buku SAP2000 Wiryanto – testimoni dan cara pesan

Adakah yang masih merasa heran mengapa iklan Coca-cola terus menerus disiarkan, juga posternya menempel dimana-mana, padahal sejak kecil kita juga tahu bahwa itu adalah merek minuman terkenal dan rasa-rasanya tidak ada dari kita yang tidak tahu. Bukankah membuat iklan itu mahal, jika demikian apa itu tidak membuang duit saja.

Yah itu pendapat awam, adapun bagi pebisnis maka kebutuhan bahwa nama produk mereka masuk dalam benak setiap orang banyak adalah penting. Langkah awalnya sih cukup membuat orang cukup tahu saja, iklan dalam hal ini adalah informasi. Tentu saja tidak semua orang pada suatu saat perlu informasi tersebut, baru pada kondisi tertentu saja informasi itu berguna sebagai alat bantu pengambil keputusan. Misalnya, ketika orang tersebut lapar dan masuk restoran, maka ketika akan memesan makanan dan minuman maka informasi yang tertaman tersebut akan mengambil peran.

Agar dapat tertanam dalam pemahaman orang banyak, maka informasi tersebut perlu diulang-ulang terus keberadaannya, sehingga sadar atau tidak sadar informasi tadi menjadi hal umum yang mengisi persepsi memori kita. Itulah perlunya bikin iklan lagi.  Itu pula yang menyebabkan mengapa sampai ada sekolah DKV (Desain Komunikasi Visual) seperti yang di UPH.

Nah karena itulah maka rasanya informasi tentang keberadaan bukuku yang baru terbit perlu diinformasikan terus menerus. Agar tidak bosen maka informasi tersebut perlu dikemas dalam berbagai hal. Agar seimbang juga maka pendapat teman-teman yang telah menerima buku tersebut dan berkenan memberi testimoni perlu juga diungkapkan. Maklum, karena penulis yang cerita terus maka kesannya seperti juga kecap, nggak ada yang kecap no.2 bukan, semuanya akan bilang ini pasti nomer 1.

Jadi benar bahwa buku karyaku yang terbaru telah terbit. Judulnya Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000. Buku tersebut mengambil platform bukuku yang terdahulu yaitu Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 (terbitan PT. Elexmedia Komputindo 2007). Buku tersebut diperbaharui khususnya pada Bab1, 2 dan 3, juga tentang perencanaan atau desain struktur yaitu Bab 5 Struktur Beton dan Bab 6 Struktur Baja.

Pada Bab 6 tentang Struktur Baja, sekaligus aku tambahkan artikel tentang perencanaan baja masa depan memakai Direct Analysis Method, suatu metode perencanaan baja yang mengandalkan analisa elastis-linear berbasis komputer dengan opsi P-Delta. Tentang hal itu, rasanya saya belum pernah membaca makalah serupa berbahasa Indonesia. Jadi harapannya dengan membaca buku tersebut, pembaca akan lebih familier jika harus mempelajari SNI Baja terbaru nantinya, yang kelihatannya akan mengacu AISC 2010.

Distribusi yang dipilih untuk menyerbar-luaskan buku, cukup baru. Pada umumnya penerbit selalu memakai media toko buku untuk distribusinya. Adapun penerbit LUMINA-Press, selaku penerbit bukuku, maka cara yang tradionil tersebut tidak dipakai. Maklum pembaca buku SAP adalah spesifik, khusus yang punya latar belakang ilmu teknik sipil, bahkan hanya yang tertarik bidang rekayasa struktur saja. Jadi jika digunakan toko buku, maka pengunjung yang berlatar belakang seperti itu, tentu akan terbatas. Padahal biaya pajang di rak-rak toko buku, lumayan besar. Jadi yang dipilih adalah penjualan cara on-line saja, seperti yang biasa dilakukan oleh Amazon.com atau Bhinneka.com. Jadi bagi yang tertarik order buku saya, bisa melalui situs http://lumina-press.com .

Nah jika telah mendaftar dan melakukan transaksi via situs tersebut, maka buku akan dikirim via perusahaan pengiriman paket yang profesional, yaitu JNE. Sebagai contoh, buku yang telah diterima oleh sdr. Ahmad Faisolat.

header

paket-2

Foto-foto di atas diambil oleh sdr. Ahmad di blog-nya. Bagi saya yang paling menarik adalah hasrat beliau dalam meng-up-load foto tersebut, moga-moga seperti yang saya duga, yaitu adanya rasa kebanggaan telah memiliki buku tersebut sehingga ditunjukkan kepada orang lain. Yah, seperti orang punya mobil BMW baru, inginnya hal itu diketahui oleh semua orang. 😀

Ternyata tidak hanya itu saja, saya menemukan rekan di Facebook yang begitu bangga berpose dengan dua buku yang dibelinya. Bayangkan dua buku, padahal tahu sendiri harganya tidak biasa. Ini teman kita : bapak Santoso Budi, pembeli yang dimaksud :

306699_3034455758404_645173416_n

Jangan heran ya jika foto teman kita, pak Santoso Budi saja dapat berbangga dengan buku karangan saya, maka tentu saja penulisnya sendiri akan merasa lebih  bangga : ternyata ada orang yang menghargai tinggi karya tersebut. Tanpa ada rasa kebanggaan seperti itu maka tentunya pose di atas tidak akan terjadi. Betul ya pak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih. Ini ibarat seperti makanan yang memberi energi bagi “jiwa” untuk terus berkarya.

Kecuali foto-foto respons positip di atas, saya juga menangkap pesan kepuasan atau testimoni dari para pembeli buku tersebut, sebagian besar via Facebook dan juga blog. Ini ada baiknya saya rangkum untuk mengajak teman-teman pembaca yang “belum berani” agar mau membeli buku tersebut.


Deus pada 24 April 2013 pada 18:14 berkata:

Bukunya sudah saya terima Pak Wir …

Salut untuk pihak LUMINA Press, proses pemesanan buku sampai pengiriman sangat cepat direspon. Semoga kedepannya LUMINA Press bisa dipercaya lagi untuk menerbitkan buku-buku teknik.

Kualitas kertas bukunya (mutu cetakan) sangat bagus. Kalau untuk isi bukunya gak usah diragukan lagi deh….. lebih tebal dari edisi yang sebelumnya.


Adrian Priyanapada 24 April 2013 pada 14:46 berkata:

Luar Biasa pak Wir, bukunya sudah sampai. Sudah saya baca sekilas, isinya sangat berbobot. Pelayanan pengiriman cepat, hanya 3 hari dari pemesanan. Sukses selalu pak Wiryanto.


Jurie Sulistio Kumarapada 30 April 2013 pada 11:14 berkata:

Paket telah mendarat dengan selamat di Batam. Ternyata memang “Art paper mattebagus sekali untuk buku ini. Sedikit penyok pada ujung punggung buku, mungkin courrier-nya kurang hati-hati. . . .
Saya dukung penuh Lumina Press untuk jadi penerbit buku-buku serial teknik, khususnya teknik sipil.


Fikri pada 24 April 2013 pada 21:51 berkata:

Bukunya sudah bisa dipesan sejak 19 April, lho Pak. Saya sendiri sudah pegang bukunya sekarang. Tampilan fisiknya elegan, untuk materi keseluruhan belum dibaca, tapi nampaknya bisa dijadikan pedoman untuk mahasiswa tingkat akhir / fresh graduate seperti saya.


Wahyu pada 25 April 2013 pada 07:44 berkata:

Selamat Pak Wir atas bukunya yang sudah terbit.
Untuk pengiriman terhitung cepat dan memuaskan, tahapan pengiriman selalu di-emailkan oleh Lumina press, jadi tidak perlu bertanya tanya sampai mana prosesnya.

Untuk buku sudah bagus   . . .  membaca sambutan – sambutan (red: testimoni) di cover belakang pasti isinya sangat membantu kalangan teknik sipil.

Gambar dan pesan sponsor keren, dan tidak mengganggu content bukunya.


Galih pada 26 April 2013 pada 10:39 berkata:

Pak Wir, bukunya bagus sekali.. worth it untuk koleksi..
Secara isi (sekalipun belum didalami bener ;p ) saya yakin pasti ok materi-nya, saya seneng baca tulisan Pak Wiryanto. . . .

Trims & congrats buat bukunya pak,
sukses slalu.

Berkah Dalem ^_^


Prima Yane Putri pada 29 April 2013 pada 07:53 berkata:

Bukunya sudah saya terima pak Wir.. Senang sekali rasanya mendapatkan buku terbaru pak Wir, tanpa harus antri di toko buku dulu. Ditunggu buku-buku Teknik Sipil selanjutnya ya Pak


Zaenal Arifin pada 4 Mei 2013 pada 16:23 berkata:

Salam, pak Wir..
Buku sudah diterima pak..

Secara fisik, kualitasnya di atas rata-rata pak, kertasnya mantap (art paper matte),  . . .
Rasanya bisa jadi benchmark untuk buku bapak selanjutnya.  Kalau isi, secara sekilas sangat membantu pak, layout dan ilustrasinya bagus dan yang penting materinya relatif lengkap . . .

Terima kasih untuk buku ini, semoga jadi amal yang bermanfaat


Komentar yang saya kumpulkan dari Facebook juga cuikup banyak, lihatlah:

Juragan Iwal ini alamat Facebook-nya atau yang ini blog-nya (Senin 13 Mei 2013) :

Pak Wir, bukunya luar biasa !

Baru kali ini ada buku ‘bacaan’ teknik sipil berbahasa Indonesia yg berbobot seperti ini.  Kalapun ada yang berbobot, biasanya terjemahan. Membaca buku ini serasa membaca novelNovel engineering… . He he. Kertasnya bagus. Materinya sarat ilmu. Nggak rugi, pak Wir.

Buat lumina-press, ada 1-2 halaman yg agak ‘kotor’, tapi masih dimaklumi karena posisinya agak di pojok dan bukan di halaman isi. Pelayanannya oke. Di tengah-tengah pemesanan saya mengganti alamat tujuan pengiriman, dan langsung direspon dengan cepat.

Semoga sukses dan sukses selalu, pak.

– juragan.sipil-


Hizkia Wahyou Bgshand (Selasa 14 Mei 2013)

terima kasih bukunya sudah diterima, sekarang saya dapat tuntunan yang luar biasa….selama ini mempraktekkan SAP2000 dengan autodidak….

sekali lagi matur nuwun sanget pak Wir..JBU


Bhagas Andin Teddy ( Rabu, 15 Mei 2013) :

Selamat siang pak Wir, salam dari Batam.

Buku sudah saya terima dan sangat bagus sekali mutu cover buku dan kertasnya.  Isinyapun sangat membantu sekali untuk dipakai dalam aplikasi dan pengajaran di kampus. Untuk itu saya juga mendorong mahasiswa untuk memesannya.

Sekali lagi salut buat bapak atas karya bukunya, & GBU thanks


Andika Contruction (Kamis, 16 Mei 2013) :

Wah bukunya sangat bagus pak Wir pokoknya andalan dah. Gak percuma harga segitu (Red. Rp 180 ribu + ongkos kirim) tapi semuanya terbayar.

Hanya satu kata : quality first.


Santoso Budi (Kamis, 16 Mei 2013) :

Dilihat dari penulisnya saja sudah tidak perlu diragukan lagi. Baru buka Bab 1: buku yang sangat keren abis, memang ini yang saya butuhkan. Pembahasan dari awal mengenai Rekayasa Struktur yang sangat mendasar sekali. Bahasan mengenai kelemahan dan kelebihan antara program SAP2000 v.7 dan SAP2000 versi di atasnya / yang terbaru dengan sangat jelas, dan yang membuat saya lebih bersemangat lagi untuk membacanya adalah mengenai istilah Engineering Judgement.


Nong Sodanango (Jumat, 17 Mei 2013)

Selamat malam Bapak. Bukunya sudah saya terima. Ajaib banget beratnya, saya timbang 1 kg + 169 gr (sebelum plastik dll dibuka). Setelah dibuka, baru saya sadar, ternyata kertasnya emang ga setengah hati. Tebal banget untuk ukuran buku teknik. Siap melahap bab demi bab. Terima kasih Bapak.

Untuk sementara disini dulu ya. kita tunggu testimoni bagi yang sudah membaca.

O ya jangan lupa, jika tertarik dan ingin memiliki buku tersebut maka kunjungi situs http://lumina-press.com

<< updated 1 Juni 2012 >>

Syukurlah response positip pembaca bertambah, untuk itu perlu selalu didokumentasikan sebagai suatu bentuk apresiasi kepada beliau-beliau yang dapat melihat sisi positip buku saya tersebut. Inilah mereka yang aku maksud:

bukusap2000

Foto di atas diambil dari blog-nya bung Tekno (bapak Arif Nofiyanto) yang berkenan meresensi buku tersebut. Ternyata beliau juga telah mempunyai buku edisi sebelumnya. Itu berarti resensi yang ada akan menyajikan perbedaan antara buku edisi 2013 dan edisi 2007 (lama). Jadi bagi pemilik buku lama dapat mengetahui apakah perlu tidak mengupdate yang baru ini. Silahkan kunjungi blog bung Tekno.

Terus terang, tulisan bung Tekno perlu dikasih apresiasi khusus, maklum  panjang dan cukup mendalam, untuk menulis seperti itu tentu perlu pemahaman. Tetapi tentu saja bagi yang lain, yang ingin memberi testimoni buku, maka satu atau dua kata atau foto dalam rangka mengungkapkan kegembiraan tentu saja perlu diapresiasi khusus, seperti yang aku temukan di Face book berikut:


Testimoni sdri Veronice Hidayatoon (Selasa 28 Mei 2013) dari kota Pekanbaru:

Syalom, Pak Wiryanto Dewobroto, buku #Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000 sudah saya terima. Kualitasnya bagus Pak, dari isi buku maupun kertasnya. Semoga bermanfaat bagi saya.

425056_10200122124076091_1855250514_n


Testimoni dari bapak Abdias Tandiarrang (Rabu 29 Mei 2013) dari kota Palopo, Sulawesi Selatan :

Buku SAP dengan gaya bahasa yang enak dibaca. bangga bisa memiliki buku ini, lebih bangga lagi karena bisa ikut vote dalam disain sampulnya.. Sukses selalu pak Wir.

600553_4970623743194_1318715799_n


Testimoni dari ibu Ernie Shinta Sitanggang, dosen di Medan sbb:

Ernie Shinta Sitanggang mengirim ke Wiryanto Dewobroto
10 Agustus melalui BlackBerry Smartphones App

Halo Pak Wiryanto.

Pak, terima kasih ya sudah menulis buku Komputer Rekayasa dg SAP 2000nya. Saya BARU membaca sampai bab 2. Buku Bapak tidak seperti buku program lainnya,tidak hanya bagaimana menjalankan program. Saya diperkaya Pak sebagai junior . Thanks ya, Pak


<< Updated 8 Oktober 2013 >>

Pa Wir,

Saya kirimkan testimoni saya untuk buku karya bapak ini.

BUKU YANG SARAT DENGAN PENGALAMAN PENULIS DALAM APLIKASI SOFTWARE SAP2000 INI TIDAK HANYA MENYAJIKAN DASAR PEMAHAMAN MEKANIKA SAJA, NAMUN JUGA DISERTAI “ENGINEERING JUDGEMENT” YANG SANGAT JARANG DIJUMPAI DALAM BUKU LAINNYA.

SEMOGA BUKU INI MENJADI “WARNA” TERSENDIRI DALAM DUNIA PRAKTISI DAN AKADEMISI DI INDONESIA..

Sukses buat bapak..!

donny-t_s

Regards,
Donny B Tampubolon

<< up-dated tanggal 6 Desember 2013>>

Bagi peminat di kota Yogyakarta dan sekitarnya, yang merasa ribet dengan cara on-line, buku dapat diperoleh dengan cara menghubungi bapak Faqih Ma’arif (Universitas Negeri Yogjakarta) di +62 856 4339 5446. Beliau berkenan membantu anda.

143 thoughts on “buku SAP2000 Wiryanto – testimoni dan cara pesan

  1. pak saya kemarin pesan buku ke lumina, dengan invoice LPG3GFC a/n Egi Giandara. Cuma masalahnya kemarin saya lupa transfer ke luminanya…
    saya mau nanya pak, apakah saya harus pesan ulang lagi atau saya cuma tinggal transfer aja pak, soalnya udah lewat satu hari pesanan saya,,, takutnya pesanan itu udah kadaluarsa…

    terima kasih Pak, Wir

    Suka

  2. saya mahasiswi S2 teknik sipil sangat tertarik dan butuh buku pak wir tentang SAP , bagaimana cara mendapatkan nya dan berapa harga bukunya , terimakasih

    Suka

  3. Pak Wir…saya baru saja belajar program SAP V.15….apakah buku Bapak dapat membantu saya untuk dapat menggunakan dan mengaplikasikan program tersebut dengan lebih baik? Atau saya harus menyesuaikan ke program SAP edisi sebelumnya agar bisa lebih maksimal dalam mengaplikasikan pelajaran2 yang ada dlm buku Bapak? Karena saya ingin menjadi tuan yg bermutu dengan senjata yg ideal jg…hehehe..trims sebelumnya Pak

    Suka

    • Prinsip-prinsip bagaimana memakai program rekayasa teknik sipil, kekhususan struktur, saya kira masih relevean, dan tidak tergantung versi program yang digunakan. Khususnya bila yang digunakan adalah pada kondisi elastis-linier biasa.

      Suka

  4. Selamat Pagi Pak wir
    Saya Brian Adam dari teknik SIpil UII, saya sudah membeli buku bapak mengenai program SAP2000. saya ada masalah pada saat mengimport text file s2k pada SAP saya. Saya menggunakan SAP2000 version 14.0.0. saya sudah cek berulang-ulang command sesuai pada buku tetapi selalu ada pesan ” Version 0 is not a recognized program version….” apakah saya harus beralih ke V.7.40 agar dapat belajar mengenai input text file. sebelumnya terima kasih

    Suka

    • Ya betul Brian, materi buku saya mengacu pada SAP2000 versi 7.40 yang sudah kuno itu. Kecuali untuk untuk Bab 7 dimana digunakan juga versi 10. Sebagaimana pemakaian program-program komputer yang biasa dijumpai, setiap petunjuk yang digunakan bisa berbeda.

      Esensi dari buku saya adalah untuk pemahaman mengenai konsep pemodelan dan analisis struktur berbasis komputer, bukan penggunaan program SAP2000 berbagai versi. Jadi agar dapat sesuai dengan buku, silahkan gunakan versi 7.40 terlebih dahulu. Untuk versi yang lebih baru, silahkan pelajari terlebih dahulu apakah prosedur yang disampaikan masih didukung.

      Terkait dengan versi program yang sudah kuno, disadari juga bahwa versi terbaru tentunya telah mengakomodasi opsi-opsi yang lebih banyak, baik dari segi kecanggihan yang juga bisa saja berdampak pada efisiensi perhitungan yang dihasilkan.Oleh sebab itu agar dapat mengeksplorasi dengan lebih baik, maka saat ini sedang disusun buku baru berjudul “Belajar Cepat SAP2000” versi 15 dan yang lebih baru. Ini penting, karena pada versi baru dikenal konsep objek yang berbeda dari versi lama yang masih melihat metode FEM secara tradisionil.

      Demikian dik, mohon maaf bahwa buku yang saya tulis masih terbatas, meskipun demikian harapannya buku-buku yang berorientasi cara pemakaian juga sudah banyak ditulis oleh teman yang lain.

      Suka

  5. Siang Pak Wir.
    Kemarin saya melakukan pemesanan dan pembayaran untuk buku struktur bajanya pak dan sdh melakukan konfirmasi. Kode pesanan: 1655, tapi belum ada konfirmasi ulang pak.. terima kasih..

    Suka

    • Hallo Egi,
      Saya lihat namanya sudah ada dalam daftar pembeli LUMINA, statusnya validating payment untuk pembelian buku sejumlah 5 eksemplar untuk dikirim ke Batam. Betul khan, ditunggu saja ya.

      Suka

      • Iya betul pak, untuk ke Batam sebanyak 5 eksemplar. pesannya sekalian buat teman-teman di kampus juga.. hehehe.
        terima kasih banyak informasinya ya pak.
        salam dari sipil UNRIKA pak,, 🙂

        Suka

    • pada prinsipnya ini tentu membantu, hanya saja pada buku tersebut belum ada contoh tentang jembatan secara detail dan lugas. Pada buku yang terakhir, yaitu Struktur Baja sudah ada satu contoh detail dan perhitungan sambungan untuk balok jembatan. Maklum ke dua buku tidak diarahkan untuk jembatan secara khusus.

      Suka

  6. Slmt pgi pak. Maaf nh sy yg awam tntng progrm desain struktur ini ingin brtnya. Apkah hasil output dari perhitungan momen pda balok di program etabs ataupun sap sudah di redistribusi momennya? Trmksh…

    Suka

  7. assalamulaikum pak wir.. saya tertarik untuk memesan, sebelumnya ijikan saya bertnya tentang buku bapak,, apakah pada buku bapak yang terbaru terdapat pengecekan, apakah analisa yang kita lakukan dengan sap 2000 dapat diimplementasikan dilapangan ? terima kasih sebelumnya pak wir, salam sejahtera 🙂

    Suka

    • SAP2000 hanya sekedar tool, apakah itu berelasi dengan aktual atau tidak, maka sangat tergantung insinyurnya. Tapi jangan kuatir, buku tersebut saya tulis agar insinyur bisa paham, apakah hasil analisis yang keluar itu memang valid atau tidak. Sampai saat ini saya belum melihat buku serupa yang ditulis oleh orang lain yang berbahasa Indonesia. Kebanyak buku yang ada lebih banyak bagaimana mengoperasikan program. Hanya saja syaratnya, bahwa agar dapat memahami buku tersebut maka dasar-dasar pengetahuan teknik sipil harus dikuasai terlebih dahulu.

      Suka

    • Ini tidak ada rencana untuk ditulis lagi. Fokus ke materi yang lebih serius : struktur baja. 😀

      Maklum, kalau SAP2000 rasanya sudah banyak teman yang mempunyai kompetensi untuk mengisinya. Kalau struktur baja, kelihatannya saya perlu kerja keras nih. Maklum, saya belum melihat minat teman-teman yang ada.

      Suka

  8. Dear pak wir

    selamat siang pak
    pak untuk buku “komputer rekayasa Struktur dengan SAP 2000” include desain struktur baja pak wir..??
    mohon refrensi buku SAP 2000 yang membahas konstruksi baja secara lengkap dan jelas pak wir…
    trims pak wir

    Suka

  9. pak wir di buku komputer rekayasa struktur dengan SAP2000 disebutkan untuk kolom Ig = 0,7 yang dimasukan dalam penampang kolom di SAP, apakah untuk balok juga dimasukan Ig = 0,35 (kalo tidak salah) yang sesuai dengan SNI tentang Ig tersebut ? atau tetep diisi 1 ? Terimakasih

    Suka

    • Saya sempat agak bingung dengan pertanyaanya, maklum sudah lama tidak memegang buku yang dimaksud. Ternyata reduksi yang dimaksud terkait dengan analisis kelangsingan kolom beton. Seperti diketahui bahwa kelangsingan ditentukan oleh sqrt(I/A), semakin kecil inersia semakin langsing. Adapun reduksi yang dimaksud untuk memperhitungkan pengaruh retak, yang sifatnya tidak beraturan. Karena pembahasannya adalah perencanaan kolom langsing, yaitu untuk mencari kondisi yang berbahaya dari kolom maka tentu saja reduksi balok tidak diperlukan. Fokus pada kolomnya.

      Adapun reduksi balok, umumnya diperlukan jika kasusnya adalah untuk analisis struktur terhadap gempa, yaitu untuk mengetahui drift antar tingkat atau bisa juga perpindahan lateral maksimum akibat gempa. Pada kondisi tersebut, tentu dianggap telah terjadi retak pada beton. Pada saat gempa, harapannya yang retak (Sendi plastis) pada balok maka untuk menyederhanakan diambilkan reduksi sebesar 0.35 Ib.

      Jadi konteks pemakaian reduksinya berbeda. Jangan dicampur-aduk.

      Suka

      • iya pak terimakasih…..maksud saya ketika menganalisa 3D suatu struktur gedung bertingkat maka untuk reduksi kolom sama balok dengan nilai tadi tetap dimasukan semua pada bagian masing-masing yaa…

        Suka

    • Sudah habis ya pak. Wah itu dua sisi yang menarik, dari saya tentunya perlu disyukuri bahwa buku terbit tahun 2013 tersebut telah habis terjual. Sisi lain, tentunya bagi calon pembaca yang mestinya kecewa mendengarnya. Untuk buku tersebut tentu perlu dipertimbangkan apakah akan dicetak lagi, atau harus diperbaharui mengingat versi software yang digunakan adalah telah cukup out-of-dated. Jadi ada baiknya perlu up-dated. Hanya saja, saya koq lagi tidak berminat untuk mengulik topik itu lagi. 😦

      Jadi untuk sementara dari kami (penulis dan penerbit) belum bisa memberikan alternatif kepada calon pembaca. Ada baiknya mencoba mencaro buku dengan judul serupa dari penulis atau penerbit lain.

      Suka

  10. Salam pak wir. Apakah dibuku Rekayasa Struktur dengan Sap2000 terdapat pedoman perhitungan struktur beban seperti bebang terbagi rata. Terimakasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s