Burj Dubai selagi telanjang

Judul di atas adalah benar, tidak menipu ! Ada beberapa foto yang mendukungnya, tapi ingat ini blog-nya engineer, sehingga foto-foto yang didukung oleh kata-kata di atas adalah dari kaca mata engineer. Jadi bukan salah saya, jika anda menemukan bahwa ternyata tidak seperti yang anda duga. 

Apakah anda ingin tahu interprestasi engineer terhadap judul di atas ?

Burj Dubai adalah nama proyek gedung yang direncanakan akan tertinggi di dunia yang sekarang ini sedang di bangun di Dubai. 

Gambar di atas adalah imajinasi artis bilamana Burj Dubai telah selesai berdiri, yang diperkirakan setelah era tahun 2009. Sangat megah bukan.

Tampilan pada gambar artis tersebut tentulah kondisi final, dimana struktur bangunan gedung telah ditutup oleh skin penutup sehingga tidak terlihat jelas, apakah terdiri dari struktur baja atau struktur beton, dan bagaimana konfigurasinya.

Meskipun bukan termasuk daerah gempa, tapi dengan ketinggian seperti itu, yaitu 629 m (2,064 ft), dengan total sebanyak 164 lantai lengkap tentulah diperlukan ketahanan lateral yang mencukupi, minimal terhadap angin yang mestinya didaerah gurun cukup kencang (benar nggak sih ?).

Jika gambar di atas saya ambil dari internet di sini. Tetapi gambar disamping adalah asli dari foto, yang mungkin belum ada di internet kecuali di blog ini. (** wah mulai narsis nih**).

Tentu saja bukan aku sendiri yang kesana, tetapi adalah dari Richard mahasiswaku (sekarang sih sudah alumni) yang sudah hampir setahun ini kerja di sana, dimana saat sekarang ini sedang pulang untuk ikut wisuda, sekaligus mau mengajak rekan alumni UPH lain yang menemaninya di sana. Wah ini yang disebut mendapat pekerjaan dari perkoncoan, baik nggak sih. 😛

Ada banyak foto-foto Richard yang diberikan ke saya, yaitu sekitar 420 MB tentang situasi di jazirah Arab tepatnya di Dubai tersebut. Tapi nggak semua aku up-load. Pengalaman menunjukkan bahwa kalau hanya sekedar di up-load tanpa diberi komentar, maka ya nggak menarik. Lebih baik sedikit tetapi ada latar belakang ceritanya. Itu akan lebih menarik. Iya khan.

Mana pak yang selagi telanjang ?

Waduh kamu ini mengingatkan terus, emangnya yang telanjang itu menarik ?

Ya tergantung pak, kalau dari kaca mata bapak, jadi seperti apa sih yang akan ditampilkan ?

Jadi tergantung sumbernya ya. Memang sih, kata telanjang sudah mempunyai konotasi tertentu, coba aja di googling, bisa dapat apa dengan kata tersebut. Tetapi bagiku tentu kata tersebut masih bisa diaplikasikan untuk menunjukkan suatu fakta rekayasa yang memang seperti itu keadaannya.

Misalnya seperti ini, yang merupakan tampak Burj Dubai dari atas. Kelihatan khan, struktur-strukturnya, masih telanjang lho.

Itu gambar Burj Dubai pada ketinggian 2070 feet, sudah lebih tinggi dari rencana. Untuk mendapatkan gambar seperti itu tentunya tidak mudah, hanya yang mempunyai keberanian yang bisa mendapatkannya, jadi sangat istimewa sekali.


Ini saya zoom, bandingkan pekerja yang duduk dengan bangunan bertingkat di sebelah kanan yang kelihatan jauh dibawahnya. Kayak di luar angkasa ya.


Yang ini sengaja saya zoom lagi, untuk memperlihatkan kondisi pekerja di ketinggian tersebut. Mungkin bagi para pembaca peminat K3 (yang kelihatannya cukup banyak) maka gambar ini pasti menarik. Ini mah bukan hanya keberanian tetapi juga pengetahuan tentang K3 jika masih ingin ketemu dengan keluarganya lagi. ini mungkin golongan pekerja yang termasuk dalam high-risk-high-payment. 😀

Saya nggak tahu apakah itu sudah ada di internet atau belum. Yang jelas itu adalah hasil kontribusi kenalanku yang jadi structural engineer profesional di negerinya paman SAM. Lho koq jauh sekali dari Dubai tempatnya di foto. Memang aneh manusia ini.

Trims ya Okie, sukses selalu kamunya disana, sering-seringlah bagi pengalaman untuk teman-temanmu di Indonesia. Via aku juga nggak apa-apa, sekarang tugasku khan nggak ngitung lagi kayak dulu, sekarang sudah waktunya bagi-bagi pengetahuan ke yang lain. Menjadi berkat begitu lho katanya. 😛

Tulisan terkait lain yang cukup menarik untuk dibaca :

66 respons untuk ‘Burj Dubai selagi telanjang

  1. Wah..wah…g kebayang kl gawe dilantai plg atas,bs ketiduran tuh kayaknya di lift.Kudu bawa bekal nasi g ya?Apalagi kalo lift-ya macet,mantaaapp…
    Tapi emang keren.Baru liat fotonya aja udah merinding,dari ga phobia jadi phobia deh!

    Suka

  2. Waduh keren banget ni bangunan Pak….

    kagum sekali saya dengan kota Dubai…. setahu saya kota ini akan menjadi pusat bangunan-bangunan yang tidak dapat diterima oleh logika struktur, karena akan terus dibangun bangunan-bangunan dengan struktur yang cukup bahkan sangat rumit….

    whuuuuuuhhhhhhhhh……

    Suka

  3. Pak Wir… kra2 jenis pondasi apa yg diterapkan pd burj dubai ya? brp besar? di test ga ya.. hehehe. brp beban kerja dan benan test nya… thanks..

    Suka

  4. Keren, sayang banget profil scaffoldingnya kurang jelas, saya tetarik dengan rancah bangun scaffolding.
    Buat P. Badaruddin, mungkin kita bisa sedkit sharing mengenai scaffolding, bisanya dipakai jenis material (tube-nya) BS material, cuma tipe fittingnya kurang terlihat jelas, mungkin jenis lock, bukan menggunakan coupler/clamp.
    ada plus minusnya, dan tergantung juga dengan kebiasaan pemakaian.
    di beberapa tempat di indonesia telah menggunakan material tube JIS, karena lebih ringan sesuai dengan postur scaffolder indonesia tetapi tidak mengurangi kekuatannya/faktor safety-nya. dan bergantung pada scaffolding standard yd digunakan pada proyek tsb

    Suka

  5. Pak, ulas sedikit dong mengenai Sistem strukturnya. Kalau di SNI 2847-2002 digolongkan kemanas sih sistem strukturnya? Apa dinding struktural khusus, sistem ganda? Kalau SRPMK ga mungkin. Soalnya yang saya perhatikan, Strukturnya memiliki dinding geser.

    “Ajari Kami Guru!”

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s