software di industri baja

Punya blog itu banyak enaknya, kadang-kadang nggak perlu susah payah memperkenalkan diri. Eh ternyata waktu mau dikenalin, sang tamu sudah tahu namaku dan lain-lainnya. Juga tentang ketertarikanku ngulik software-software engineering nggak perlu diceritain lagi. Ya, kira-kira begitu kesanku, ketika kemarin, dosen baja UPH yaitu ibu L.H. mengenalkan kami, teman-teman jurusan teknik sipil UPH, dengan tamu-tamu dari PT. CHC (steel fabricator and manufacturer) yang berpusat di Cilegon, yaitu bapak Ir. H.S (Director) dan bapak S. (Chief of Drafter) di ruang pertemuan FDTP Lippo Karawaci.

Maksud pertemuan adalah seperti biasa, yaitu kita membuka diri bagi kalangan industri, mencoba berdialog, siapa tahu mendapat titik temu untuk saling win-win, antara institusi pendidikan dan industri. Minimal mencari masukan, hal-hal apa yang menjadi minat industri sehingga siapa tahu bahwa materi pembelajaran di jurusan yang kami kelola ini dapat saling link-and-match dengan dunia kerja. Maklum sekolah swasta, kami harus dinamis, mandiri, berusaha mencari hal-hal positip yang dapat dikembangkan untuk menjadi center of excellence kami. Aduh sok idealis, ya gimana lagi, kalau nggak gitu nggak survive. Iya khan.

Pertemuan cukup lama, dari jam 13.30 sampa jam 16.00, seru juga.

Salah satu motivasi mereka berkunjung ke UPH adalah adanya anggapan bahwa kami-kami (dosen atau mahasiswa) banyak yang tertarik dengan software-software engineering.

Lho steel fabricator koq ngomong software engineering ?

Tenang-tenang ! Maksudnya, sebagai fabricator mereka sangat terbantu dengan adanya software engineering, yang menurut mereka sangat meningkatkan kinerja sangat signifikan, sehingga mampu melaksanakan proyek-proyek besar dalam waktu yang relatif lebih singkat dibanding kompetitor lainnya. Software yang diunggulkan selama bertahun-tahun berhasil menangani proyek-proyek besarnya adalah TEKLA.

Software tersebut hebat sekali, presisi tinggi dan mudah baik dari segi pemakaian maupun evaluasinya bahkan oleh awam sekalipun karena termasuk dalam software 3D. Selain itu bisa dikaitkan langsung dng aspek manajemen (QS, step of construction, storage manajemen dll) bahkan dapat dihubungkan dengan mesin CNC. Intinya beliau mau mengatakan bahwa era sekarang, untuk industri baja, design dan fabricator maka TEKLA sangat mumpuni.

Masalahnya adalah sdm yang menguasai software tersebut juga tidak banyak. Jadi dengan berkunjung ke uph maka jika mhs akhirnya bisa juga mengusainya maka tentunya kelangkaan sdm bisa teratasi.

Dalam berbicara tentang prospek software tersebut, beliau mengatakan bahwa kompetensi menggunakan software tersebut merupakan kompetensi tingkat internasional. Jadi ujung-ujungnya bisa menerima pekerjaan dari luar negeri, ngerjainnya dirumah, dikirim balik via teknologi internet. “Wah dollarnya banyak lho pak Wir“, begitu promosi mereka agar kami-kami bisa mensosialisasikan hal tersebut.

Wah ternyata pemakaian software di industri sudah semakin maju ya, tidak hanya program SAP2000 aja.

Pada kesempatan lain, mereka mengatakan akan menjadi agen untuk software serupa, tetapi bukan TEKLA.  Software yang dimaksud adalah STRUCAD, katanya kemampuannya sama. Untuk software tersebut mereka ingin membuka peluang kerja sama.

Untuk sementara begitu dulu ya. Intinya software TEKLA dan STRUCAD ternyata sudah dipakai berproduksi di industri baja Indonesia, juga di industri OIL and GAS. Jadi yang punya kompetensi tersebut, dan belum punya job silahkan ditindak-lanjuti. OK.

79 respons untuk ‘software di industri baja

  1. mas saya juga bisa mengoprasikan tekla. strucad juga pernah d ikut sertakan trainingnya. tapi tekla yang pernah saya gunakan untuk mengerjakan proyek besar. pke cnc juga.saya lagi belajar buat template buat kopnya. tapi dah 2 bulan g saya pake lagi. karena saya kerja d bagian civilnya. tolong donk yang punya lowongan buat drafter tekla hubungi saya. gajihnya g terlalu gede juga gpp soalnya saya masih umur 20 th. yang penting bisa buat kuliah kelas karyawan. pengen bisa ngitung beben, dan bisa nentuin joint, n material.

    Suka

  2. mas,
    Aku oprator Bocad dah masuk 15th,dah bermacam2 project aku kerjakan dari jembatan,pabrik,tower SST,tower transmisi,storage tank,conveyor,dll.dulu aku kenal Xsteel sebelum berubah jadi tekla.karna perusahan ku punya ke 2 nya,tapi aku lebih suka pake bocad .karna pada waktu itu bocad lebih cocok dengan pekerjaan utama perusahan ku yaitu tower dan jembatan.

    kalau ada yg bertanya tentang bocad mungkin aku bisa jawab.atau ada yg minta selesaikan projectnya untuk shop drawing? aku siap.
    aku ada di yedri66@yahoo.com

    trim’s mas Wir.

    Suka

  3. Sudah 2 tahun terakhir ini saya bekerja diperusahan baja,
    prog. yang saya gunakan StruCad V.15. Tapi di perusahaan tempat saya bekerja, gaji saya pas-pasan.
    pliss… klo ada info lowongan drafter StruCad
    info kemari….
    thanks.. ^_^.

    Suka

  4. Pak wir , boleh tanya sedikit , mengenai tekla katanya org awam juga bisa mengoperasikannya ? saya tertarik untuk bisa drawing gudang ( fondasi baja nya ), apakah saya tetap harus menguasai dasar hitungan tehnik sipil dahulu ( untuk menentukan profil wf/h-beam ) sebelum digambar ? terima kasih

    Suka

  5. Saya seorang drafter Tekla, sudah 3 tahun saya mengoperasikan Tekla dan sudah berpindah 3 perusahaan. Saya liat di tools Tekla terdapat tools untuk perhitungan struktur termasuk beban dan momen. saya ingin sekali belajar mengoperasikan perhitungan struktur dengan tekla, akan tetapi selama bekerja di tiga perusahaan tersebut saya belum pernah menemukan orang yg menggunakan tools tersebut. Mungkin dari teman2 semua ada yg sudah mahir menggunakannya mohon dishare ilmunnya atau mungkin punya buku panduan mengenai tools ini tolong infokan ke keandhys @yahoo.co.id. trimakasih.

    Suka

  6. teman teman smua aku lagi blajar tekla tapi aku lagi bingung pas mw impor gambar dwg ke tekla,mudah mudahan teman2 bs membantu.terima kasih

    Suka

  7. Mohon batuan dari pembaca semua,,,,,, saya seorang drafter di perusahaan BUMN. sang saya pakai program autocad. Sebagai anak muda yang masih pengin terus maju saya pengin belajar TEKLA. tapi saya bingung untuk cari softwerenya. soalnya di kota ku ga ada. Pernah saya download tekla v.17 di intenet. udah saya instal. Tapi giliran saya buka ,ada perintah Masukan server adres… saya bingung. apa mungkin belum dicrack. mohon bantuannya,,,,,,,,,

    Suka

  8. Terima kasih pak wir ats postingnya, sangat membantu.

    Ada yg bisa bantu dmna alamat download tekla untuk dipakai belajar? Soalnya d cari2 susah nemuinnya. Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s