puji Tuhan, sebagian telah kembali !

Fasilitas pada blog berbasis WordPress.com memang OK.

Betul, saat ini alamat blog “The Work of Wiryanto Dewobroto” yang lama (http://wiryanto.wordpress dan http://wiryanto.net) telah di-suspended akibat memuat file berhak-cipta dan tidak bisa diakses lagi. Padahal file penyebabnya juga aku dapat dari internet.  Meskipun demikian WordPress memberi fasilitas yang hebat, yang dapat mengakses kembali isi blog-ku tersebut. Ini khan tentunya sangat baik, mereka peduli pada hukum-hukum yang berlaku di negaranya, tetapi juga peduli dengan kepentingan pemakainya. Top deh.

Jadi ada fasilitas admin untuk melakukan eksport/import, yaitu dengan memindahkan isi tulisan dari blog lamaku dan dipindahkan ke blog yang baru. Adanya fasilitas tersebut, juga menegaskan bahwa daripada mempertahankan blog yang kena kasus (hukum hak cipta) maka lebih baik buat alamat blog baru. Proses transfernya memang tidak otomatis penuh, maklum ada pertanyaan-pertanyaan yang perlu direspon agar fasilitas tersebut sukses bekerja. Materi yang ditransfer termasuk juga komentar-komentar pembaca.

Hasil saja proses transfer tersebut tidak bisa menjanjikan pulih 100% pulih. Maklum gambar-gambar atau file digital yang di-upload pada alamat blog lama., menjadi tidak bisa diakses. Semua itu juga hilang bersamaan dengan mulainya blog lama tersebut di suspended.

Intinya meskipun tidak semua bisa kembali, tetapi jelas itu akan sangat membantu. Oleh sebab itu kedepannya, saya akan mencoba menulis dan memperbaiki kembali threat lama yang bisa diimpor tersebut, sekaligus meng-up-dated materinya.

O ya, akibat hilangnya alamat blog lama maka sejak itu akan dihapus semua file digital bukan milik saya, yaitu untuk menghindari terjadinya suspended lagi untuk blog ini. Jadi ebook gratisan sudah tidak ada lagi ya. 😀

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s