buku SAP2000 hadir kembali

Puji Tuhan, buku karanganku ke-6 berjudul “Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000” yang terbit pertama kali tahun 2013, telah tersedia kembali. Jadi bagi rekan-rekan pembaca yang belum sempat memilikinya, silahkan ke LUMINA Press.

Materi buku cetakan ke-2 ini, sama seperti cetakan ke-1 (tahun 2013), hanya saja kertasnya memakai tipe yang sama digunakan oleh bukuku Struktur Baja Edisi ke-2 (tahun 2016). Jadi ketika dibandingkan dengan buku lama edisi hardcover akan terlihat lebih tebal, tapi nggak bisa dibilang lebih berbobot lho. Maklum, dengan kertas book paper terbaik yang dipunyai percetakannya, maka meskipun terlihat lebih tebal, tetapi buku tersebut lebih ringan beratnya dari buku cetakan pertama. Ini penampakan buku SAP2000 cetakan ke-2 tersebut. Buku baru yang sebelah kiri, adapun buku yang lama (versi hardcover) ada di sebelah kanannya.

cetak-ulang-buku-sap
Buku SAP2000 cetakan ke-2 (kiri) dan cetakan pertama (kanan)

Materi buku cetakan ke-2 di atas, tidak ada perubahan dengan materi yang pertama. Hanya cetak ulang saja. Oleh sebab itu, program SAP2000 yang digunakan juga yang masih versi 7.4, versi lama.

Buku dicetak ulang untuk mengantisipasi kebutuhan buku teks bagi mahasiswa UPH, khususnya yang akan mengambil mata kuliah Komputer Rekayasa Struktur (2 sks) yang merupakan mata kuliah khusus yang dibuka karena keberadaanku. Jadi mata kuliah seperti itu belum tentu ada di jurusan teknik sipil lain, di luar UPH.

Oleh sebab itu, keberadaan buku tersebut juga sebagai bukti bahwa mata kuliah khusus tersebut bukan sekedar gimmick marketing, tetapi memang materi yang dapat dipertanggung-jawabkan secara profesional, tidak hanya bagi mahasiswaku, tetapi juga bagi insinyur yang profesional sekalipun.

Petunjuk pada buku terkait cara mengoperasikan program memang dapat dikesankan sebagai out-of-dated, Maklum versi programnya adalah versi 7.4 student, adapun saat ini versi program SAP2000 yang beredar adalah versi 19. Hanya saja falsafah keilmuan yang menganggap bahwa komputer hanya sekedar alat, sehingga hasil akhir keputusan terkait penggunaan komputer sangatlah tergantung dari insinyurnya sendiri. Nah materi tulisanku dengan cara pandang seperti itu, yang aku tulis di buku tersebut masih sangat relevan untuk dibaca oleh para insinyur teknik sipil yang mengambil kekhususan struktur.

Jujur saja, falsafah keilmuan untuk memaknai komputer rekayasa struktur yang aku sampaikan di buku tersebut kelihatannya masih belum ada pesaingnya. Kalau tidak percaya, silahkan buktikan sendiri saja.

Note : o y a, buku tersebut dicetak ulang dengan jumlah terbatas. Jadi yang berencana mau mengkoleksinya, segeralah pesan di LUMINA-Press

One thought on “buku SAP2000 hadir kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s