Beberapa tahun yang lalu ketika mengikuti pelatihan penulis yang diselenggarakan oleh Elexmedia Komputindo, dari pembicara yang memandu disebutkan bahwa seorang penulis yang baik adalah jika harus bisa menjadi ahli pemasaran. Pada saat itu aku bingung, khan latar belakang pendidikanku ini di bidang teknik, kalau orang menyebutnya ahli teknik, ya sah-sah saja, maklum itu khan memang pendidikan formalku. Tetapi kalau jadi ahli pemasaran, gimana itu. Tetapi ternyata itulah yang terjadi, setelah akhirnya ada delapan (8) karya tulisku yang dijadikan buku, ternyata pendapat pembicara beberapa tahun berselang itu, jadi kenyataan. Bagaimanapun juga, jadilah aku terjun memasarkan buku-bukuku. Jadi penjual ya pak. Bukan dik, memasarkan saja. Kalau yang menjualnya adalah tetap LUMINA Press dengan lapak on-line-nya http://lumina-press.com . Untuk membantu proses menjualnya tersebut, maka langkah pertamaku adalah membuat brosur khusus. Dalam hal ini, aku tidak sebagai ahli pemasaran, tetapi juga ahli DKV (Disain Komunikasi Visual) otodidak. Mau tahu hasilnya. Ini lho. brosur-bukunya-Wiryanto-1 brosur-bukunya-wiryanto-2 Nah itulah desain trifold-brosur yang telah selesai aku buat. Menarik bukan. Karena yang mendesain adalah juga penulisnya, maka isinya benar-benar berbeda, sesuai dengan isi apa yang ingin disampaikan langsung. Ini nanti akan dicetak dan disebarkan ke seluruh Indonesia. Maklum aku menyadari karena banyak engineer dan akademisi senior yang tidak melek internet, bahkan ada yang bertanya tempo hari, blog itu apa sih. Nah untuk mengatasi hal tersebut maka dengan membaca brosur satu lembar di atas (nanti kalau sudah dicetak) maka pastilah beliau tertarik untuk membaca buku-buku karyaku, yang levelnya aku sebut sebagai buku edisi kolektor. Bagi yang tertarik membaca brosur secara lebih baik, yaitu versi PDF resolusi tinggi. Monggo di download saja brosur-bukunya-Wiryanto.PDF (2.3 Mb). Terima kasih juga bagi rekan pembaca yang berkenan menyebarkan brosur tersebut. Tuhan memberkati.

<< up-dated 25 Maret >>

Brosur rencananya akan dicetak pada kertas art matte full color. Ini perlu karena meskipun hampir semua informasi dapat dilihat via internet, tetapi brosur cetak akan lebih berkesan personal. Ini sangat cocok bagi pembaca yang puas dan ingin berbagi info (merekomendasi) ke orang lain. Oleh sebab itu brosur itu nantinya akan dibagikan ke :

  • pembeli pertama buku-buku, khususnya yang pra-order, akan dititipi beberapa brosur. Mohon bantuan ya, kalau bukunya memuaskan untuk diinformasi via brosur ke teman-teman yang berpontensi.
  • jurusan-jurusan teknik sipil di Indonesia. Ini penting karena pada buku tersebut memuat konten terkini khususnya perencanaan baja yang mengacu AISC 2010, yang nantinya akan diadopsi penuh dalam SNI 20XX. Dari hasil diskusi dengan pengajar-pengajar struktur baja, masih jarang perguruan tinggi yang mengacu pada AISC tersebut. Bahkan pernah ketemu dengan dosen struktur baja di PTS terkenal di Jakarta, beliau juga praktisi struktur baja yang mengajar di level S1 masih pakai SNI baja lama. Kondisi seperti ini jelas perlu membaca buku saya tersebut. Kalau mengajar pakai SNI maka ketika alumni harus bekerja di oil-and-gas atau proyek-proyek asing tentu akan kesulitan memakai pengetahuan yang didapat (perlu effort lebih untuk penyesuaian diri terlebih dahulu). Buku saya disusun dengan format yang mirip dengan AISC code, sekaligus setiap rumus yang ada diberikan nomer rujukan. Jadi ini sangat membantu pembaca buku tersebut untuk familiar pada code. Ini sangat penting ketika membuat laporan perhitungan yang bersifat formal. Itu yang biasa terjadi pada perusahaan konsultan asing.
  • perpustakaan yang memuat buku-buku teknik.
  • organisasi profesi teknik sipil dengan anggota aktif yang banyak. Ini alamatnya saya nggak ada, jika pembaca merupakan salah satu anggotanya, mohon dapat dituliskan di form komentar alamat surat yang dapat dikirimi brosur tersebut.
  • akan dititipkan pada seminar atau pertemuan teknik yang banyak dihadiri teman-teman teknik sipil.
  • juga teman-teman yang berkenan membantu untuk menyebarkan brosur tersebut. Bagi yang berminat, mohon dapat meninggalkan alamat surat untuk dapat dikirimi brosur. Terkait hal tersebut, mohon dapat disebutkan nama institusi kampus tempatnya belajar atau mengajar bagi mahasiswa atau dosen, juga kantor tempatnya bekerja bagi yang karyawan atau pegawai. Ini untuk meyakinkan pihak LUMINA Press bahwa yang dikirimi ini bukan hanya satu orang, tetapi akan menjangkau banyak orang disekitarnya yang seprofesi (Teknik Sipil).
  • Bagi pengajar mata kuliah struktur baja yang berminat silahkan meninggalkan alamat nanti akan dikirimi juga bila berminat. Bahkan nanti kalau poster yang akan dicetak juga tidak akan dilupakan.

Akhirnya terima kasih bagi teman-teman yang telah membantu dan meninggalkan alamat untuk dapat dikirimi brosur yang dimaksud. Tuhan memberkati kita semua.

14 tanggapan untuk “brosur bukunya Wiryanto”

  1. ilham Avatar
    ilham

    Selamat pagi pak wir, pak apakah ada cara lain beli buku pak wir , soalnya sudah beberapa kali saya beli buku di lumina press, tapi katanya invalid verify response. Saya sudah nyoba beberapa kali. Tapi nga bisa2, sudah saya email juga ke lumina press, belum ada tanggapan juga pak, mohon di bantu pak, mumpung lagi discount sampai tanggal 31 maret. Terima kasih pak.

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Informasi anda telah saya disampaikan kepada LUMINA Press, ternyata juga ketahuan kalau ada email di situs tersebut yang error. Moga-moga cepat terselesaikan. Maklum bagian bisnis tersebut ditangani oleh pihak LUMINA Press.

      Suka

      1. ilham Avatar
        ilham

        Terima kasih banyak pak wir, saya sudah order bukunya,

        Suka

      2. wir Avatar
        wir

        Terima kasih Ilham,
        Untuk bukunya mohon sabar ya, ini sudah dipercetakan. Moga-moga hasil cetaknya sesuai yang saya bayangkan. O ya, nanti kalau sudah diterima, mohon juga tanggapan atau masukan untuk perbaikan ke depannya. Maklum, buku itu bukan yang terakhir.

        Salam dari Kampus UPH Karawaci.

        Suka

  2. ilham Avatar
    ilham

    Baik pak wir, nanti saya akan berikan tanggapan, sekali lagi saya ucapkan terima kasih pak. Salam

    Suka

  3. aditiasandi Avatar

    Salam Kenal Pa Wir
    Nama saya Aditia Sandi. Saya salah satu orang yg sudah preorder buku struktur baja yg bapak tulis. Saya juga termasuk pembaca setia blognya Pa Wir, hehe. Saya juga sudah membaca sekaligus mengkoleksi buku bapak sebelumnya yg berjudul Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000, yg sudah sangat membantu proses pengerjaan tugas akhir saya dulu.
    Saya kira kampus tempat kuliah saya dulu perlu membeli buku struktur baja yg Pa Wir tulis, yg menurut saya buku tsb sudah sangat baik dan lengkap isinya (setelah membaca cuplikan2 buku tersebut). Rekomendasi sbg buku pegangan. Saya alumni jurusan teknik sipil Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2010.
    Alamat kampus saya di Jalan Terusan Jendral Sudirman, PO Box 148 Cimahi, Jawa Barat, Indonesia.
    Semoga Pa Wir bersedia mengirimkan brosur tsb ke kampus tempat saya dulu berkuliah.
    Terima kasih Pa Wir

    Salam
    Aditia Sandi

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      Mas Aditia Sandi, alamat dicatat untuk nanti dikirimkan.

      Suka

  4. dhanis Avatar
    dhanis

    Pak, buku Struktur Bajanya sampainya kapan ya ? Sy udah pre order.

    Suka

    1. wir Avatar
      wir

      jadwal yang ada di Lumina adalah akhir April, itulah mengapa disebut pra-order. Tetapi faktanya, saat ini sudah masuk ke percetaakan. Mereka butuh waktu kerja 21 hari sampai jadi. Itu berarti bisa lebih cepat dari rencana, moga-moga tanggal 15 April sudah kelar. Doakan ya, penulis dan penerbit juga berharap cepat klar.

      Suka

  5. Afret Nobel (@AfretNobel) Avatar

    Bisa dikirimkan ke sini Pak brosurnya, PT. Perkasa Carista Estetika, Plaza Kebon Jeruk C7/8, Jl. Pejuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11560

    Suka

  6. Peraturan Baja Indonesia terbaru – SNI 1729-2015 | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] dengan isinya. O ya, untuk yang tertarik membaca brosur yang aku maksud silahkan berkunjung ke threat ini (brosurnya bisa di download). Jika bertemu dengan orang yang belum pernah membaca buku karyanya Wiryanto, maka tentu argumentasi […]

    Suka

  7. respons pembaca buku Struktur Baja | The works of Wiryanto Dewobroto Avatar

    […] brosur bukunya Wiryanto – 24 Maret 2015 […]

    Suka

  8. josi Avatar
    josi

    SIang Pak Wir,

    mau tanyanya donk, ada gak buku terbit tentang perhitungan metode CANI portal 3D.

    Trims
    Josi

    Suka

    1. wir Avatar

      nggak dik, saya sudah lupa metode tersebut. 😀

      Suka

Tinggalkan komentar

I’m Wiryanto Dewobroto

Seseorang yang mendalami ilmu teknik sipil, khususnya rekayasa struktur. Aktif sebagai guru besar sejak 2019 dari salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang. Juga aktif sebagai pakar di PUPR khususnya di Komite Keselamatan Konstruksi sejak 2018. Hobby menulis semenjak awal studi S3. Ada beberapa buku yang telah diterbitkan dan bisa diperoleh di http://lumina-press.com