gempa di Padang !

Dari radio El Shinta kemarin sore ketika pulang dari kampus ke rumah, terdengar adanya berita bahwa Padang mengalami gempa. Pagi ini di internet, informasi tentang gempa tersebut semakin jelas, bahkan dari USGS diperoleh informasi ada dua kali gempa berturut-turut yaitu Magnitude 7.6 tanggal 30 September, at  05:16:09 PM yaitu yang kemarin terdengar di radio, dan kemudian Magnitude 6.8 tanggal 1 Oktober, 08:52:30 AM.

Luar biasa, dua kali gempa yang relatif sama besarnya, tetapi meskipun demikian ternyata lokasinya tidak sama. Kalau melihat berita-berita yang ada, dimana kota Padang dan sekitarnya luluh lantak, maka gempa yang pertama yang menjadi sumber bencana. Penyebabnya adalah bahwa gempa yang pertama ternyata lokasinya paling dekat dengan kota, hanya 45 km . Inilah catatan jarak ke dua gempa tadi berdasarkan data USGS :

gempa ke-1 : Magnitude 7.6, kedalaman 86 km

45 km (30 miles) WNW of Padang, Sumatra, Indonesia
220 km (135 miles) SW of Pekanbaru, Sumatra, Indonesia
475 km (295 miles) SSW of KUALA LUMPUR, Malaysia
960 km (590 miles) NW of JAKARTA, Java, Indonesia

gempa ke-2 : Magnitude 6.8, kedalaman 24.9 km

55 km (95 miles) NNW of Bengkulu, Sumatra, Indonesia
225 km (140 miles) SE of Padang, Sumatra, Indonesia
490 km (305 miles) SSW of SINGAPORE
695 km (430 miles) NW of JAKARTA, Java, Indonesia

peta_gempa

Meskipun bencana yang terjadi cukup besar, bahkan dikatakan dampaknya lebih besar dari gempa Yogyakarta ternyata ini bukan gempa besar yang ditunggu-tunggu selama ini.  Padahal kalau melihat berita-berita kerusakan yang terjadi cukup memprihatinkan juga.

padang1
Reruntuhan bangunan bertingkat di Jl.Belakang Tanksi, Padang, Sumbar
(Sumber : Kompas 2 Sept. 2009)

katedral_padang
Katedral Padang (Sumber : album facebook Teddy Arifin)

jemb_siti_nurbaya
Jalan terbelah di sekitar jembatan Siti Nurbaya, Kota Padang, Sumbar.
(Kompas – Senin 5 Okt 2009)

Kumpulan foto-foto gempa Padang cukup lengkap di forum Kaskus.

Kelompok team penyelamat Swiss terdiri dari 108 orang dan 18 anjing tiba di Padang pada hari Jumat tgl 2 Oktober 2009, hanya 40 jam setelah gempa bumi terjadi dengan kekuatan 7,6 yang telah meluluh-lantahkan kota Padang. Info dan gambar lebih lanjut ada di sini.

Informasi tentang berita gempa tersebut dan analisis yang ada :

<< artikelku lain yang terkait >>

77 respons untuk ‘gempa di Padang !

  1. Saya juga turut berduka dan merasa sangat khawatir pada uni Dr.Qaira Hanum n uda Drs.Sukri beserta keluarga karena mereka tinggal di Padang jln. Jakarta dan uda Drs Sukri bertugas di Padang Pariaman. Sampai saat ini saya belum dapat menghubunginya.. Bagaimana keadaan kalian UNi n uda??..

    Suka

  2. gempa disebabkan oleh segelintir orang yang melakukan maksiat (perzinahan, porno aksi: pake celana ketat, rok mini, celana pendek)
    kota-2 mana di indoensia…yang ndaftar kena gempa!!!!

    Suka

  3. Kami menyampaikan simpati dan bela sungkawa yang mendalam atas Bencana Gempa Tektonik Dahsyat 7,6 SR di Kota Gadang dan Jambi.
    Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kekuatan iman.

    Bila Bapak berkenan, ada baiknya menginformasikan tentang Bangunan yang masih Aman dan kokoh dengan menggunakan Pondasi Sarang Laba-laba. Seperti di Gedung TVRI yang masih dapat tayang/siaran, Gedung PU Sumbar dan DPRD Sumbar pada “CCTV Detik-detik gempa di kantor DPRD SumBar 30 september 2009″.
    Salam, Terima kasih.

    Suka

    • @Agus
      O bapak dari perusahaan pondasi sarang laba-laba ya. Silahkan saja pak, jika bapak punya data yang memang patut diinformasikan ke teman-teman di sini. Karena bapak dari sisi pelaksananya tentu ada baiknya diberikan data untuk menunjukkan bahwa bangunan yang dimaksud memang memakai pondasi bapak. Juga untuk mendramatisir ada baiknya info bangunan didekatnya yang hancur kena gempa.

      Jika kronologinya baik, bisa-bisa patent anda dengan pondasi tersebut dapat laris manis. 🙂

      Suka

  4. gempa di daerah padang getaranya dpt di rasakan sampai singapore khususnya daerah rafles place.. .. pada semua yang sedang di uji cobaan dari A llah s.w.t harap bersabar serta iklaskan pada mereka yg telah mendahului kita…..karena sesungguhnya D ia lah MAHA SEGALA GALANYA …i love nasi padang…..

    Suka

  5. HI,,SANDI RASTA please jangan kutuk mengutuk macam itu bukanya orang yang kena gempa juga banyak yang muslimin dan mslimah juga??? doakan aja orang orang yg melampoi batas itu sadar dng sendirinya,, ajineng diri saka lati ,,,ajineng raga saka busana… kan beres .. selamat raya bro..

    Suka

  6. sEmoGa yAng mEnjAdi kOrbAn gEmpA buMi di bEri kEkuAtan,kEimaNan, kEtaBahaN dan kEsaBaran daLam mEnghAdapi uJian dAri AllAh…. aminnnnnnnnnnnnnn…..

    Suka

  7. Saya turut berasa amatlah sedih melihat peristiwa-peristiwa begini. Kelihatan bencana alam sudah membawa tanda-tanda akan bahayanya kepada kita semua sedunia.
    Berdoalah untuk mereka semua itu.

    Sudah sampai waktunya kita membantu mengurangkan macam-macam bencana alam. Caranya adalah melalui penggunaan barang-barang keperluan keluarga. Contoh, sabun cuci rambut, cuci lantai, sabun basuh tangan, sabun mandi dsb.

    Kita sebenarnya memakan bahan kimia tiap-tiap hari. Kebanyakan barang-barang keperluan di rumah dihasilkan dengan penggunaan bahan kimia. Justeru itu, ini diikuti beberapa buah negara-13 negara sudah mempraktis penggunan satu brand yang dikeluarkan secara alam semulajadi dan bisa mengurangkan penggunaan bahan kimia serta ingredients yang beracun sejak 1985.

    Dalam satu atau dua bulan brand baru akan dimulakan Malaysia. Saya menjangka in akan tiba ke jiran kita tak lama lagi. Pengguna brand baru ke setiap bahagian rumah sedikit sebanyak akan mengurangkan bencana alam .

    Jadi, kawan-kawan sekalian, sama-sama kita menyelamatkan bumi yang hanya satu, bermula dari rumah kita.

    Semoga semuanya selamat dan sihat.
    Daripada saya yang terikhlas.

    Terima kasih

    Suka

  8. ancua padang di oyak gampo.
    saatnya perbaikan.

    dear all,
    ada yg tahu buku/peraturan rujukan tentang retak struktural pada beton (bangunan), yang membahas batasan retak yg diperbolehkan (lebar atau kedalaman retak) serta kapasitas struktur akibat crack beton tersebut.

    makasih infonya.

    Suka

  9. semua tas jehendak na.tuhan g’ bakal ngasih suatu ujian tanpa tau hamba nya mampu u/ menjalan kan.jgn marah,jgn nangis krn smua kan da hikmah na

    Suka

  10. BAGAIMANA INI…
    DUNIA INI SEMAKIN GOYAH
    TUHAN…
    TOLONG AKU
    BANTU AKU
    JANGAN SAMPAI ADA LAGI GEMPA APA LAGI KORBAN JIWA
    SUNGGUH MAAFKAN KAMI YANG TERLALU JAUH DARIMU
    SUNGGUH…
    MAAFKAN AKU

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s