buku Wiryanto telah terbit !

Akhirnya, setelah usaha begitu lama, sejak penerbitan buku saya yang terakhir, tahun 2007,  yang berarti setelah lima tahun berlalu akhirnya terbit juga buku yang ditunggu-tunggu. Lihat penampakannya :  buku-sap

Ada dua versi yang berhasil dibuat yaitu hardcover (buku kiri) yang dicetak sebagai edisi terbatas yang awalnya sebagai hadiah kepada para sponsor yang terlibat, dan juga edisi softcover (buku kanan) ini yang akan direlease ke masyarakat teknik sipil dengan biaya Rp 180 ribu. + ongkos kirim.

Buku ini rencananya didistribusikan melalui on-line saja, melalui situs http://lumina-press.com, belum ada pemikiran untuk diedarkan melalui toko buku. Maklum pembelinya dianggap lebih banyak yang berbasis dari pembaca blog. Jadi jika melalui toko buku dianggap tidak efektif. Itu tentu saja hipotesis yang perlu dibuktikan.

Buku tersebut telah diusahakan yang terbaik yang dapat dibuat. Mohon masukan dan kritikan agar buku-buku berikutnya dapat lebih baik.

O ya diucapkan banyak terima kasih telah menunggu buku tersebut.

salam dari penulis

<< up dated 24 April 2013>>

Kemarin pihak penerbit baru datang ke kampus, membawa dua gepok bungkusan isi buku edisi hard-cover dan soft-cover. Jadi baru kemarin secara fisik aku pegang buku tersebut, malamnya aku evaluasi ke macam tipe buku cetakan tersebut.

Edisi soft-cover. Sesuai harapan, sampul buku mempunyai “lidah”, kertas bukan hvs tetapi jenis art-paper-matte yang jelas lebih bagus. Tapi mungkin karena jenis kertas itu pula maka tinta hurufnya terkesan tipis. Meskipun demikian semua huruf dan gambar dapat tercetak dengan jelas dan bersih. Hanya saja pada halaman-halaman tertentu ada kesan kertas halaman terlipat. Secara umum kualitas buku lebih baik dari edisi buku  saya sebelumnya.

Melihat kondisi buku soft-cover, dan membandingkan dengan harga yang telah ditetapkan sebelumnya, maka harga buku tersebut relatif murah. Ini nggak melihat content-nya. Jika faktor itu masuk, maka jelas sangat murah. Bahkan kemarin ada seloroh dari pihak penerbit : “wah harga buku ini bisa naik lho pak Wir setelah melihat hasil cetakannya. Jelas lebih baik, dari buku-buku teknik sipil yang dijual di toko-toko buku !” Lagi-lagi hanya seloroh, maklum harga Rp 180 ribu yang telah ditetapkan sebelumnya telah menjadi komitmen kami, agar dapat terjangkau. Jadi yang untung dalam hal ini pihak pembaca.

Kondisi buku hard-cover memang sepintas lebih mewah. Tetapi kalau melihat ongkos produksinya yang hampir 3 x lipat yang soft-cover maka keunggulan yang didapat tidak terasa. Maksudnya, kualitas yang didapat nggak sebanding dengan ongkos yang dikeluarkan. Waktu hal ini aku sampaikan ke pihak penerbit, komentarnya adalah sebagai berikut :” Yah, pak Wir terbiasa melihat buku-buku hard-cover keluaran dari Amazon sih, jadi bisa dimaklumi. Buku yang pak Wir order dari luar itu khan harganya jutaan, jadi jangan dibandingkan dengan buku hard-cover edisi kita ini pak.” Mendengar komentar pihak penerbit, benar juga ya.

Nah mungkin disinilah masalahnya. Saat ini harga buku versi  hard-cover belum ditentukan harganya. Memang sih, dari awal versi hard-cover dibuat sekedar melihat potensi pihak percetakannya dan hanya dibuat sebagai limited edition untuk hadiah ke sponsor. Jadi bagi yang tidak punya uang lebih, maka saya sarankan saja untuk order yang versi soft-cover. Pasti tidak dikecewakan itu. Sorry ini pendapat pribadi selaku penulis lho.

<< up-dated 27 April 2013 >>

Jika sebelumnya pihak penerbit LUMINA Press dan penulis bekerja keras menyiapkan naskah untuk cetak, maka setelah buku selesai dicetak maka bagian Lumina Press berganti posisi sebagai distributor, yaitu untuk memastikan bahwa pesanan pembaca dapat dikirim tepat waktu. Ini pagi-pagi mereka kirim gambar via email tentang kesiapan kirim pagi ini, Sabtu tanggal 27 April 2013. Ini foto  paket buku yang disiapkan dikirim ke seluruh Nusantara. Coba bayangkan jika satu buku saja lebih dari 1 kg, maka dari foto yang nampak sudah jelas kalau pihak penerbit pagi ini harus bekerja keras.

siap-kirim-minggu-27-AprilPaket buku yang siap menyebar ke seluruh Indonesia.

Dengan dukungan JNE maka saya yakin buku karanganku tersebut dapat terdistribusi secara merata ke seluruh Indonesia, tentu saja ada persyaratannya, yaitu selama ada yang berminat.  🙂

O ya, bagi yang masih ragu-ragu maka daftar isi bukunya saya tampilkan untuk memastikan apakah materi buku sesuai dengan harapannya. Ini daftar isi lengkap buku tersebut :

daftar-isi-1

daftar-isi-2

daftar-isi-3

daftar-isi-4

daftar-isi-5

daftar-isi-6

Sebagai catatan, materi yang berubah signifikan dibanding buku terdahulu adalah Bab 1, 2, 5 dan 6. Kira-kira nambah 100 halaman dari buku lama.

93 respons untuk ‘buku Wiryanto telah terbit !

    • Informasi yang anda tanyakan, sudah banyak disampaikan, yaitu melalui on-line di situs http://lumina-press.com

      Jika Bapak pesan via website tersebut, maka selama bisa dijangkau oleh JNE maka tentunya tinggal tunggu kiriman buku saja. Yang penting, register dulu data anda di website tersebut, lalu setelah dapat nomer code, kemudian bayar harga buku + biaya kirim via transfer bank. Jika sudah, confirmed lagi ke website jika sudah bayar. Jika sudah masuk, langsung buku dikirim. Gitu pak.

      Suka

      • sdr Fahkhrul,
        apakah anda sudah diberikan perincian harga (ditambah biaya pengiriman) atau belum. Jika anda mengakses web, menyertakan data alamat pengiriman maka web akan otomatis memberikan kode dan juga perincian biaya yang diperlukan. Selanjutnya anda transfer (ini belum bisa otomatis, sedang diusahakan terintegrasi), jika sudah. Konfirmasi ke kode yang tadi diberikan, nanti pihak admin akan check. Jika sudah ok, maka buku akaa dikirim via JNE. Begitu kata admin Lumina-nya.

        Suka

  1. Selamat pagi Pak,

    Saya berniat untuk membeli 3 buku SAP ini, tapi dalam versi softcover. Apakah masih tersedia?
    Terimakasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s