulangan tarik tersebut sudah leleh
      a = (As_ + As1) * fy / (0.85 * fc * b)
      Mn = (As1 + As_) * fy * (d – a / 2) / 1000000#
      t = “Both rebar in tension & yielding!”
      ‘check apakah betul tulangan atas sudah leleh
      If a > d1 Then
      ‘hitungan dikoreksi karena tulangan atas belum leleh
      AA = 0.85 * fc * b
      BB = As1 * 600 – As_ * fy
      Cc = -600 * As1 * Beta1(fc) * d1
      a = -BB + (BB ^ 2 – 4 * AA * Cc) ^ 0.5
      a = a / (2 * AA)
      Ts = As_ * fy
      Ts1 = As1 * 600 * (Beta1(fc) * d1 / a – 1)
      Mn = (Ts * (d – a / 2) + Ts1 * (d1 – a / 2)) / 1000000#
      t = “Both rebar in tension, one yields!”
      End If

      Suka

  18. Pak Wir..saya seorang sarjana sipil yang senang menekuni struktur, baik baja maupun beton.Yang saya mau tanya ke Pak Wir ..bgmn caranya saya mendapakatkan karangan buku – buku Pak Wir secara lengkap..karena saya mencari di toko2 buku sangat susah saya dapatkan.. buku2 karangan Pak Wir yg saya cari..
    1.Buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dgn visul basic 6 ( buku karangan Pak Wir ke-3 )
    2.Buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan Sap 2000 ( Buku karangan Pak Wir ke-2)
    3. Buku Aplikasi Sain dan Teknik dgn Visual Basic 6 ( Buku katangan Pak Wir ke-1)
    Untuk buku karangan Pak Wir yang ke -4 saya sudah punya..untuk karangan Pak Wir yang ke lima apakah sudah terbit ? Kalau sudah terbit saya mohon diberikan informasi judulnya dan cara mendapatkannya… Tksh Pak Wir…

    Suka

  19. Pak Wiryanto, saya sudah menginput judul buku “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan Visual Basic 6.0” karya bapak ke kotak search web PT Elex Media Komputindo, namun tidak muncul infonya. Bisa, kiranya, saya langsung membeli ke bapak ? Mohon no rek bapak di kirim lewat e-mail saya, jika bapak berkenan. Berapa saya harus mentransfer ? Saya sudah ngubyek ke toko2 buku di Bandung, nggak ketemu buku ini. Trims atas bantuannya.

    BTW, blognya bagus, pak. Trafik pengunjungnya tinggi. Kapan, ya, saya bisa nyusul ( he3x ). Sukses selalu untuk bapak.

    Suka

  20. @Indah dan Ani,

    Buku-buku yang dimaksud memang telah habis dan tidak diterbitkan lagi. Jadi mohon maaf jika tidak dapat diperoleh.

    Saya sendiri memang masih mempunyainya, tetapi itu untuk koleksi pribadi, kenang-kenangan bagi anak-cucu, dan tidak diperjual-belikan. Tetapi jangan kuatir, saat ini saya sedang up-dated salah satunya agar dapat diterbitkan ulang. Mohon dukungannya ya.

    Salam semuanya

    Suka

  21. Mau tanya nih pak ..sy mau coba donload link yg pak Wir kasih di forum ini ternyata sdh out of date apakah ada yg bsa bantu..? Terima kasih

    Suka

  22. pak wiryanto,,saya kesulitan untuk mendapatkan Buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dgn visul basic 6 dan Buku Aplikasi Sain dan Teknik dengan Visual Basic 6..saya sudah cari di beberapa toko buku tapi tetapi masih belum dapat juga…saya sudah menghubungi PT.Elex Media Komputindo tapi katanya buku tersebut sudah tidak dicetak lagi…kira2 bagaimana supaya saya bisa mendapatkan kedua buku karangan bapak tersebut…
    mohon bantuannya…terima kasih

    Wir’s responds: saya juga sedih mas, apalagi kalau membaca surat seperti ini. Lha gimana lagi, itu memang buku sudah habis lama dan yang cetak nggak tertarik mencetak lagi, maklum itu khan penerbit buku-buku komputer bukan teknik sipil. Jadi dibilangnya karena softwarenya sudah lama, maka isinya juga sudah out-of-dated. He, he, gimana ya. . .

    Suka

  23. Pak Wir,

    Saya sebenarnya sudah punya buku Pak Wir yang “Buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dgn visul basic 6” waktu saya masih S2 di Bandung. Tapi karena pindahan, akhirnya buku itu belum ketemu sampai sekarang. saya mohon Pak wir bisa menerbitkan versi update-nya untuk d cetak ulang. saya sudah cari kemana2 sampai ke (mohon maaf) tempat buku bekas, tp masih tidak ketemu.

    Menurut saya buku Pak Wir tersebut termasuk orisinil (sangat sedikit buku yang membahas kedua topik ,sipil dan VB, berikut aplikasi-nya) sekaligus sangat praktis, baik dr sisi praktisi maupun developer.

    Saya tunggu cetak ulangnya Pak Wir.

    Suka

    • PAK SAYA MAU BELI BUKU SAP 2000 VERSI 10 , DI MANA PAK ?
      DAN ADA BERAPA JUDUL BUKU , UNTUK VERSI 10 , TERIMAKASIH SEBELUM’NYA …

      Suka

      • sdr Retno,
        Buku yang dimaksud belum ada, saat ini yang sedang dikerjakan adalah up-dated buku SAP2000. Tetapi fokusnya bukan pada versi program tetapi pada konsep rekayasanya. Itu berarti tidak dibatasi oleh versi program.

        salam
        wir

        Suka

  24. Pak Wiryanto, untuk buku ini bagaimana cara mendapatkannya?
    apa ada rencana cetak ulang ya pak, dengan lumina press juga?

    thx pak.
    saya juga ga kebagian yg buku ini.

    Suka

    • @Santoso Yusak,
      Kapan ya, terus teras belum ada di pemikiran saya dan penerbit. Maklum, saat ini pikirannya jadi kaya jadi penerbitnya saja. Lihat potensi pasarnya. Padahal di sisi lain, ketika melihat-lihat kembali materi pada buku tersebut kadang-kadang terbersit pikiran: “wah ini karya saya ya”, sambil tersenyum-senyum bangga. Maklum, selama aktif di dunia pendidikan, dan membaca-baca buku yang ada, apa yang saya tulis di materi buku tersebut, rasa-rasanya belum ada yang membuat. Bahkan setelah 8 tahun berlalu.

      Tapi masalahnya adalah, bahwa topik pemrograman visual basic, sangat jarang pembacanya. Itu saja. Jadi nanti jika yakin pembaca cukup menjanjikan, maka akan dipikirkan lagi.

      Tentang Visual Basic programming, ini kayaknya bisa dikaitkan juga dengan Struktur Baja, ini baru saja selesai bikin penyelesaian Batang Tekan (AISC 2010) dengan pemrograman komputer. Idenya sih untuk menyelesaikan soal-soal ujian yang diselesaikan secara parametrik. Jadi nanti buku bajanya juga akan disertakan program (mungkin). Kalau buku struktur baja khan peminatnya lebih banyak dari buku di atas.

      Begitu Santoso, apakah ada ide yang lain menarik.

      Suka

    • @suropati, heran mengapa anda menanyakan buku SAP2000, bukankah bulan April 2013 lalu baru saja diterbit ulang. Kedepannya, yang sedang dikerjakan jelas bukan buku SAP2000 lagi, tetapi menerbitkan ulang buku beton dengan VB6 dan buku baja (baru). Itu saja pak, jadi usulan anda belum ada di agenda kami. 😦

      Suka

    • Berkas pada link lama di atas sudah saya up-dated dan up-load kembali. Silahkan diakses semoga file-file yang tersimpan sebagai *.rar dapat di-download dengan baik.

      Suka

    • sudah lama habis dik, dan pihak penerbit PT. Elexmedia sudah tidak tertarik menerbitkan lagi. Ada rencana akan diterbitkan oleh penerbit lain, yaitu Lumina-Press, tetapi tidak dalam waktu dekat ini. Maklum, buku baru berikutnya, yaitu Struktur Baja sedang dalam tahap penggorengan. Rencana awal tahun 2015. Jadi kalau buku yang VB itu pastilah setelah itu.

      Suka

      • ooo begitu ya pak, hhmm saya sudah baca buku bapak di google book yang bab 7 – analisis balok tulangan berlapis.
        Kebetulan saya ada tugas tentang mencari kapasitas momen penampang tul. berlapis, dan buku bapak sangat membantu. Tetapi ada beberapa halaman yaitu 233,235,236,238 tidak ditampilkan di google book. Sehingga pengerjaan tugas saya jadi terhenti ditengah pak hehe, terutama balok T (hal 235-236).
        Kalau boleh, bisakah saya melihat halaman yang hilang itu pak (printscreen)? Soalnya saya sudah mencari referensi tentang analisis balok tulangan berlapis tidak ketemu-ketemu 😦
        Terima kasih pak
        wassalam 🙂

        Suka

    • Usulan yang baik pak, tetapi rencananya sih seteleha buku “struktur baja” klar maka akan ngurusin lagi buku lama. Maksudnya di up-date lagi lebih baik.

      Suka

  25. Selamat siang Pak Wir,

    Pak, link download di atas saya klik sudah tidak ditemukan. Bisa minta tolong diuploadkan lagi ya pak.

    Dari program VB di buku ini (dulu saya pernah download dari http://sipil-uph.tripod.com/download.htm) saya coba untuk jumlah tulangan lebih dari 20 hasilnya selalu “Run-time error 9 Subscript out of range”.
    Apakah jumlah tulangan memang dibatasi max 20 tulangan ya pak?

    Kebetulan saya sedang mencoba membuat spreadsheet excel untuk balok bulat berongga sesuai alur perhitungan di buku bapak. Untuk kondisi 1 selalu cocok dengan hasil Program VB. Tapi untuk Kondisi 2 selalu berbeda, untuk jumlah tulangan yang lebih banyak maka perbedaan hasilnya makin jauh.

    Kalo boleh dan ada waktu, tolong bpk bisa lihat spreadsheet saya.
    https://www.dropbox.com/s/z039aqrh9dnkkt4/Spreadsheet%20Balok%20Bulat%20Berongga.xlsx?dl=0
    Tolong koreksinya ya pak.
    Terima kasih banyak Pak Wir.

    Oh ya, buku bajanya sudah sampai pak.. Mantap berbobot dan lengkap sekali.
    Untuk buku VB ini apakah ada rencana dijual/dicetak lagi ya pak? atau mungkin dijual versi ebooknya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s