Karya Ilmiah Utama ke-4 (April 2007)

Telah tersedia di toko-toko buku.

<up-dated tanggal 15 April 2007>

Hari minggu tanggal 15 April 2007, mampir ke toko buku Gramedia Mal Taman Anggrek, ternyata ada tiga tumpuk tinggi buku karanganku ini, wah cukup banyak stock.

Jika di toko buku di kota anda belum ada buku tersebut, jangan menunggu terlalu lama, pesan aja langsung via telpon atau email ke penerbitnya yang menyediakan divisi khusus yaitu

SHOWROOM Elex Media Komputindo Jakarta
62-21 585 1473-4
62-21 536 99 123-4
email  cs.retail@elexmedia.co.id

Sampul Buku SAP2000 Edisi Baru 2007

<tanggal 11 April 2007>

Rabu tanggal 11 April 2007 ini saya barusan check di toko Buku Gramedia Metropolitan MALL Bekasi. Sudah ada di counter CAD dan grafis. Harganya Rp. 82.500,-.

Wah mahal juga yah, untuk penglaris saya beli satu, he, he. 🙂

Meskipun mahal, tetapi buku tersebut akan menjadi buku SAP2000 berbahasa Indonesia yang paling lengkap, paling tebal yang pernah ada, yaitu 590 halaman (hasil survey bulan Maret 2007 ini). Kecuali itu, yang paling penting bahwa isinya bukan sekedar menerjemahkan saja tetapi benar bahwa sebagian besar adalah betul-betul orisinil sehingga dapat menjadi buku pendamping manual program SAP2000 yang sudah ada.

Buku ini, akan menjadi buku SAP2000 yang cocok dibaca bagi pemula untuk belajar sendiri, maupun referensi perkuliahan, yang di Jurusan Teknik Sipil UPH disebut mata kuliah Komputer Rekayasa Struktur. Suatu mata kuliah khusus yang mungkin tidak ada duanya di Indonesia, yang dikemas agar terjadi link-and-match perolehan yang didapat di perguruan tinggi dan dunia industri kontruksi.

Mata kuliah tersebut tidak sekedar mendidik siswa untuk mengoperasikan program SAP2000 seperti halnya yang terdapat pada kursus-kursus yang banyak ditawarkan, yang umumnya materinya tidak banyak berbeda jauh dengan materi-materi yang ada pada buku manual program. Sedangkan buku ini berbeda sama sekali, tidak didasarkan pada penerjemahan buku manualnya tetapi benar-benar merupakan hasil kulminasi pengalaman bertahun-tahun selaku praktisi (structural engineer) yang berorientasi pada hasil (nggak peduli bagaimana cara mendapatkannya) dan selaku guru (dosen) yang berorientasi pada proses.

Adanya mata kuliah tersebut merupakan petunjuk bahwa Jurusan Teknik Sipil UPH mampu untuk secara mandiri memberikan content yang berbeda, dan tidak sekedar mengekor dari yang lain-lain.

Ini juga merupakan bukti, bahwa kami di UPH mempunyai keberanian menyatakan karyanya secara nasional untuk dapat dievaluasi (oleh siapa saja) dalam bentuk buku yang beredar ke seluruh Indonesia oleh penerbit yang bereputasi tinggi dalam penerbitan buku-buku bermutu, khususnya untuk buku-komputer. Terbukti, sejak pertama kali terbit tahun 2004, edisi pertamanya habis di serap pasar.

Sebuah buku SAP2000 atau tentang program analisa struktur yang mendapat opini positip tertulis oleh lebih dari lima Profesor struktur dari P. Jawa yang dikenal sebagai pusat perkembangan rekayasa di Indonesia, sekaligus mendapat opini tertulis juga dari pakar bereputasi international (Universitas Sidney, Australia).

Kecuali untuk pemula dan mahasiswa yang mengambil perkuliahan teknik sipil, diharapkan juga bahwa buku ini berguna bagi rekan-rekan yang sudah ber-jam terbang tinggi memakai program tersebut untuk pekerjaan sehari-harinya (praktisi di konsultan  rekayasa = structural engineer), khususnya untuk melihat apakah kuantitas penggunaan program sudah se-variasi seperti yang ada pada buku ini.

Diharapkan buku ini dapat menjadi pemicu penulisan buku-buku serupa oleh pakar-pakar teknik sipil di Indonesia, yang saat ini lebih suka menyimpan ilmunya sendiri, yang mungkin sebenarnya lebih banyak dan lebih bervariasi dari pengetahuan penulis. Akhirnya diharapkan masyarakat luas mendapatkan pencerahan dari karya-karya tulis yang tercipta. 

Kinerja keilmuan (scientific performance) ialah produktivitas para ilmuwan dalam mempublikasikan karya-karya keilmuannya.
(Donald Pelz 1963)

Sehebat-hebatnya seseorang, seluas-luasnya pengetahuan yang ia miliki, sekaya-kayanya gagasan yang ada dalam benaknya, tanpa ia mampu menuangkannya khususnya secara tertulis, belumlah cukup dan belum terbukti kehebatannya.
(Dedi Supriadi 1997)

Majulah Indonesia !

Kami di UPH bekerja keras untuk itu! Kami tidak mau “hanya menjadi segelitir elit di negeri ini”. Kami ingin menjadi berkat bagi bangsa ini. Semoga buku ini memberi banyak manfaat sebagaimana harapan kami tersebut.

You are the light of the world. … , let your light shine before men, that they may see your good deeds and praise your Father in heaven.
(Matthew 5:13,16)

Berita-berita terkait tentang buku di atas :

224 respons untuk ‘Karya Ilmiah Utama ke-4 (April 2007)

  1. selamat siang pak,
    saya sovia dari program master FT Universitas Negeri Padang, apakah buku bapak ini masih ada, karena digramedia Padang sudah abis, bisa saya lewat mana pak?
    terimakasih sebelumnya

    Suka

  2. Akhirnya setelah saya baca2 blog bapak, saya pesan di lumina saja, sebenarnya saya mau edisi 2007 , tapi gak ada lagi saya pesan yag edisi baru saja, saya sudah dapat code, besok ditranfer, semoga cepat sampainya ya pak, karena saya ada mata kuliah analisa struktur

    Suka

    • syukurlah dik, setelah nanti transfer konfirmasikan lagi ke http://lumina-press.com biar divalidasi. Setelah ok, nanti dikirim koq. Memang masih agak semi manual, ini sedang diusahakan (oleh programmer web-nya) agar bisa otomatis transfer via bank. Tak perlu validasi secara manual terlebih dahulu. O ya, edisi yang baru falsafah-nya lebih banyak, juga bagian desain beton atau baja di up-dated, lebih mantap. 😀

      Suka

      • oooo, Begitu ya pak…baiklah saya akan pelajari dengan sungguh-sungguh, untuk mempertajam ilmu saya juga berharap mata kuliah ini ujung2nya dapat A ya pak. Amin…
        sukses terus untuk bapak, ditunggu gebrakan berikutnya ….!

        Suka

      • Syukurlah pak, barusan bukunyasudah sampai, kebetulan banget besok kuliahnya analisa strukturnya… Tks ya pak wir dan lumina

        Suka

  3. Dear Pak Wiryanto,

    Apakah software SAP 2000 bisa digunakan untuk mendesain offshore unit , sesuai standar BSEN 12079,DNV 2.71 / DNV 2.73 ?
    di standar tersebut untuk metode kalkulasi menggunakan von misses stress analysis apakah di SAP 2000 bisa menggunakan metode tersebut ?

    terima kasih.

    salam,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s