stand buku di seminar HAKI 2017

Selain sebagai seorang pengajar atau kerennya Dosen maka di sisi lain, saya adalah seorang Penulis. Bagi yang sering mengunjungi blog ini, tentu tidak perlu jelaskan lagi. Aku sering menulis rencana buku-buku yang akan diterbitkan. Sayang, tahun ini belum ada buku yang baru lagi. Di luar pembaca blog ini, memang banyak yang tidak tahu. Maklum buku-buku karanganku tidak dijual di toko-toko buku yang biasa. Adanya hanya di toko buku on-line saja, di sini.

Memang berbeda dari buku-buku novel yang umum, yang penulisnya banyak dikenal karena tulisannya mudah untuk dipahami oleh awam. Adapun buku-buku yang kutulis adalah sangat spesifik. Genre tulisannya termasuk buku-buku non-fiksi, yaitu bidang rekayasa / teknik / teknologi. Tepatnya adalah buku-buku seri teknik sipil, khususnya rekayasa struktur (structural engineering).

Untuk bidang tersebut, aku sangat percaya diri. Maklum jumlah penulisnya di Indonesia masih sangat sedikit, kelihatannya bisa dihitung dengan jari. 😀

Jumlah penulis yang sedikit, mungkin juga disebabkan ceruk pasarnya sangat kecil, sehingga dari segi bisnis tidak terlalu menjanjikan. Memang sih aku menulis juga bukan karena pertimbangan bisnis, ini lebih kepada untuk mendapatkan kepuasan diri. Semangat berbagi, sekaligus untuk menguji ilmu yang dikuasainya. Kalau sekedar berbagi ilmu di depan mahasiswa-mahasiswanya di kelas, maka ilmunya hanya dipelajari (atau dievaluasi) oleh mahasiswa di kelas tersebut. Respond-nya sangat terbatas, bahkan tidak akan pernah ada pertanyaan kritis yang diajukan. Tetapi dengan di buku-kan, maka yang membaca akan lebih luas sehingga masukan yang diberikan juga akan bervariasi. Itu tentu akan membuat ilmu yang sudah kita kuasai akan ada koreksi, atau bahkan semakin mantap. Jadi menulis buku itu memang kompetensi yang pas untuk disandingkan dengan profesi dosen. Nilai tambah begitu lho.

2016-08-21 10.09.37
Gambar 1. Buku karangan Wiryanto yang terbaru (Juli 2016)

Buku yang aku tulis memang ada hubungannya dengan profesiku sebagai dosen, yaitu materi kuliah yang aku berikan di Jurusan Teknik Sipil UPH. Jadi bukuku juga berlaku sebagai buku teks untuk pembelajaran mahasiswa teknik sipil untuk mata kuliah yang aku berikan. Jadi pasar pembacanya adalah di tingkat mahasiswa.

Meskipun itu buku teks, tidak berarti buku tersebut tidak cocok untuk dibaca para profesional. Bahkan menurutku, para profesional di bidang konstruksi sangat memerlukan untuk membacanya. Selama ini aku memang sering diajak berdiskusi oleh para praktisi, khususnya terkait permasalahan di bidang rekayasa struktur. Lumayan karena dari situ kadang banyak kasus yang bisa dikembangkan jadi tema penelitian. Dari beberapa praktisi yang kutemui bahwa membaca buku-ku maka isinya banyak yang mirip dengan apa yang mereka temukan di lapangan. Bahkan ada yang bertanya, apakah aku memang pernah hidup lama di lapangan (sebagai praktisi proyek) begitu. Itu khan bukti bahwa materi tulisan teoriku, ternyata diamini oleh para praktisi lapangan.

Itulah alasannya mengapa aku pede-pede saja menawarkan buku karanganku kepada para profesional yang terkait. Tentu saja tidak secara door to door, seperti salesman sabun tetapi lebih gentle dong, yaitu dengan membuka stand penjualan ketika sedang diadakan seminar profesi.

Seminar HAKI 2017 di Hotel Borobudur Jakarta adalah salah satu seminar profesi Ahli Konstruksi yang terbesar di Indonesia. Untuk kali ke-3 ini penerbit buku karanganku, yaitu LUMINA Press akan membuka stand penjualan di sana. Ini kira-kira stand buku di acara tahun 2015 lalu.

stand-lumina-di-seminar-HAKI
Gambar 2. Stand buku di Seminar HAKI 2015

Tahun ini, stand buku semacam di atas juga akan dibuka selama tiga hari acara Seminar dan Pameran HAKI 2017, yaitu Selasa-Rabu-Kamis, tanggal 22, 23, dan 24 Agustus 2017 bertempat di Lobby Hotel di depan Floress Room, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut, selain buku karanganku (lihat Gambar 1) yang berjudul Struktur Baja – Perilaku, Analisis dan Desain – AISC 2010, Edisi ke-2 maka akan dijual juga buku karangan Prof. Harianto Hardjasaputra tentang Strut-and Tie Model (ada dua buku seharga Rp 100 ribu).

Jadi bagi peserta pameran HAKI 2017, khususnya yang belum memiliki buku karangan saya yang terbaru atau buku karangan Prof Harianto. Jangan lupa mampir ya.

4 respons untuk ‘stand buku di seminar HAKI 2017

  1. Dear Pak Wir,
    Untuk buku baja edisi 2 dan SAP 2000 ny masih bisa dipesan online? Saya pernah sms pihak luminanya, info nya sudah tidak di cetak lagi. Mohon infonya..
    Terima kasih

    Suka

    • yang SAP2000 lagi dicetak ulang, kalau sudah jadi pasti bisa di order lagi. Hanya saja itu masih versi yang ada, tidak ada perubahan. Adapun Struktur Baja edisi ke-2 masih ada koq, meskipun mungkin juga hampir habis. Buku baru belum ada.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s